Caffein Citrate: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 633.712 orang

Banyak sekali komplikasi kesehatan yang dapat dialami bayi prematur. Salah satunya adalah gangguan pernapasan yang membuat bayi “lupa bernapas” atau yang dalam istilah medis dikenal dengan istilah apneu atau periodic breathing . 

Saat dilahirkan, sistem pernapasan bayi sering kali belum sempurna, sehingga komplikasi ini sering terjadi. Umumnya jika bayi prematur di rawat dibagian Neonatal Intensive Care Unit, monitor akan berbunyi setiap kali bayi lupa bernapas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Tetapi kondisi ini akan sulit ditangani jika kondisi ini terjadi di luar tempat perawatan intensif.

Biasanya untuk mengatasi kondisi ini, digunakan obat yang dikenal dengan nama Cafcit. Cafcit adalah singkatan dari Caffein Citrate. Obat ini digunakan sebagai pengobatan jangka pendek masalah pernapasan (apnea) pada bayi prematur. 

Kafein memblokir protein tertentu (reseptor adenosin) sehingga meningkatkan sistem pernapasan pada bayi-bayi prematur ini. Untuk mengetahui, kegunaan, dosis dan efek samping dari penggunaan obat Cafcit, mari disimak artikel ini lebih jauh.

Bagaimana cara menggunakan Cafcit

Obat ini tersedia dalam 2 sediaan, sediaan injeksi dan sediaan minum (oral). Biasanya pemberian oral diberikan sekali sehari dengan melalui sonde dengan atau tanpa susu formula. 

Dosis didasarkan pada berat badan bayi Anda, kondisi medis, dan respons terhadap terapi. Hati-hati mengukur setiap dosis dengan jarum suntik yang disediakan.

Sebelum menggunakan, periksa produk ini secara visual untuk melihat apakah obat ini masih layak digunakan atau tidak. 

Jika tidak layak, jangan gunakan obat ini. Karena produk ini tidak mengandung pengawet, buang obat yang tidak digunakan setelah menyiapkan dosis untuk bayi Anda, jangan menggunakan sisa obat yang tidak digunakan untuk dosis selanjutnya.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari. Jika kondisi bayi Anda menetap atau memburuk, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Dosis pemberian Caffein Citrate

Caffein Citrate tersedia dalam 2 sediaan, yaitu sediaan minum dan injeksi. Untuk sediaan Injeksi, dosisnya : Dosis awal 20mg / kg berat badan. Diberikan dalam waktu 30 menit. 24 jam setelah pemberian dosis awal, diberikan dosis pemeliharaan sebanyak 5mg / kg berat badan. 

Diberikan dalam 10 menit dan diulang setiap 24 jam. Disesuaikan berdasarkan respons dan kadar Caffein Citrate di dalam darah.

Sedangkan untuk pemberian Caffein Citrate oral,hanya dapat diberikan untuk dosis lanjutan. Dosis yang diberikan adalah: 5mg / kg berat badan Caffein Citrate per oral setiap 24 jam. disesuaikan berdasarkan respons dan kadar Caffein Citrate di dalam darah.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menggunakan Cafcit

Walaupun penggunaan obat ini harus diberikan dibawah pengawasan dokter. 

Penting untuk mengetahui, sebelum memberikan obat ini pada anak Anda, ukur tkadar Caffein Citrate di dalam darah pada bayi yang sebelumnya diobati dengan theophylline (atau aminophylline) dan pada bayi yang lahir dari ibu yang suka mengonsumsi kafein sebelum melahirkan.

Toksisitas serius dapat terjadi dengan kadar Caffein Citrate di dalam darah > 50mg / L. Komplikasi kesehatan seperti kejang, penyakit kardiovaskular, gangguan fungsi ginjal atau hati mungkin dapat muncul. Oleh karena itu sesuaikan dosis untuk menghindari toksisitas. Monitor kadar glukosa dalam darah.

Cafcit masuk dalam obat-obatan kategori C untuk penggunaan pada wanita hamil. Artinya obat ini menyebabkan kelainan janin pada percobaan yang dilakukan terhadap hewan, tetapi belum ada penelitian yang membuktikan bahwa obat ini dapat menyebabkan efek pada janin manusia

Oleh karena itu jika Anda sedang hamil atau menyusui dan perlu menggunakan obat ini, segera hubungi dokter.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Caffein Citrate (Cafcit)?

Semua obat-obatan pasti memiliki efek samping. Segera dapatkan bantuan medis jika anak Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi seperti: gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau pembengkakan pada tenggorokan.

Berhenti menggunakan Caffein Citrate dan hubungi dokter Anda segera jika anak tersebut memiliki masalah kesehatan seperti:

  • kehilangan nafsu makan;
  • Muntah, diare, perut kembung;
  • Darah di urin atau tinja;
  • Popok lebih basah dari biasanya;
  • Berkeringat atau menggigil;
  • Kelemahan, mengantuk; atau
  • Kejang (kejang).

Efek samping lain yang mungkin Anda temukan antara lain:

  • Anak yang lebih rewel dari biasanya, menangis berlebihan;
  • Muncul ruam pada kulit; atau
  • Memperlihatkan perilaku mudah marah atau gelisah.

Diatas ini bukanlah daftar lengkap dari efek samping yang mungkin terjadi. Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang efek samping.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp