Fakta Hipnotis: Metode Menghentikan Kebiasaan Merokok

Dipublish tanggal: Mei 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Fakta Hipnotis: Metode Menghentikan Kebiasaan Merokok

Berhenti merokok merupakan hal yang sulit dilakukan terutama bagi perokok yang sangat aktif. Untuk memulai proses tersebut dibutuhkan niat yang kuat dan juga konsistensi tinggi. Dukungan dari lingkungan sekitar juga diperlukan agar kebiasaan merokok bisa segera dihentikan.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan keinginan merokok, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Dan salah satu yang memberikan hasil yang cukup efektif adalah menggunakan metode hipnotis. Ada beberapa fakta mengenai hipnotis yang perlu Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Kondisi Anda akan merasa rileks

Hipnotis akan membuat kondisi relaksasi menjadi meningkat. Banyak yang salah paham tentang hipnotis dan menganggap mereka akan tertidur selama proses hipnotis berlangsung. 

Faktanya tidak demikian. Anda dalam keadaan sadar total, mengetahui dan mendengar apa yang dikatakan, serta dapat berhenti kapan saja karena kendali berada ditangan Anda.

Selama dihipnotis, Anda berada dalam kondisi yang sangat rileks. Ikuti saja sugesti yang diberikan oleh terapis. Terapis akan memberikan perintah agar Anda berhenti merokok. Sugesti ini lantas akan Anda ikuti. Dan hasilnya keinginan untuk merokok menjadi berkurang. Inilah mengapa banyak perokok yang mencoba menggunakan teknik ini karena hasilnya lebih cepat dan efektif.

Jangan berharap Anda akan terhipnotis

Banyak yang salah sangka mengenai metode hipnotis ini. Ekspektasi yang dikehendaki adalah mereka akan merasa terhipnotis padahal sebenarnya tidak. Anda dalam kondisi trance yaitu suatu keadaan yang alami dan normal. Kesadaran Anda masih terjaga penuh hanya saja kondisinya lebih rileks. Dalam keadaan seperti inilah sugesti jadi lebih mudah dikirimkan.

Teknik hipnotis tidak bisa berlaku untuk semua pasien. Ada perokok yang berhasil berhenti merokok dengan menggunakan metode ini namun ada juga yang gagal. Proses hipnotis yang dilakukan oleh terapis bisa saja berpengaruh terhadap orang lain, namun tidak bagi Anda. 

Sebab itulah sebelum memutuskan memilih metode ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter dan mintalah rekomendasi terapis yang tepat. Jika gagal memakai teknik ini, Anda bisa menggunakan metode lainnya yang sesuai dengan saran dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Hipnotis Pertunjukan Tidak Sama dengan Hipnotis Terapeutik

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hipnotis pertunjukkan. Penyajian sebuah tontonan yang ditujukan untuk menghibur. Proses hipnotis yang dilakukan seolah-olah memerintahkan seseorang untuk berbuat konyol sesuai dengan keinginan hipnoterapis. 

Fokus dari hipnotis ini adalah untuk menarik perhatian para penonton agar tertawa dan terheran-heran. Ya memang hipnotis pertunjukan sukses membuat banyak orang tertarik melihatnya karena merasa terhibur.

Hipnotis terapeutik tentu saja berbeda dengan hipnotis pertunjukkan. Disini tujuan utamanya adalah memberikan sugesti agar Anda bisa berhenti merokok. Semua yang Anda lakukan sesuai dengan keinginan dan kesadaran diri sendiri. 

Jadi percuma jika Anda melakukan hipnotis namun tidak ada niat dari dalam diri untuk berhenti merokok. Kondisi ini kadang yang membuat perokok kesulitan berhenti. Disamping komitmennya kadang goyah, ada saja godaan yang datang dari luar.

Penelitian menunjukkan bahwa cara yang paling efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah dengan menggabungkan beberapa metode yang ada. Jadi tidak hanya memakai hipnotis saja, bisa juga dengan menambahkan cara lain seperti menerapkan pola hidup sehat

Disamping itu dukungan dari keluarga juga sangat penting agar perokok bisa berhenti secara total. Jika gagal, sebaiknya jangan menyerah dan terus mencoba lagi. Yakinkan diri bahwa Anda bisa lepas dari kecanduan akan rokok.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Group hypnotherapy versus group relaxation for smoking cessation: an RCT study protocol. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3340305/)
Will Hypnotherapy Help You Stop Smoking? - Smoking Cessation Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/stop-smoking/smoking-cessation-aids-hypnotherapy.aspx)
Hypnosis to Quit Smoking: Benefits and Risks. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/hypnosis-for-quitting-smoking#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app