Berbagai Macam Terapi untuk Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Jun 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Berbagai Macam Terapi untuk Berhenti Merokok

Banyak orang yang merasa kesulitan untuk berhenti merokok. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin dalam rokok yang membuat penggunanya menjadi kecanduan. Jika sudah kecanduan maka akan sangat sulit untuk berhenti. 

Saat mulai mencoba berhenti merokok, biasanya anda akan mengalami mual, sakit kepala, bahkan muncul rasa cemas. Hal inilah yang membuat anda ingin kembali merokok. Kandungan nikotin pada rokok memang dapat memberikan efek menenangkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk memulai berhenti merokok. Salah satunya adalah mengganti rokok dengan permen karet. Namun, hal ini cenderung tidak efektif jika tidak ada komitmen kuat yang berasal dari diri sendiri. 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai berhenti merokok adalah buatlah komitmen dengan diri Anda sendiri untuk benar-benar berhenti merokok apapun yang terjadi. Untuk membantu Anda berhenti merokok, ada beberapa terapi yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Hipnosis

Hipnosis merupakan salah satu terapi yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kecanduan merokok. Hipnosis dilakukan dengan memberikan sugesti-sugesti ke dalam alam bawah sadar Anda. Tahap awal dari terapi hipnosis diawali dengan sesi diskusi antara Anda dan terapis. 

Terapis akan berusaha untuk mengetahui penyebab Anda mulai merokok, sehingga terapis dapat memberikan sugesti yang tepat untuk Anda. Setelah itu, terapis akan membuat tubuh Anda rileks, sehingga terapis mudah memberikan sugesti ke dalam alam bawah saat Anda. 

Sugesti yang diberikan akan membuat Anda berhenti merokok tanpa Anda sadari.

Pelaksanaan hipnosis tidak dapat dilakukan jika Anda tidak bersedia dihipnosis. Sebelum dilakukan hipnosis Anda harus membuka pikiran Anda dan tidak ragu, sehingga terapis akan mudah mensugesti Anda. Jika Anda kaku, tidak rileks, dan tidak terbuka, maka terapi ini akan sulit dilakukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu pengobatan yang berasal dari cina. Akupuntur dilakukan dengan cara menusukkan jarum pada bagian-bagian tubuh tertentu. Untuk menghentikan kebiasaan merokok, bagian tubuh yang ditusuk jarum adalah telinga, kaki, dan bagian atas kepala. 

Ahli akupuntur akan mengevaluasi keadaan yang terjadi kemudian menusukkan jarum ke bagian-bagian tubuh tertentu untuk mengatasi masalah.

  • Meditasi

Meditasi dapat Anda lakukan untuk mengobati kecanduan merokok. Bagi Anda yang aktif, terapi meditasi memang terdengar membosankan, tetapi terapi ini terbukti efektif dapat mengurangi kecanduan merokok. 

Saat meditasi Anda akan merasa rileks dan hanya fokus pada satu hal, sehingga Anda sejenak akan melupakan keinginan merokok. Meditasi juga dapat melepaskan hormon dopamin. Hormon dopamin berfungsi untuk memberikan rasa menenangkan yang sama dengan efek nikotin. 

Jadi saat Anda stress Anda dapat mengganti rokok dengan melakukan meditasi.

Meditasi dilakukan dengan duduk bersila yang nyaman, kemudian lakukan pola pernapasan yang teratur. Jangan lupa, saat meditasi fokuskanlah pikiran Anda pada sesuatu hal atau suatu benda, atau Anda bisa fokus pada pola pernafasan. Lakukanlah meditasi setidaknya selama 5 menit dalam sehari.

Apakah terapi efektif menyembuhkan kecanduan merokok?

Menghentikan kebiasaan merokok memang sangat susah dan membutuhkan waktu yang lama. Selain komitmen yang kuat untuk benar-benar berhenti merokok, Anda juga harus memiliki kesabaran ekstra.

 Penggunaan terapi hipnosis, akupuntur, ataupun meditasi dapat Anda jadikan solusi untuk menghentikan kebiasaan merokok. Terapi ini akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan terhindar dari stress. Jadi Anda tidak membutuhkan nikotin lagi untuk menenangkan tubuh Anda.

Penggunaan terapi untuk menghentikan kebiasaan merokok dirasa lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia.  Penggunaan terapi ini sebaiknya dibarengi dengan membiasakan pola hidup sehat.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Therapy for Cessation of Smoking. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4921594/)
How Cognitive Behavior Therapy Can Help You Quit Smoking. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/smoking-cessation/living/coping-with-the-urge-behaviorally-and-mentally.aspx)
Stop smoking treatments. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/stop-smoking-treatments/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app