Berbagai Jenis Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Berbagai Jenis Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Olahraga yoga adalah olahraga yang sudah berkembang sejak 5.000 – 10.000 tahun yang lalu di India. Kata “yoga” sendiri berasal dari kata “Yuj” (Bahasa Sansekerta) yang artinya adalah penyatuan jiwa dan kesadaran tak terbatas, jiwa dan kesadaran yang universal dan ilahi. 

Secara singkat, yoga memiliki arti sebagai sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga manusia kembali menuju kenyataan yang sejati. Aktivitas fisik yang satu ini melibatkan meditasi dengan teknik-teknik seperti peregangan, pernapasan, keseimbangan dan kelenturan tubuh guna mencapai keselarasan antara emosi, jiwa, spiritualitas dan raga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lalu apa saja jenis-jenis yoga?

Seiring dengan terus berkembangnya olahraga yoga selama ribuan tahun, yoga pun dipengaruhi oelh berbagai budaya. Saat ini telah tercipta beragam jenis yoga. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis-jenis yoga yang ada:

  • Yoga hatha
  • Yoga ashtanga
  • Yoga power
  • Yoga kundalini
  • Yoga iyengar
  • Yoga bikram

Yoga Hatha memiliki beberapa kelas yang terdiri dari kelas pengantar, kelas postur dasar yoga, dan kelas teknik pernapasan. Yoga Hatha cenderung fokus pada aspek fisik dibandingkan dengan aspek psikis.

Yoga Ashtanga terdiri dari 6 seri postur yang cukup kuat dan menantang. Enam postur ini dilakukan tanpa henti, sehingga Yoga Ashtanga tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki otot dan sendi yang lemah, apalagi bagi Anda yang baru memulai olahraga yoga.

Yoga Power merupakan bentuk adaptasi dari Yoga Ashtanga tradisional pada tahun 1980-an. Jenis yoga ini merupakan yoga yang dinamis dan cukup menantang.

Kata “Kundalini” dalam Bahasa Sansekerta memiliki arti sebagai gulungan, menyerupai gerakan ular yang begitu fleksibel. Yoga Kundalini menggabungkan rangkaian gerakan meditasi dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bawah tulang belakang.

Yoga Iyengar adalah jenis yoga yang mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti tapi, kursi, selimut atau bantalan guna membentuk postur tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Yoga Bikram memiliki 26 gerakan dan dua rangkaian pernapasan. Terdapat sesuatu hal yang cukup unik dari yoga jenis ini, yaitu yoga ini harus dilakukan di ruangan yang memiliki suhu panas yaitu ± 40,6°C dengan kelembaban sebesar 40%.

Setelah mengetahui berbagai jenis yoga, lalu bagaimana dengan manfaatnya? Apa saja manfaat yoga bagi kesehatan?

Melakukan yoga secara rutin dapat mengasah fokus mental Anda dan membuang racun keluar dari tubuh Anda. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh. Berikut ini adalah manfaat-manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan dari rutin melakukan yoga :

  • Melancarkan pernapasan
  • Memperkuat keseimbangan tubuh
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Mengontrol berat badan
  • Membentuk otot
  • Meringankan nyeri dan cedera
  • Relaksasi dan pemulihan otot
  • Meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi depresi, stres dan gangguan tidur
  • Mencegah dan mengobati penyakit jantung, artritis, asma dan tekanan darah tinggi

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari yoga. Sejatinya, yoga termasuk dalam kategori olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh siapa saja. Tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai berlatih yoga. Berikut ini adalah hal yang harus Anda ketahui dan Anda perhatikan :

  • Yoga bukan merupakan pengganti perawatan medis konvensional
  • Bagi Anda pada pemula, Anda tidak boleh langsung mencoba pose atau gerakan sulit yang dapat menyebabkan cedera
  • Bagi Anda yang sedang hamil atau memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menigkuti kelas yoga

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga: Methods, types, philosophy, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/286745.php)
13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga)
Yoga Health Benefits: Flexibility, Strength, Posture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
7 Cara Agar Tidak Kehabisan Napas Saat Lari
7 Cara Agar Tidak Kehabisan Napas Saat Lari

Kehabisan nafas saat lari bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya melakukan kesalahan saat berlari, mengidap penyakit asma, alergi, dan lainnya. Jika Anda juga memiliki masalah yang sama dengan yang sudah disebutkan, sementara Anda ingin melakukan olahraga lari, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda bernapas lebih baik saat berlari.

Buka di app