Benarkah Merokok Menyebabkan Kebutaan?

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Benarkah Merokok Menyebabkan Kebutaan?

Kecanduan akan rokok memang tidak bisa dipungkiri adalah bentuk kecanduan yang sulit dihilangkan bagi banyak orang. Apalagi untuk mereka yang sudah merokok sejak usia masih sangat dini. 

Padahal seperti yang diketahui bahwa kegiatan merokok ini banyak sekali bahaya untuk kesehatannya termasuk kebutaan. Benarkah itu? Berikut ini beberapa penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Ketahui Kebiasaan Merokok dengan Kesehatan Mata

Bisa dibilang, masih banyak orang yang menganggap bahwa kebiasaan merokok itu adalah kebiasaan yang kecil dan juga tidak perlu diributkan. Padahal seperti yang diketahui bersama bahwa dari kegiatan yang terlihatnya kecil ini banyak sekali menyimpan bahaya untuk kesehatan. 

Tidak terkecuali untuk kesehatan mata yang mungkin tidak disadari banyak orang.

Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa rokok memiliki kandungan yang terbilang berbahaya untuk setiap organ tubuh manusia. Khusus untuk mata, bagi mereka yang memiliki kebiasaan merokok maka semakin tinggi juga terkena penyakit degenerasi makula

Penyakit ini sendiri bisa dibilang sangat erat hubungannya dengan kebiasaan merokok dan juga usia.

Bukan tanpa alasan karena penyakit ini sendiri biasanya hanya mampu menyerang seseorang yang sudah menginjak usia di atas 55 tahun. Anda sama sekali tidak boleh memandang sebelah mata terhadap penyakit ini. 

Soalnya penyakit ini nyatanya bisa mengakibatkan kebutaan permanen kepada korbannya. Sesuatu yang pastinya akan menjadi mimpi buruk setiap orang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Meski begitu, ternyata penyakit degenerasi makula ini tidak serta merta mengambil penglihatan yang dimiliki seseorang. Nyatanya ada beberapa tahan dari penyakit ini sebelum kemudian berhasil merebut penglihatan seseorang. 

Efek pertama yang bakal dirasakan adalah kemampuan penglihatan yang mulai menurun secara drastis dan dibarengi dengan pandangan mengabur.

Pada kondisi ini, seseorang sudah mulai menyadari bahwa ada yang salah dengan penglihatannya. Tahap berikutnya penglihatannya semakin sulit untuk bisa fokus lagi. 

Hal ini tentunya akan berpengaruh dan menganggu kegiatan sehari-hari. Tahap terakhir yang tidak mungkin bisa dihindari lagi adalah orang tersebut akan kehilangan penglihatan miliknya.

Semakin Sering Merokok Maka Risiko Kebutaan Semakin Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kegiatan merokok adalah satu faktor penyebab seseorang mengalami kebutaan. Jadi logikanya adalah apabila seseorang semakin sering merokok maka risiko kebutaan juga semakin meningkat. 

Hal tersebut berhubungan langsung dengan zat radikal bebas yang semakin banyak masuk ke dalam tubuh dan merusak retina.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Jadi satu-satunya solusi untuk masalah yang satu ini adalah Anda mesti berhenti merokok dari sekarang juga. Terutama ketika usia Anda tergolong masih muda dan masih mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut. 

Soalnya semakin tua maka akan semakin sulit untuk menghilangkan kebiasaan merokok tersebut dan risiko terkena penyakit juga semakin tinggi.

Cara Alami untuk Berhenti Merokok

Bagi Anda yang tidak ingin terkena bahaya dari merokok tentu sangat disarankan untuk mulai berhenti merokok dari sekarang juga. Untungnya, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi asupan kafein setiap harinya.

Terutama mengurangi asupan kopi yang biasanya juga membuat banyak orang ingin terus merokok. Berikutnya adalah sangat disarankan untuk membatasi atau bahkan menghindari lingkungan orang yang aktif merokok. Soalnya apabila Anda bertahan di lingkungan tersebut maka godaan untuk merokok tidak akan pernah ada berhentinya.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda paham bahwa merokok memang lebih banyak memberikan kerugian daripada manfaatnya. Tidak terkecuali kerugian yang paling terburuk yaitu membuat Anda bisa kehilangan penglihatan yang dimiliki. Sesuatu yang pastinya tidak ingin Anda rasakan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smoking and Eye Disease. American Academy of Ophthalmology. (https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/smokers)
How smoking harms your eyes. All About Vision. (https://www.allaboutvision.com/smoking/)
How Does Smoking Affect Your Eyes?. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/how-does-smoking-affect-your-eyes-3421856)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app