Beginilah Cara Menggunakan Minyak Jarak Untuk Memanjangkan Bulu Mata Anda

Salah satunya yaitu dengan pemakaian minyak jarak atau castor oil. Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya ? Apakah hal tersebut akan efektif dalam memanjangkan bulu mata Anda ? Simak jawabannya lebih lengkap di bawah ini.
Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Anda, para kaum wanita khususnya pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tanam bulu mata atau eyelash extension

Metode memanjangkan bulu mata tersebut sudah semakin populer di kalangan para wanita, baik usia 20-an bahkan hingga yang berusia di atas 40 tahun. 

Tujuannya adalah untuk memanjangkan bulu mata agar terlihat lebih lentik dan cantik dalam sekejap serta tanpa perlu repot menggunakan maskara atau bulu mata palsu yang harus ditempel dan lepas tiap kali menggunakannya.

Namun, tahukah Anda bahwa bulu mata yang panjang dan lentik bisa Anda miliki tidak hanya dengan menggunakan maskara, bulu mata palsu, ataupun eyelash extension.  

Terdapat berbagai metode untuk memanjangkan bulu mata secara alami atau menggunakan bahan-bahan natural dari alam. Salah satunya yaitu dengan pemakaian minyak jarak atau castor oil. 

Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya ? Apakah hal tersebut akan efektif dalam memanjangkan bulu mata Anda ? Simak jawabannya lebih lengkap di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Bagaimanakah cara memanjangkan bulu mata Anda menggunakan minyak biji jarak ?

Memanjangkan bulu mata menggunakan minyak biji jarak adalah cara alami yang bisa Anda lakukan tanpa perlu pergi ke salon kecantikan.

Berikut di bawah ini adalah cara memanjangkan bulu mata dengan alami bermodalkan minyak biji jarak.

  • Pertama, sebaiknya bulu mata Anda dibersihkan terlebih dulu dari debu, kotoran atau sisa make-up yang Anda gunakan. Bersihkan dengan menggunakan kain yang dibasahi atau kapas basah sampai benar-benar bersih dari make-up dan kotoran;
  • Lalu, celupkanlah sehelai kapas lembut ke dalam minyak jarak yang sudah Anda siapkan;
  • Kemudian, Anda oleskan kapas yang sudah dibasahi minyak jarak tadi di sepanjang atas garis bulu mata Anda. Berhati-hatilah ketika mengoleskannya,  jangan sampai minyak tadi masuk ke dalam mata. Jika minyak sampai masuk ke mata Anda, segeralah dibilas dengan menggunakan air;
  • Nah, esok harinya, jangan lupa untuk membersihkan bulu mata Anda menggunakan air.
  • Anda disarankan melakukan langkah tadi secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Perlu Anda ketahui juga, waktu terbaik untuk menggunakan minyak biji jarak ini di bulu mata Anda adalah ketika Anda akan pergi tidur. 

Hal ini bertujuan untuk menghindarkan bulu mata Anda dari paparan debu, kotoran ataupun polusi pada siang hari saat Anda beraktivitas apalagi di luar ruangan.

Selain melakukan langkah di atas tadi, Anda juga tetap perlu untuk selalu merawat bulu mata Anda serta daerah di sekitarnya supaya tetap terjaga kebersihannya.

Apakah menggunakan minyak biji jarak benar-benar efektif dalam memanjangkan bulu mata Anda ?

Biji jarak memiliki kandungan  asam lemak risinoleat sebanyak hingga 90 persen. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Asam lemak risinoleat ini merupakan senyawa kimia yang diyakini dapat menumbuhkan kembali rambut yang sudah rontok atau mengalami kerontokan rambut. 

Manfaat dari biji jarak ini juga diyakini oleh beberapa penelitian bisa tercermin dalam proses pertumbuhan bulu mata seseorang.

Dibandingkan perawatan kecantikan lain yang menjanjikan, penggunaan minyak biji jarak ini tentu dianggap lebih terjangkau karena dari bahan natural dan pengaplikasiannya yang sederhana dan mudah. 

Penggunaan minyak ini pun pada umumnya aman. 

Akan tetapi, sebenarnya belum ada penelitian yang benar-benar mendukung dan membuktikan mengenai manfaat minyak biji jarak ini yang mampu dijadikan sebagai bahan alami dalam proses menumbuhkan atau memanjangkan bulu mata. 

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga harus ekstra bersabar karena harus rutin menggunakannya.

Perlu diperhatikan sebelum memakai minyak biji jarak

Bacalah label yang tertulis di kemasan minyak biji jarak sebelum Anda menggunakannya. Pastikan minyak tersebut murni dan tidak mengandung campuran minyak/bahan lain yang dapat mengiritasi.

Di dunia kecantikan, terdapat 2 jenis minyak biji jarak yang biasa dipakai, yaitu :

  • Minyak jarak yang melalui proses pendinginan. Warna minyaknya bening dan jelas; dan
  • Minyak jarak hitam jamaika, yang memiliki warna lebih kecoklatan.

Sifat dan hasil dari penggunaan kedua jenis minyak di atas adalah sama.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya menguji sensitivitas minyak tersebut di kulit Anda. Caranya, oleskan sedikit saja terlebih dahulu minyak jarak tadi di kulit Anda dan tunggu kurang lebih 24 jam. 

Apabila tidak terjadi alergi apapun, Anda bisa melanjutkan pemakaian minyak tersebut. Namun, jika muncul kemerahan/ruam, sebaiknya Anda jangan memakai minyak tersebut. 

Carilah cara/metode lain untuk memanjangkan bulu mata Anda.


10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Salihu BZ, et al. (2012). Castor oil plant (Ricinus communis L.): Botany, ecology and uses. (https://www.ijsr.net/archive/v3i5/MDIwMTMyMDY1.pdf)
Gilad R, et al. (2017). Castor oil for induction of labor in post-date pregnancies: A randomized controlled trial. DOI: (http://dx.doi.org/10.1016/j.wombi.2017.06.010)
Garza LA, et al. (2012). Prostaglandin D2 inhibits hair growth and is elevated in bald scalp of men with androgenetic alopecia. DOI: (https://dx.doi.org/10.1126%2Fscitranslmed.3003122)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app