Cara Efektif Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Efektif Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Sebagian orang, terutama wanita pastinya mendambakan bulu mata yang cantik, lentik, panjang dan tebal. Pasalnya, hal ini akan membuat tampilan wajah menjadi terlihat lebih memesona. Berbagai upaya pun akan dilakukan seseorang untuk membuat bulu matanya terlihat indah dan dramatis. 

Mulai dari cara alami, perawatan mandiri di rumah, dengan menggunakan obat pemanjang bulu mata, menggunakan bulu mata palsu, hingga berbagai tren prosedur kecantikan yang dewasa ini semakin menjamur.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Berikut beberapa tips perawatan alami yang dapat Anda lakukan untuk memanjangkan sekaligus menebalkan bulu mata, agar terlihat lebih menawan:

  • Petroleum jelly

Anda bisa mengoleskan petroleum jelly menjelang tidur dan mencucinya di pagi hari setelah bangun. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu. Petroleum jelly memang dipercaya sebagian orang dapat memanjangkan bulu mata.

  • Teh hijau atau green tea

Kandungan yang ada dalam teh hijau juga dipercaya dapat menumbuhkan bulu mata seseorang. Caranya dengan mengolehkan teh hijau basah atau teh hijau dingin dengan menggunakan kapas bersih.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun dengan atau tanpa dicampur dengan perasan lemon juga dipercaya sebagian orang bisa menumbuhkan bulu mata sehingga terlihat lentik. 

  • Minyak jarak

Mengoleskan minyak jarak pada bulu mata ketika Anda akan tidur juga diyakini akan menumbuhkan bulu mata. sebelum menggunakannya pada bulu mata, disarankan Anda mencoba terlebih dahulu pada area kulit lain untuk melihat apakah Anda alergi minyak jarak atau tidak.

Lidah buaya memang memiliki segudang manfaat bagi kecantikan. Seperti beberapa bahan alami yang sudah dibahas di atas, lidah buaya juga dipercaya dapat menumbuhkan dan menebalkan bulu mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12
  • Obat penumbuh bulu mata

Anda bisa memilih obat bimatoprost untuk menumbuhkan bulu mata. oleskan di sepanjang garis bulu mata pada bagian atas saja. Lakukan secara rutin selama 2 bulan. Bimatoprost secara bertahap akan mendorong pertumbuhan bulu mata. 

Meski memiliki manfaat dapat memperpanjang bulu mata, nyatanya obat ini beresiko menimbulkan efek samping sebagai berikut:

  • Area mata Anda akan terasa gatal, mengering dan memerah.
  • Area di sekitar kelopak mata akan berubah warna menjadi lebih gelap.
  • Pigmentasi cokelat gelap yang terjadi di bagian iris mata.
  • Akan tumbuh rambut di sekitar mata, jika obat ini dioleskan di luar kelopak mata.
  • Walau efek kelopak mata yang berubah menjadi gelap bisa memudar saat penggunaan obat dihentikan. Nyatanya perubahan pada warna iris mata cenderung permanen.
  • Bulu mata palsu

Bulu mata palsu adalah cara yang paling praktis dalam menciptakan bulu mata yang panjang dan lentik. Apalagi terdapat banyak sekali produk bulu mata palsu dari berbagai merek yang bisa Anda pilih. 

Walau demikian, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakan bulu mata palsu, dan pastikan lem yang digunakan sebagai perekat tidak menimbulkan iritasi pada mata Anda.

  • Extension bulu mata

Extension bulu mata juga bisa menjadi solusi untuk memperbaiki tampilan bulu mata asli yang tidak terlihat lentik dan panjang. Meski begitu, teknik ini merupakan salah satu teknik terberat yang harus dipelajari oleh para ahli kecantikan. 

Oleh karena itu, pastikan Anda melakukannya ditempat yang telah memiliki sertifikat. Selain itu, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan dari prosedur ini adalah, yang menjadi perekat extension mengandung formaldehida yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Tips merawat bulu mata

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk merawat bulu mata secara mandiri di rumah:

  • Bersihkan bulu mata Anda dengan cara yang tepat seperti pemilihan sikat yang halus dan teratur.
  • Cuci wajah dan area mata dengan sabun muka anti iritasi.
  • Bersihkan riasan wajah yang menempel sebelum menjelang tidur.
  • Pilih remover atau penghapus riasan yang tepat dan sesuai dengan kulit.
  • Berhati-hati ketika memakai jepit bulu mata, jangan sampai melukai mata.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Grow Longer Eyelashes Fast – Do Lash Serums Really Work. Cosmopolitan.com. (Accessed via: https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a27480562/how-to-grow-eyelashes/)
How to Grow Eyelashes — Tips for Growing Longer Lashes Naturally. Good Housekeeping. (Accessed via: https://www.goodhousekeeping.com/beauty/a29623199/how-to-grow-eyelashes/)
How to Get Longer Eyelashes. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-longer-eyelashes)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app