Begini Penanganan Diabetes pada Anak

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Begini Penanganan Diabetes pada Anak

Dahulu mungkin Anda berpikiran jika diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang kerap menyerang orang tua. Maklum saja, penyakit ini kerapkali teridentifikasi pada orang dewasa saja. 

Kebanyakan mereka teridentifikasi mengidap diabetes tipe dua. Namun, mungkinkah Anda tahu jika diabetes bisa dialami oleh remaja?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Diabetes mempunyai dua tipe, adalah diabetes melitus (DM) tipe satu dan tipe dua. Yang kerap dijumpai adalah diabetes tipe dua yang biasa muncul karena gaya hidup yang tidak/kurang sehat. Artinya, diabetes ini sebenarnya bisa Anda cegah jika bisa mempertahankan pola hidup sehat dan tetap beraktivitas fisik sesering mungkin. 

Diabetes mellitus tipe satu merupakan jenis diabetes yang kerap dijumpai. Diabetes tipe ini kerap ditemukan pertama kali pada masa anak-anak atau diabetes anak.

Penyebab Diabetes pada Anak

Penyebabnya bukan disebabkan oleh pola makan yang tidak tepat, melainkan rusaknya sel beta di pankreas yang berguna untuk memproduksi insulin, kemudian hormon yang berguna untuk mengatur kadar gula di dalam darah. 

Meskipun demikian, jenis diabetes anak sering dijumpai pada anak yang merupakan diabetes satu, sesungguhnya persentase diabetes ini terbilang kecil.

Diabetes anak tipe satu acap mulai dijumpai pada usia lima tahun, tetapi ada semenjak lahir. Diabetes tipe satu pun diketahui bisa ditemukan pada anak berusia 10 hingga 14 tahun. Mengingat usia anak-anak berisiko terkena diabetes, hal ini menjadi perhatian tersendiri jika Anda sudah menjadi orangtua yang mempunyai anak diabetes. 

Oleh sebab itu, Anda harus memberikan pengertian agar anak tidak jajan di kantin yang mempunyai kualitas makanan yang buruk.  Lantas, apa yang harus Anda lakukan ketika harus mengelola diabetes pada anak berusia sekolah?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Mengatasi Diabetes Anak

Sewaktu Anda mempunyai anak dengan diabetes yang duduk di bangku sekolah, tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah mewujudkan manajemen diabetes, baik di sekolah maupun ketika di rumah. 

Sebaiknya Anda memberikan pemahaman untuk anak tentang diabetes yang dideritanya.  Jangan sampai Anda memberikan penjelasan yang serupa dengan apa yang dokter katakana karena membuat anak makin bingung.

Mulailah menjelaskan kepada anak dengan bahasa yang mudah dipahami atau sesuai dengan usia anak. Anda harus membekali anak dengan pengetahuan mengenai diabetes sebanyak-banyaknya, tetapi tetap Anda ingat untuk menyesuaikan dengan usia anak. 

Anda bisa memberikan penjelasan dengan berbagai cara, misalnya kasus spesifik yang mungkin Anda temui oleh anak ketika berada di sekolahan. Dengan begitu, anak Anda bisa mengetahui langkah-langkah apa yang perlu anak Anda lakukan sewaktu berhadapan dengan kondisi tertentu yang berkenaan dengan diabetes yang diidapnya.

Sekolah mempunyai berbagai macam aturan yang perlu ditaati. Namun, bukan berarti peraturan itu mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Sebaiknya, Anda mengadakan pertemuan dengan anak dan pihak sekolahan untuk membicarakan mengenai pengelolaan diabetes pada anak Anda yang sudah direncanakan secara matang.

Jangan lupa untuk memastikan jika guru dan pihak sekolah mengetahui kebutuhan anak Anda. Misalnya, Anda harus membekali guru di sekolah mengenai pengetahuan diabetes supaya mereka paham tentang penanganan yang perlu dilakukan jika berhadapan dengan keadaan darurat. 

Anda bisa mencari tahu tentang gejala hipoglikemia dan hiperglikemia, yang selanjutnya Anda teruskan informasikan kepada guru di sekolah.

Sebaiknya jaga komunikasi antara orangtua dengan pihak sekolahan, terutama guru wali anak Anda. Bisa dikatakan jika guru adalah kepanjangan tangan dari orangtua di sekolah untuk memastikan rencana manajemen terhadap gejala diabetes anak.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Jameson JL, et al., eds. Type 2 diabetes mellitus: Etiology, pathogenesis, and natural history. In: Endocrinology: Adult and Pediatric. 7th ed. Saunders Elsevier; 2016. https://www.clinicalkey.com.
DKA (ketoacidosis) & ketones. American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/diabetes/complications/dka-ketoacidosis-ketones.
Arslanian S, et al. Evaluation and management of youth-onset type 2 diabetes: A position statement by the American Diabetes Association. Diabetes Care. 2018; doi:10.2337/dci18-0052.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app