Bedbugs - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.068.169 orang

Pernahkah kamu merasa gatal-gatal pada kulit saat bangun tidur? Dan juga melihat adanya bintik-bintik kemerahan pada kaki, tangan, atau sekitaran leher? Jika iya, 

maka harus berhati-hati ada kemungkinan rumah kamu terserang oleh kutu kasur atau yang biasa disebut bedbugs. Bedbugs tidak saja bersarang di kasur, 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

namun juga di beberapa tempat seperti sofa,kursi dan tempat tumpukan-tumpukan barang yang berpotensi memberikan bedbugs ini tempat hangat untuk bertelur. 

Bedbugs yang bersarang pada kasur dan tempat lainnya bisa mendatangi manusia dan menghisap darah melalui permukaan kulit. Apakah berbahaya? Dan bagaimana cara menghilangkannya? Berikut penjelasannya!

Apa itu bedbugs?

Bedbugs atau yang biasa disebut kutu kasur merupakan serangga parasit yang ada dalam golongan bernama Cimex. Golongan serangga parasite ini berwarna merah kecokelatan dan berpotensi besar menghisap darah dalam makhluk hidup. 

Selain itu serangga dalam golongan Cimex tidak hanya menghisap darah pada tubuh manusia, namun  juga memiliki jenis lain yang menghisap darah binatang. 

Menurut beberapa sumber, bedbugs tidaklah berbahaya, namun memiliki efek negatif yang bisa dirasakan dalam tubuh jika terjadi secara terus-menerus.

Apa gejala jika kita terkena serangan bedbugs?

Gejala pertama yang dapat dirasakan jika darah kita terhisap oleh kutu kasur adalah gatal-gatal pada kulit. Kulit bisa di beberapa bagian seperti kaki, tangan, sekitaran leher dan bagian-bagian terbuka lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Selain itu, akan terlihat bitnik-bintik merah yang menyerupai bekas suntikan kecil sekali. Lama-kelamaan bitnik merah ini akan menghitam dan membekas jika tidak diobati. 

Selain ruam-ruam merah pada kulit, serangan bedbugs juga bisa menimbulkan efek psikologis yang negatif jika seseorang terus-menerus dihisap darahnya oleh bedbugs. 

Selain itu, tempat-tempat yang terserang oleh bedbugs atau kutu kasur ini akan tercium bau-bau yang seperti bau yang tidak sedap atau busuk.

Bagaimana cara mengobati luka bekas gigitan bedbugs?

Bintik-bintik merah yang disebabkan oleh bekas gigitan bedbugs dapat mudah disembuhkan dengan obat krim kulit yang diresepkan oleh apoteker atau dokter dan juga dapat juga resep antibiotik dari dokter jika bekas gigitan membuat kulit luka dan terinfeksi. 

Ketika gejala tergigit oleh bedbugs sudah teratasi dan terobati, bedbugs harus segera dimusnahkan, karena jika tidak, bedbugs akan menyerang kembali dan luka akan mengalami proses penyembuhan yang lebih lama.

Apa saja langkah-langkah untuk menghilangkan bedbugs?

Perabotan rumah tangga yang sudah terserang oleh bedbugs sebaiknya segera dibersihkan hingga tuntas sampai telur-telur kutu kasur tersebut benar-benar hilang. Langkah-langkah berikut dapat Anda lakukan utuk menghilangkan bedbugs di rumah Anda.

Menghilangkan bedbugs yang terdapat pada kasur
Berdirikan kasur Anda dan lepaskan seprai pembungkusnya. Jika Anda memiliki divan kayu atau kerangka kasur segera periksa juga. 

Bedbugs umumnya berwarna coklat kemerahan dan cukup kecil namun terkadang masih bisa dilihat oleh kasat mata. Namun, 

telurnya yang berwarna keabu-abuan susah untuk ditemukan karena menempel dan terkadang berada di tempat-tempat yang tidak terjangkau. 

Beberapa sumber mengatakan bedbugs lebih menyukai kasur kayu dibandingkan pegas yang yang terbuat dari logam. Jika Anda memiliki kasur berkerangka kayu, 

lebih cermati lagi persebaran kutu kasur tersebut. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan bedbugs pada kasur.

  • Keluarkan kasur dan kerangkanya dari kamar untuk menghindari larinya kutu ke perabotan lain dalam kamar Anda.
  • Sikat kasur Anda dengan sabun khusus penghilang kutu atau sabun pembersih anti bakteri.
  • Lakukan hal yang sama pada sarung bantal, guling, dan seprai cuci dengan air panas (minimal 45 derajat) dan sabun.
  • Jemur kasur di bawah sinar matahari dan keringkan hingga benar-benar tidak basah dan lembab sebelum dimasukan kembali ke dalam kamar. Kasur yang lembab dapat mengundang Bedbugs untuk kembali bersarang.

Menghilangkan bedbugs di perabotan selain tempat tidur
Bedbugs tidak hanya ada di kasur, namun perabotan rumah tangga seperti laci dan kursi juga dapat dijadikan sarang bertelurnya. 

Cara memusnahkannya adalah kosongkan semua isi laci, bersihkan barang-barang tempat terkena bedbugs. Jika memungkinkan jauh dari jangkauan anak-anak, beri kapus barus pada ujung-ujung laci lemari.

Menghilangkan bedbugs yang sudah menyebar ke berbagai tempat
Jika bedbugs sudah terlanjur menyebar ke berbagai tempat, cara yang terbaik adalah menyemprot dengan cairan anti-hama untuk membunuh kutu kasur beserta telur-telurnya yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh tangan. 

Selain itu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kutu-kutu yang mati di atas karpet.

Bedbugs dapat dicegah dengan memeriksa dan membersihkan perabotan secara berkala. Selain itu, jangan lupa untuk tidak membiarkan banyaknya sampah di sekitaran kasur, sofa dan karpet. 

Jika Anda sudah menemukan satu kutu atau gejala-gejala gigitan bedbugs jangan ragu untuk segera memeriksa atau membersihkan perabotan secara menyeluruh.  

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit