Bahaya Makanan Asam Untuk Kesehatan Gigi

Konsumsi makanan asam yang terlalu sering dapat menyebabkan erosi enamel, berapapun usia Anda. Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana benda asam dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi bagi Anda.
Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bahaya Makanan Asam Untuk Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi Anda akan sangat tergantung pada apa yang Anda makan. Tidak semua makanan baik untuk kesehatan gigi Anda dan Anda perlu memahaminya dengan baik. 

Sementara beberapa makanan baik untuk kesehatan gigi Anda, yang lain dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dan menyebabkan kehilangan gigi prematur. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Itu sebabnya Anda perlu menghindari konsumsi makanan asam atau paling tidak menguranginya.

Mengkonsumsi buah-buahan atau benda-benda asam seperti permen, jus, dll. Dapat menyebabkan kerusakan parah pada lapisan enamel gigi Anda. 

Konsumsi makanan asam yang terlalu sering dapat menyebabkan erosi enamel, berapapun usia Anda. Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana benda asam dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi bagi Anda. 

Apa efek buruk makanan asam pada gigi?

Zat asam yang terkandung di dalam makanan asam bisa sangat merusak lapisan enamel gigi Anda. Lapisan enamel adalah lapisan terluar gigi yang melindungi gigi. 

Lapisan enamel dapat mengalami kerusakan segera setelah Anda makan makanan asam. Lapisan enamel yang rusak dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi. Makanan asam dapat mempengaruhi gigi Anda dengan berbagai cara, seperti :

1. Melemahkan gigi 

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asam akan selalu berdampak buruk bagi kesehatan gigi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Asam yang terdapat dalam makanan tidak akan meningkatkan kesehatan gigi, justru sebaliknya makanan asam dapat menyebabkan kerusakan parah pada lapisan enamel gigi. 

Dan ketika lapisan enamel gigi rusak, maka gigi akan menjadi lemah dan rentan untuk copot. Oleh karena itu Anda perlu mengurangi frekuensi makan makanan asam untuk menghindari kerusakan pada gigi Anda.

2. Kehilangan gigi permanen

Asam tidak baik untuk kesehatan gigi Anda. Ketika Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan asam, maka Anda membiarkan gigi Anda terpapar oleh zat korosif yang dapat merusak lapisan pelindung gigi (menyebabkan kerusakan pada enamel gigi). 

Kerusakan lapisan pelindung dapat menyebabkan kehilangan gigi secara permanen. Inilah sebabnya mengapa anak-anak yang makan permen setiap hari lebih berisiko mengalami gigi berlubang daripada orang dewasa. 

Jadi, jaga kesehatan gigi dengan mengurangi asupan asam.

3. Menyebabkan kerusakan gigi secara bertahap

Gigi Anda sehat jika ada lapisan pelindung enamel. Setelah enamel dipakai, akan ada risiko pada gigi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Fakta nya, kerusakan gigi dapat terjadi pada kasus di mana gigi tidak memiliki enamel pelindung atau di mana enamel telah aus karena serangan asam. 

Anda harus memahami semua ini dengan baik dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi asupan asam. Hanya dengan begitu Anda dapat mengharapkan gigi dan gusi Anda tetap sehat seperti yang Anda inginkan.

4. Gigi menjadi lebih sensitif

Saat Anda mengkonsumsi makanan asam, Anda memasukan zat yang bersifat korosif yang bisa sangat merusak gigi. 

Mengisap atau mengunyah makanan yang mengandung asam terlalu tinggi juga dapat memperpanjang serangan asam di mulut. Semua ini dapat menyebabkan gigi menjadi terlalu sensitif yang merupakan tanda awal kerusakan gigi.

 Anda juga dapat mengalami sensasi kesemutan atau rasa sakit ringan pada gigi ketika sensitivitasnya meningkat. Jadi, berhentilah makan makanan asam melebihi batas standar dan jaga kesehatan gigi Anda.

5. Merubah warna gigi

Kebersihan mulut yang buruk bukan satu-satunya penyebab perubahan warna gigi. Kebiasaan Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan asam juga dapat mengubah warna gigi. 

Selain merubah warna gigi, makanan asam juga dapat menyebabkan gigi berlubang, sehingga perawatan gigi berlubang mungkin diperlukan ketika Anda terus mengkonsumsi makanan asam dalam jumlah berlebih. 

Oleh karena itu, penting untuk mengurangi kebiasaan makan makanan asam dan menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

Bagaimana mencegah kerusakan gigi akibat makanan asam

Makanan asam yang paling umum adalah permen asam, yang paling sering ditemukan dalam berbentuk permen karet. 

Jadi, jika Anda sedang dalam perawatan pemasangan kawat gigi, Anda perlu menghindari sama sekali mengkonsumsi makanan asam atau permen karet yang asam. 

Namun, jika Anda mengkonsumsi makanan asam, pastikan Anda berkumur setelah makan untuk menghilangkan asam dari gigi. Anda mungkin merasa ingin segera menyikat gigi, tetapi ini justru dapat merusak lapisan enamel Anda. 

Yang terbaik adalah menunggu sekitar satu jam setelah Anda selesai makan untuk menyikat gigi.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app