Bahan Alami Untuk Spa Di Rumah

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bahan Alami Untuk Spa Di Rumah

Aktivitas yang padat selama seminggu penuh pastinya akan membuat Anda sangat kelelahan. Bagi para wanita, setelah melewati hari-hari dengan ragam kegiatan, memajakan diri di salon kecantikan merupakan hal yang wajib dilakukan.

Berbagai perawatan yang dapat mempercantik diri seperti facial, lulur, mandi susu, manicure, dan pedicure pun tertera dalam list Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain kecantikan, Anda bisa juga datang ke salon untuk melepas rasa lelah dengan mengambil berbagai perawatan yang dapat mengembalikan kebugaran tubuh dan membuat pikiran Anda menjadi rileks. Namun perawatan yang dilakukan di salon kecantikan terkadang sangat menguras kantung Anda.

Tapi bagaimana caranya untuk mendapatkan perawatan seperti yang tersedia di salon kecantikan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak? 

Bahan-bahan alami untuk spa di Rumah 

Untuk mendapatkan perawatan yang sama seperti salon kecantikan dengan harga terjangkau sangat mudah. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Bahan-bahan alami tersebut dapat Anda temukan dengan mudah di supermarket maupun pasar tradisional.

Selain murah dan terjangkau, bahan alami pasti akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Berikut beberapa bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk melakukan spa dirumah: 

  • Cokelat alami untuk masker wajah 

Buah yang berasal dari pohon cocoa ini merupakan buah yang memiliki banyak antioksidan dan asam lemak yang mampu meregenerasi sel kulit, serta membuat kulit tetap kencang. Selain itu, cokelat juga mampu merilekskan arteri dan mengurangi tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat cokelat bagi kulit, Anda bisa membuat masker cokelat dengan menyiapkan bahan dan mengikuti cara dibawah ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bahan: 

  • 1/3 cangkir cocoa
  • 3 sendok makan krim 
  • 2 sendok teh cottage cheese
  • 1/4 cangkir madu 
  • 3 sendok teh bubuk oatmeal 

Cara menggunakan: 

Campurkan semua bahan menjadi satu dalam wadah dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan mengering selama 10 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat. Oatmeal dalam masker tersebut berguna untuk mengikis kulit mati, sedangkan krim dan madu membantu untuk melembapkan kulit. 

  • Apple pie spa 

Apabila Anda menginginkan kulit yang bercahaya setelah terkena polusi selama seminggu, Anda dapat membuat apple pie ini di rumah. Kandungan asam malat dalam apel dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengelupaskan permukaan kulit yang penuh kotoran.

Selain itu, apel juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat menutrisi kulit Anda. 

Bahan: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • 2 sendok makan gula merah bubuk
  • 2 sendok makan gula pasir 
  • 1 sendok makan apel segar yang sudah dihaluskan ata saus apel
  • 1/2 sendok teh cinnamon (kayu manis) 

Cara menggunakan: 

Campur semua bahan dan aduk sampai merata. Kemudian oleskan bahan pada tubuh dengan gerakan memutar. Bilas sampai bersih dan gunakan losion untuk melembapkan kulit Anda. 

  • Pepaya sebagai bahan exfoliation kulit 

Mengandung enzim yang disebut papain, pepaya menjadi komponen yang efektif untuk merawat kulit dan rambut. Enzim ini juga dapat ditemukan dalam bahan kosmetik, produk kecantikan, dan rambut. Sebelum Anda menggunakan pepaya sebagi bahan eksfoliasi, pastika Anda sudah mencuci muka sampai bersih.

Cara menggunakan: 

  • Siapkan panci untuk merebus air. 
  • Sambil menunggu air mulai panas, potonglah 1/2 pepaya menjadi adonan. 
  • Pindahkan panci ke meja, tutupi rambut Anda dengan handuk, lalu posisikan muka senyaman mungkin diatas panci (jangan sampai masuk ke dalam panci), biarkan uap mengenai wajah Anda selam 5-8 menit. 
  • Apabila uap terlalu panas, tunggulan beberapa saat agar lebih dingin. 
  • Oleskan adonan pepaya pada wajah Anda, hindari area mata dan tunggulah selama 5-10 menit.
  • Setelah merasa kulit cukup segar, bilas wajah Anda. Kemudian gunakan pelembap untuk meremajakan dan membuat kulit bercahaya. 
  • Alpukat

Alpukat nyatanya sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut Anda. Dengan lemak yang ada, alpukat memberikan nutrisi pada rambut Anda. Apabila dicampurkan dengan madu, maka akan memberikan manfaat yang lebih bagi rambut dan juga kulit kepala Anda.

Untuk membuat bahan spa ini, Anda cukup menyediakan 1 buah alpukat dan 1 sendok makan madu. 

Cara menggunakan: 

  • Blender kedua bahan tersebut sampai halus. 
  • Aplikasikan campuran tersebut pada rambut yang baru saja dicuci.
  • Bungkus kepala dengan plastik, lalu ditutup lagi dengan handuk, dan tunggu hingga 15 menit 
  • Setelah itum bilas rambut sampai bersih.
  • Scrub gula dan madu untuk tangan

Kedua bahan ini dapat dicampurkan dengan minyak zaitun agar Anda bisa mendapatkan khasiatnya. Minyak zaitun sangat efektif dalam meredakan kulit gatal dan melembapkan kulit yang kering. Bahan untuk membuat scrub ini sangat sederhana, yaitu 1/2 cangkir minyak zaitun, 1/2 cangkir gula, dan 1.4 cangkir madu. 

Cara membuat: 

  • Campurkan minyak zaitun dan guka hingga berbentuk adonan.
  • Aplikasikan adonan pada lengena dengan cara dipijat agar sel kulit mati terkelupas.
  • Bilas dengan air hangat. 
  • Hangatkan madu dan oleskan pada tangan.
  • Bungkus tangan dengan plastik dan biarkan selama 30 menit.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Benefits of Using Coffee Grounds for Your Skin and Face. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/coffee-grounds-for-the-skin-and-face-4126110)
9 Home Spa Makeovers: Recipes for Face Mask, Body Scrub, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/9-home-spa-makeovers-body-soul#1)
Do Face Masks Actually Work or Are They Just a Fad?. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/do-face-masks-actually-work-or-are-they-just-a-fad/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app