Bagaimana Cara Memilih Bantal Supaya Tidur Nyenyak dan Berkualitas?

Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Cara Memilih Bantal Supaya Tidur Nyenyak dan Berkualitas?

Tidur adalah kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh setelah lelah beraktivitas seharian. Maka dari itu, sangat penting menciptakan tidur yang nyaman, nyenyak, dan berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan memilih bantal tidur yang nyaman untuk digunakan. 

Dengan menggunakan bantal yang nyaman, Anda juga dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan seperti sakit leher, sakit kepala, bersin atau flu, serta mati rasa pada lengan dan bahu. Lalu, bantal seperti apa yang dapat membuat tidur nyenyak dan berkualitas? Simak terus yuk infonya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Memilih bantal tidur dapat dibedakan menjadi 2, yaitu berdasarkan posisi tidur Anda dan berdasarkan isi dari bantal tersebut. 

Berdasarkan Posisi Tidur

Telentang

Anda yang mempunyai kebiasaan tidur dengan posisi telentang dapat memilih bantal yang tidak terlalu keras dan terlalu tinggi, tujuannya agar posisi kepala tetap sejajar dengan punggung atas dan tulang belakang. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memberi bantal lain atau guling pada bagian bawah lutut supaya tekanan pada punggung bawah dapat berkurang. 

Tengkurap

Jika Anda terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, bantal yang tipis dan lembut adalah bantal yang cocok untuk Anda. Anda juga bisa memberi bantal di bawah pinggul untuk mencegah nyeri di punggung bagian bawah.

Miring

Bantal yang berbentuk sesuai dengan bentuk leher sangat cocok untuk Anda yang memiliki kebiasaan tidur miring. Anda juga harus menjaga kepala cukup tinggi agar tulang belakang Anda sejajar. Bantal yang Anda pilih haruslah yang lentur dan empuk supaya dapat menyesuaikan arah miringnya kepala Anda. 

Berdasarkan Isi Bantal

Busa

Jika Anda memiliki masalah tidur, bantal berisi busa ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Bantal busa ini dapat mengurangi ketegangan pada rahang dan leher Anda. Kepadatan bantal busa juga pas sehingga nyaman digunakan.

Busa memori (memory foam)

Busa memori ini terbuat dari busa polyurethane yang dibuat melalui proses khusus. Bantal busa memori ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kebiasaan tidur miring atau telentang karena bantal dapat menyesuaikan kepala Anda saat bergerak dan dapat kembali ke bentuk semula. 

Bulu angsa

Bantal dari bulu angsa ini cocok untuk Anda yang terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, karena bantal ini lembut dan tidak terlalu keras / padat.

Wol atau katun

Bantal dari bahan wol atau katun merupakan bantal yang tahan terhadap jamur maupun tungau. Bantal dari wol atau katun ini cukup keras, sehingga bagi Anda yang tidak suka bantal keras, bantal dari wol atau katun ini kurang cocok untuk Anda. 

Lateks

Bantal dari bahan lateks ini merupakan bantal yang paling tahan terhadap jamur dan tungau. Bantal dari bahan lateks ini juga nyaman digunakan dan dapat membantu mengatasi masalah pada leher dan punggung Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Is your pillow hurting your health?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/pain/is-your-pillow-hurting-your-health)
Improving the quality of sleep with an optimal pillow: a randomized, comparative study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25008402)
Your Pillow May Not Guarantee a Good Night's Sleep or Symptom-Free Waking. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3076923/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app