Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Asam Ursodeoksikolat - Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: SEP 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 736.177 orang

Asam Ursodeoksikolat dikenal juga dengan nama Ursodiol merupakan Epimer Asam Chenodeoxycholic, bentuk sintetis Ursodiol, asam empedu yang diproduksi oleh hati dan diekskresikan dan disimpan di kantong empedu.

Asam Ursodeoksikolat dapat meluruhkan atau melarutkan batu empedu, mencegah batu empedu terbentuk pada pasien obesitas yang kehilangan berat badan dengan cepat, dan untuk mengobati penyakit hati (sirosis bilier primer).
 

Cara Kerja Asam Ursodeoksikolat

Asam Ursodeoksikolat merupakan asam empedu yang berada secara alami di dalam tubuh, sehingga mekanisme yang dihasilkan untuk meluruhkan batu empedu adalah dengan mengurangi sekresi kolesterol dari hati dan mengurangi reabsorpsi kolesterol oleh usus halus.

Asam Ursodeoksikolat ini memiliki bioavailabilitas 90% dengan respon awal untuk peluruhan batu empedu adalah 3-6 bulan. Ursodiol ini 70% terikat protein di dalam darah. Metabolismenya di hati terkonjugasi dengan glisin atau taurin dan diekskresikan dalam empedu.

Ursodiol yang tidak terserap masuk ke dalam kolon dimana ursodiol menjadi senyawa perantara yang disebut Chenodiol, cCenodiol kemudian didehidroksilasi menjadi asam Lithocholic dan dieksresikan dalam empedu dan feses.

Manfaat dan Efek samping

Asam Ursodeoksikolat atau Ursodiol ini memiliki manfaat untuk meluruhkan atau melarutkan batu empedu, mencegah batu empedu terbentuk pada pasien obesitas yang kehilangan berat badan dengan cepat, dan untuk mengobati penyakit hati (sirosis bilier primer).

Efek samping yang dapat terjadi apabila mengkonsumsi Asam Ursodeoksikolat adalah sakit kepala, pusing, diare, dispepsia, mual, muntah, sakit punggung, infeksi saluran pernafasan atas, ruam, hiperglikemia, perut kembung, bisul perut, infeksi saluran kemih, leukopenia, trombositopenia, kelelahan, sakit perut, edema perifer, dan nyeri bilier.

Diketahui dari pemantauan pasca pemasaran, Asam Ursodeoksikolat juga dapat menyebabkan penyakit kuning yaitu gangguan pada Hepatobilier. Asam Ursodeoksikolat dikontraindikasikan untuk pasien yang hipersensitivitas terhadap obat ini, mengalami komplikasi batu empedu yang membutuhkan operasi, memiliki penyakit radang usus, alergi asam empedu, dan penyakit hati kronis.

Asam Ursodeoksikolat memiliki kategori kehamilan B yang artinya dapat diterima karena penelitian pada hewan tidak menunjukkan risiko tetapi penelitian pada manusia tidak tersedia atau penelitian pada hemwan menunjukkan risiko kecil dan penelitian pada manusia dilakukan dan tidak menunjukkan risiko.

Dosis Asam Ursodeoksikolat

Asam Ursodeoksikolat yang digunakan untuk meluruhkan batu empedu diberikan pada dosis 8-12 mg/kg satu kali sehari pada waktu tidur atau dalam 2 dosis terbagi (tiap 8-12 jam) selama 3-4 bulan setelah hilangnya batu-batu empedu secara radiologis dan tidak melebihi 300 mg/dosis. Lama pengobatan hingga 2 tahun.

Untuk perawatan, asam ursodeoksikolat ini dapat diberikan pada dosis 250-300 mg.

Untuk pasien obesias, asam ursodeoksikolat ini dapat diberikan hingga 15 mg/kg setiap hari.

Asam Ursodeoksikolat juga dapat digunakan untuk mengobati Sirosis Bilier Primer pada dosis yang lebih tinggi yaitu 10-16 mg/kg sehari dalam 2-4 dosis terbagi, dapat diminum satu kali setiap hari pada malam hari.

Dosis didasarkan pada kondisi medis setiap pasien dan respons terhadap terapi. Jangan meningkatkan dosis atau minum obat ini lebih sering tanpa persetujuan dokter karena risiko efek samping yang serius dapat meningkat. Gunakanlah obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Penggunaan Asam Ursodeoksikolat disarankan bersama makanan.

Interaksi

Asam Ursodeoksikolat dapat berkurang absorbsinya atau penyerapannya apabila digunakan bersama dengan antasida yang mengandung Alumunium, efektivitas dari Asam Ursodeoksikolat dapat berkurang apabila digunanakan bersamaan dengan klofibrat, esterofen, dan konstrasepsi oral, dan dapat meningkatkan penyerapan siklosporin.

Perhatian

Obat ini hanya digunakan untuk mengobati batu empedu dengan kadar kolesterol tinggi, hati-hati untuk pasien yang memiliki penyakit hati kronis, tes fungsi hati (gamma-GT, alkalin fosfatase, AST, ALT) dan kadar bilirubin harus dipantau selama tiga bulan setelah memulai terapi dan perlu dipantau kembali setelah enam bulan berikutnya.

Penyimpanan

Penyimpanan Asam Ursodeoksikolat ini pada suhu kamar (15-30oC) dan hindari sinar matahari langsung. Merek dan kekuatan yang berbeda mungkin memiliki persyaratan penyimpanan yang berbeda. Baca label pada kemasan obat atau tanyakan apoteker untuk penyimpanan yang benar. Jauhkan semua obat-obatan dari anak-anak dan hewan peliharaan.


Referensi

BPOM RI (2018). Cek Produk BPOM. Ursodeoxycholic Acid.

electronic Medical Compendium (2014). Ursodeoxycholic Acid Tablets 150mg.

electronic Medical Compendium (2016). Destolit 150 mg Tablets.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp