Apakah Kursus atau Les Sejak Dini Bagus Untuk Perkembangan Anak?

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 18, 2020 Waktu baca: 2 menit
Apakah Kursus atau Les Sejak Dini Bagus Untuk Perkembangan Anak?

Mengenai perkembangan otak anak

Otak adalah salah satu yang paling penting bagi tubuh. Tanpa otak, kemampuan untuk berjalan, berbicara, dan berpakaian akan sangat sulit dan tidak mungkin. 

Bagian pada otak

Ada empat bagian otak yang dikenali secara individual. Ini termasuk otak kecil, otak besar, batang otak, dan sistem limbik. Bagian terbesar otak adalah serebrum, dan dibagi menjadi lobus frontal, parietal, temporal, dan oksipital. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Walaupun bagian-bagian otak yang berbeda ini memiliki fungsi masing-masing, mereka juga harus bekerja bersama untuk memastikan hasil yang optimal dalam kesehatan manusia.

Perkembangan anak

Belajar menjadi salah satu kegiatan utama pada anak. Otak anak dapat semakin berkembang dengan belajar. Belajar memberikan ilmu dan pengetahuan baru sesuai batas kemampuan anak. 

Belajar dapat memberikan peningkatan dan mengetahui bakat sang anak sejak kecil. Namun beberapa anak harus diberikan pelatihan lebih guna meningkatkan giat belajar dan rasa ingin tahu.

Banyak orang tua mendaftarkan les atau kursus sesuai bidang atau dasar belajar anak yang mungkin dinilai kurang atau yang diperlukan untuk menuai bakat anak. 

Apa manfaat les atau kursus bagi anak?

Sekian banyak manfaat yang dapat diketahui baik bagi orang tua dan anaknya antara lain 

1. Memberikan pengalaman baru

Anak Anda akan menerima pengalaman belajar individual yang tidak selalu bisa ia dapatkan di ruang kelas. Les dapat menyesuaikan pelajaran dan kegiatan hanya untuk anak Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

2. Meningkatkan nilai tugas sekolah dan ujian

Program kursus akan mempersiapkan anak Anda untuk ujian dan guru les bekerja dengan anak Anda pada bidang masalah tertentu. Nilai dan pemahaman anak Anda tentang subjek akan meningkat secara signifikan ketika dikonsultasikan dengan guru les atau guru privat 

3. Membiasakan diri untuk selalu belajar

Melalui bimbingan belajar, anak Anda akan belajar pekerjaan dan mempelajari kebiasaan yang akan ia gunakan seumur hidup. Keterampilan ini akan membantu mempersiapkan anak Anda untuk berhasil mencapai tujuannya baik di dalam maupun di luar sekolah.

4. Mendorong kemandirian dan tanggung jawab

Anak Anda akan mendapatkan kemampuan untuk melakukan pekerjaan sekolah sendiri, tanpa bantuan. Anak Anda akan menyadari pertumbuhan pribadinya sendiri dan akan belajar untuk bertanggung jawab atas bidang pelajarannya.

5. Meningkatkan keterampilan sosial dan perilaku

Bimbingan belajar akan membantu anak Anda menjadi komunikator yang lebih baik, membentuk hubungan yang lebih baik dengan teman sebaya, dan membuat penyesuaian sosial dan perilaku yang lebih positif.

6. Membantu mengatasi hambatan belajar

Kursus akan secara khusus menargetkan aspek pembelajaran mana saja yang bermasalah, baik itu tulis - menulis, matematika, bahasa, atau membaca. 

Kapan anak mulai les?

Pentingnya waktu melakukan atau memilih les privat menjadi suatu informasi penting karena beberapa poin yang harus diketahui sebelum memulai les anak

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5
  1. Mengetahui bahwa anak siap untuk memberikan pelajaran tambahan melalui les atau kursus
  2. Meyakini anak dengan kursus akan membantu meningkatkan nilai dan giat belajar anak
  3. Mengenali kegiatan les atau kursus apa yang cocok atau perlu ditingkatkan oleh anak. 

Kursus atau les biasanya dimulai sejak anak masuk sekolah dasar. Anak perlu diberikan pencerahan baru dan ilmu tambahan melalui les serta membantu memberikan informasi lebih mengenai jalan keluar atas masalah atau soal2 di dalam kelas. 

Les atau kursus tidak hanya membahas kemampuan belajar. Kursus juga dapat membantu meningkatkan hobi serta mengasah kemampuan dan perkembangan otak. 

Kursus yang dapat dipilih seperti:

  1. Menggambar
  2. Musik
  3. Komputer
  4. Matematika
  5. Kerajinan tangan

Pilih jenis kursus yang menurut Anda disukai anak. Jangan memaksakan kehendak anak apabila mereka tidak menyukainya. Ini akan memicu anak emosional, mudah depresi, dan tidak akan mengikuti pola kursus.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
11 Tanda dan Gejala Kelainan atau Ketidakmampuan Belajar Pada Remaja
11 Tanda dan Gejala Kelainan atau Ketidakmampuan Belajar Pada Remaja

Saat anak remaja Anda memasuki sekolah menengah atau atas, peningkatan tekanan akademis yang tiba-tiba dapat membuat tanda-tanda ini lebih jelas. Anak remaja Anda mungkin menderita ketidakmampuan belajar jika ia memperlihatkan hal-hal berikut:

Buka di app