HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Pertimbangan Ketika Memilih Homeschooling untuk Anak ADHD

Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 1, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pertimbangan Ketika Memilih Homeschooling untuk Anak ADHD

Homeschooling merupakan metode pendidikan yang dilakukan di rumah dimana seorang guru atau pengajar yang justru datang ke rumah. Selain oleh pendidik dari luar, orangtua juga dapat berperan mendidik anaknya langsung menggunakan kurikulum pendidikan yang telah dirancang.

Anak dengan kondisi ADHD tentu tidak dapat disekolahkan di tempat yang sama dengan anak normal. Hal ini karena mereka mudah teralihkan perhatiannya sehingga perlu penanganan khusus agar dapat mengikuti pelajaran. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Oleh karena itu banyak orangtua yang kemudian memilih homeschooling untuk anak ADHD. Namun, apa sajakah yang harus dipertimbangkan ketika memilih homeschooling? Simak penjelasannya berikut ini.

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih homeschooling untuk anak ADHD

Ada beberapa hal yang perlu Anda dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menyekolahkan anak ADHD dengan homeschooling. Melihat beberapa keuntungan dan tantangan yang harus dihadapi di atas, beberapa poin ini tentu harus menjadi pertimbangan, seperti:

  • Sumber materi pembelajaran yang tepat

Anak dengan kondisi ADHD tentu membutuhkan penanganan yang tepat dalam mengajarkannya suatu materi. Hal ini menyebabkan Anda sebagai orang tua maupun pendidik membutuhkan persiapan yang matang seperti sumber materi pembelajaran yang akan diberikan. 

Jangan sampai memberikan materi pembelajaran yang justru memberatkan anak ADHD.

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan orang lain yang memiliki anak dengan ADHD sebelumnya. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi kepada seorang expert yang memahami psikologi anak ADHD agar dapat memberikan materi pembelajaran yang tepat.

  • Sumber dana

Patut diingat bahwa mendidik anak menggunakan metode homeschooling akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu membayar jasa pendidik yang Anda tugaskan untuk mendidik anak Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Oleh karena itu pastikan bahwa dana Anda mencukupi sebelum memilih homeschooling untuk anak ADHD.

  • Pastikan metode pendidikan terbaik kepada pakar

Mendidik anak berkebutuhan khusus seperti ADHD tentu membutuhkan cara yang berbeda dengan mendidik anak pada umumnya. Ada beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan seperti kemampuan belajar anak hingga kemampuan pengajar yang akan Anda tugaskan untuk mengajar. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan psikolog anak yang akan membantu Anda menentukan teknik pendidikan yang tepat.

Keuntungan memilih metode homeschooling untuk anak ADHD 

  • Kurikulum akan sesuai dengan kebutuhan anak

Dengan menerapkan homeschooling pada anak ADHD, Anda dapat menerapkan kurikulum sendiri pada pendidikan sang anak. Hal ini tentu tepat jika melihat fakta bahwa anak dengan ADHD cenderung akan mengalami perubahan mood hingga energi mendadak. Sehingga belajar dengan homeschooling akan sangat membantu pendidikan anak.

Ketika anak malas, Anda bisa menghentikan pelajaran. Sementara ketika anak sedang aktif dan semangat belajar, saat itulah Anda akan memulai pembelajaran. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan pada sekolah formal.

  • Cara penyampaian sesuai dengan karakter anak

Anak dengan ADHD membutuhkan cara penanganan yang khusus termasuk cara menyampaikan materi pembelajaran. Misalnya anak ADHD yang tetap aktif berbicara maka cara yang tepat untuk belajar adalah dengan saling berdiskusi.

  • Konsentrasi anak tidak mudah terganggu

Kelebihan homeschooling adalah Anda dapat mengurangi hal-hal yang menyebabkan anak terganggu. Ketika belajar di rumah, tentu anak akan lebih terpusat pada pembelajaran dibanding di sekolah umum.

Selain memberikan pendidikan terbaik, anak ADHD membutuhkan peran utama dari orang tua. Menciptakan kondisi rumah yang damai dan kondusif tentu akan berdampak terhadap peningkatan kemampuan belajar sang anak. 

Selain itu, pastikan agar anak tetap dapat bersosialisasi dengan teman sebaya di lingkungan rumah jika Anda memilih homeschooling untuk anak.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Weighing the Pros and Cons of Homeschooling ADHD Kids. Everyday Health. (Accessed via: https://www.everydayhealth.com/adhd/weighing-the-pros-and-cons-of-homeschooling-adhd-kids.aspx)
Experiences of ADHD-Labeled Kids Who Leave Typical Schooling. Psychology Today. (Accessed via: https://www.psychologytoday.com/us/blog/freedom-learn/201009/experiences-adhd-labeled-kids-who-leave-typical-schooling)
Why Homeschooling is Good for Kids with ADHD. ADDitude. (Accessed via: https://www.additudemag.com/why-homeschooling-is-good/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
11 Tanda dan Gejala Kelainan atau Ketidakmampuan Belajar Pada Remaja
11 Tanda dan Gejala Kelainan atau Ketidakmampuan Belajar Pada Remaja

Saat anak remaja Anda memasuki sekolah menengah atau atas, peningkatan tekanan akademis yang tiba-tiba dapat membuat tanda-tanda ini lebih jelas. Anak remaja Anda mungkin menderita ketidakmampuan belajar jika ia memperlihatkan hal-hal berikut:

Buka di app