Kesehatan Anak

Apakah Berat Bayi Anda Normal?

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 1, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apakah Berat Bayi Anda Normal?

Berat badan bayi merupakan topik yang membuat sebagian orang tua merasa resah atau panik. Terlebih lagi jika dokter anak memberikan ‘warning’ bahwa berat badan bayi Anda di bawah garis normal, atau bahkan melebihi garis normal. 

Sepertinya susah sekali mencapai berat badan bayi yang ideal. Berat badan bayi yang normal tentu sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayi. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Sehingga berat badan bayi yang sesuai dengan standar perlu dicapai agar mendapatkan tumbuh kembang yang optimal. Lalu, bagaimana cara mengetahui berat badan bayi yang normal?

Berat badan bayi sesuai dengan standar

Standar berat badan bayi yang digunakan di Indonesia adalah menggunakan standar grafik dari WHO. Standar penentuan yang dijelaskan pada laman ini menentukan tinggi badan dan berat badan anak yang normal dari umur 0-2 tahun. 

Selain itu pertumbuhan lingkar kepala juga diukur sebagai kelengkapannya. Perhitungan tinggi dan berat badan bayi normal antara laki-laki dan perempuan pun dibedakan. Sehingga, jika Anda melihat anak lain berbeda tinggi dan berat badannya dalam usia sama, jenis kelamin pun juga harus dipertimbangkan. 

Berikut adalah panduan umum untuk anak berusia 0-2 tahun tanpa membedakan jenis kelamin perempuan maupun laki-laki (kecuali disertai penjelasan tambahan):

1. Bayi akan turun berat badannya 5-10% di minggu pertama kelahirannya dan kemudian akan bertambah lagi di minggu kedua dan ketiga.

2. Berat badan akan berjumlah dua kali lipat di usia bayi 4 bulan (tiga kali berat badan lahir di usia 13 bulan untuk laki-laki dan di usia 15 bulan untuk perempuan).

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

3. Tingga badan akan meningkat 1.5 kali lipat dari tinggi lahir di bulan ke 12

4. Lingkar kepala meningkat hingga 11cm dari lingkar kepala saat lahir di bulan ke 12

Apa tanda bayi mendapatkan asupan ASI atau susu formula yang cukup?

Anda dapat memeriksa apakah bayi mendapatkan asupan yang cukup jika:

  • Di usia hari kelima, bayi akan buang air kecil minimal sebanyak 6 kali dalam waktu 24 jam
  • Urin yang berwarna kuning pekat menandakan bayi kekurangan cairan. Berikan ASI lebih banyak sehingga urin berwarna kuning muda tidak pekat.
  • Di usia 6-8 minggu, bayi akan buang air besar hampir setiap hari dengan tekstur yang lembek tidak keras (dengan asupan ASI).
  • Jika Anda memiliki timbangan, akan lebih baik jika Anda memonitor berat badan bayi setiap minggu menggunakan grafik dan persentil yang disediakan di laman IDAI

Bayi mendapatkan ASI yang cukup dengan tanda buang air kecil dan besar sesuai standar, tetapi mengapa berat badan tidak naik?

Jika Anda merasa memberikan ASI atau susu formula yang cukup namun berat badan bayi tetap tidak berubah sebaiknya periksakan beberapa hal berikut:

1. Mengecek perkembangan bayi
Berat badan bayi memang sangat mendukung perkembangan bayi, namun bukanlah faktor penentu satu-satunya. Periksa apakah bayi merespon dengan baik, terlihat aktif, dan juga perkembangan lainnya. Genetik juga bisa mempengaruhi peningkatan berat badan bayi.

2. Perhatikan gejala-gejala pada bayi
Jika bayi mendapatkan ASI ekslusif dan tidak naik berat badannya, Anda jangan langsung panik dan beralih ke susu formula. Cek diet Anda, apakah bayi alergi? Atau ada tanda-tanda seperti konstipasi (sembelit) sehingga mengganggu pencernaan bayi dan berujung pada susahnya peningkatan berat badan bayi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

3. Infeksi
Infeksi juga dapat menyebabkan susahnya berat badan bayi Anda. Cek apakah bayi terkena infeksi dari suhu badannya atau dari frekuensi buang air kecilnya juga dapat dihitung atau diperkirakan sesuai dengan beratnya popok.

4. Berkonsultasi kepada dokter
Jika Anda ragu, selalu konsultasikan kepada dokter anak Anda. Observasi langsung dapat mempermudah untuk menemukan permasalahan mengapa berat badan bayi Anda tidak meningkat.

Jika Anda mendapati berat bayi Anda sesuai dengan grafik WHO, dapat dikatakan tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Namun, jika ternyata berat badan bayi Anda tidak sesuai dengan grafik standar, maka sebaiknya lakukanlah observasi terlebih dahulu di rumah. 

Mulai dari mengetahui apakah bayi mendapatkan asupan cukup hingga apakah ada faktor lain seperti alergi dan juga infeksi. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter anak Anda jika Anda tidak menemukan penyebab dan berat badan bayi Anda mengganggu tumbuh kembangnya. 

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Signs of a Big Baby? Here's How Birth Weight Is Determined. Parents. (Accessed via: https://www.parents.com/pregnancy/my-baby/how-your-babys-birth-weight-is-determined/)
Your baby's weight and height. NHS (National Health Service). (Accessed via: https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/baby-weight-and-height/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app