Amankah Menggunakan Dermaroller Sendiri di Rumah ?

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Amankah Menggunakan Dermaroller Sendiri di Rumah ?

Tahukah Anda apa itu dermaroller ? Dermaroller merupakan salah satu jenis alat perawatan untuk kulit yang dalam beberapa tahun ini cukup populer keberadaannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Dermaroller ini begitu banyak disukai karena dianggap dapat bekerja dengan efektif dalam membuat kulit wajah Anda menjadi terlihat kencang dan semakin awet muda. Perawatan ini juga dipercaya lebih aman dan lebih minimal risikonya jika dibandingkan dengan jenis perawatan yang lainnya.

Namun, apa sebenarnya dermaroller ? Bagaimana cara menggunakannya dan apa sajakah manfaat dari perawatan ini ? Untuk lebih memahaminya, mari simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Bagi Anda yang belum memahaminya, inilah beberapa fungsi dari dermaroller

Dermaroller merupakan suatu alat yang khusus dipakai guna membantu menangani berbagai macam masalah kulit yang terjadi dengan cara memberikan rangsangan pada kulit untuk lebih banyak memproduksi kadar kolagen.

Bentuk dari alat dermaroller ini yaitu berupa roller atau berbentuk roda dengan permukaannya yang memiliki ratusan jarum berukuran sangat kecil.

Biasanya, dokter kulit atau dermatolog sering menggunakan dermaroller di dalam prosedur microneedling. Dermaroller ini memiliki jarum dengan panjang yang bisa berbeda-beda tergantung jenisnya, biasanya ukurannya antara sekitar 0,25 milimeter hingga 1,5 milimeter.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Alat dermaroller ini memiliki banyak fungsi terutama bagi kulit wajah Anda, misalnya adalah sebagai berikut :

  • Membantu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk peremajaan kulit Anda;
  • Membantu menyamarkan noda bekas jerawat, stretch mark serta kerutan dan garis halus di kulit wajah Anda;
  • Membantu mengatasi adanya flek cokelat atau flek hitam di wajah;
  • Mengecilkan pori-pori kulit yang terlihat besar;
  • Membantu mengencangkan kulit wajah Anda yang terlihat kendur; dan
  • Mengurangi produksi minyak alami kulit atau sebum yang berlebihan di wajah.

Lalu, bagaimanakah cara kerja dari dermaroller ini ?

Alat ini akan digunakan dokter dengan tujuan yaitu guna memicu luka kecil di kulit wajah Anda. Mungkin Anda akan merasa sedikit seram mendengar kata "luka", namun sebenarnya proses ini tidaklah menyebabkan rasa sakit di kulit wajah Anda.

Sebelum melakukan tindakan menggunaka dermaroller ini, dokter Anda akan mengaplikasikan obat bius lokal di bagian kulit wajah Anda yang akan ditangani.

Kemudian, setelah obat bius sudah diberikan ke wajah Anda, dokter akan memulai menggunakan dermaroller di area kulit Anda yang harus ditangani atau yang bermasalah. Luka kecil di kulit yang ditimbulkan oleh dermaroller adalah dari jarum-jarum yang ukurannya sangat kecil yang ada di alat ini.

Luka kecil yang muncul inilah yang akan memberikan rangsangan tubuh Anda untuk segera melakukan proses penyembuhan atau perbaikan di area luka tadi. Ketika terjadinya proses penyembuhan atau perbaikan inilah, kulit Anda akan berusaha memproduksi kolagen dan melakukan regenerasi sel-sel kulit yang baru.

Maka, kulit wajah Anda yang sebelumnya rusak akibat adanya bekas luka atau jerawat juga akan turut diperbaiki.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Ketika prosedur menggunakan dermaroller ini telah usai, dokter Anda pada umumnya akan mengaplikasikan serum serta vitamin ke kulit wajah Anda.

Serum dan vitamin yang diaplikasikan oleh dokter ini nantinya akan lebih mudah terserap karena adanya luka-luka kecil di kulit wajah Anda, dimana hal ini akan membantu mempercepat proses peremajaan kulit wajah Anda.

Namun, terdapat efek samping yang kemungkinan akan Anda alami seusai menggunakan dermaroller yaitu berupa terjadinya iritasi pada kulit, kulit terlihat kemerahan, bengkak serta perih dalam beberapa hari ke depan. Namun, hal tersebut adalah normal.

Untuk meringankan efek samping tersebut, dokter biasanya akan memberikan krim khusus untuk Anda.

Memakai dermaroller sendiri di rumah apakah aman ?

Alat yang semakin digandrungi banyak kaum hawa ini sekarang sudah banyak dijual bebas di toko atau pasaran dengan harga yang bervariasi. Tetapi, apakah penggunaannya secara mandiri di rumah aman ?

Dermaroller sebenarnya boleh saja Anda pakai sendiri di rumah, namun Anda harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan. Alat ini tidaklah aman bagi semua orang. Dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi alam pemakaiannya, karena jika tidak kulit wajah Anda nantinya justru akan rusak.

Maka, agar benar-benar yakin akan keamanannya, sebaiknya bagi Anda yang ingin melakukan perawatan ini pergilah ke klinik kecantikan terpercaya dan lakukan tindakan dermaroller oleh ahlinya (dokter).

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Doddaballapur, Satish. (2009). Microneedling with Dermaroller. Journal of cutaneous and aesthetic surgery. 2. 110-1. 10.4103/0974-2077.58529. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/46108349_Microneedling_with_Dermaroller)
Singh A, et al. (2016). Microneedling: Advances and widening horizons. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4976400/)
Linday B. (n.d.). Chemical peel intervention: Combined modalities of adjunct treatments? (https://www.dermascope.com/aging/chemical-peel-intervention-combined-modalities-or-adjunct-treatments)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app