Alasan Memakai Rambut Palsu dan Cara Merawatnya

Dipublish tanggal: Sep 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tak bisa dipungkiri penggunaan rambut palsu memang bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Terlebih, rambut palsu ini  tidak hanya ditujukan untuk kepentingan estetika namun juga untuk keperluan medis. 

Contohnya saja pada orang yang mengalami rambut rontok akibat efek samping menjalani kemoterapi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Jenis rambut palsu

Berikut ini 2 jenis rambut palsu yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan:

Berbahan dasar rambut manusia

Umumnya rambut palsu yang terbuat dari rambut manusia asli akan berharga lebih mahal. Alasannya, wig ini mempunyai waktu lebih lama dalam hal penataannya sewaktu hendak Anda gunakan. 

Sementara kelebihan dari rambut palsu ini adalah lebih tampak dan terasa natural. Selain itu, kelebihan yang terdapat pada rambut palsu berbahan dasar rambut manusia adalah bisa bertahan lebih awet serta cocok dipakai oleh mereka yang pada dasarnya mengalami masalah rambut permanen.

Berbahan dasar sintetis

Untuk jenis yang satu ini, rambut berbahan dasar sintesis adalah lebih mudah diatur ketika hendak digunakan. 

Selain relatif murah, wig jenis ini juga menawarkan banyak sekali pilihan, sehingga bisa menjadi opsi sempurna untuk mengatasi permasalahan rambut sementara.

Kenapa seseorang membutuhkan rambut palsu?

Banyak dari kita yang mengenakan rambut palsu karena kebutuhan yang tidak bisa ditolak. Berikut ini beberapa kondisi medis yang membuat seseorang membutuhkan rambut palsu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Masalah kebotakan

Ketika seseorang mengalami malasah kebotakan yang sudah begitu parah, maka rambut palsu merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih. 

Satu hal yang harus diingat bahwa Anda tak boleh percaya mitos yang mengatakan bahwa menggunakan rambut palsu bisa memperburuk kondisi kerontokan rambut di kelapa.

Kemoterapi

Saat seseorang menjalani pengobatan penyakit kanker melalui kemoterapi, kerontokan rambut sementara adalah yang tak bisa dihindari. 

Obat pada kemoterapi memang sengaja ditujukan untuk membunuh sel-sel kanker yang jahat, namun juga bisa menyerang sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh termasuk sel rambut. 

Salah satu alternatif pilihan yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan rambut palsu. Selain itu, cara lain yang bisa dipilih adalah dengan mengenakan penutup kepala. 

Kulit kepala kemungkinan besar akan jauh lebih besar setelah seseorang menjalani pengobatan kemoterapi, sehingga tak bisa dibiarkan begitu saja tanpa adanya penutup.Kondisi medis tertentu

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Sejumlah kondisi medis bisa membuat seseorang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan. 

Misalnya saja, gangguan hormon, penyakit tiroid, memasuki masa menopause, infeksi yang tergolong berat, efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan, hingga kurang asupan gizi dan anemia. 

Begitu kondisi ini diobati dan mendapatkan penanganan yang baik, rambut akan segera tumbuh. Namun, bila Anda merasa terganggu dengan kerontokan rambut yang terjadi, Anda memakai rambut palsu atau wig sambil menunggu rambut baru kembali tumbuh.

Rawat rambut palsu dengan cara yang tepat

Agar awet dan selalu enak dipakai, rambut palsu yang kita miliki juga membutuhkan perawatan yang tepat. Langkah-langkah perawatan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan rambut palsu atau wig menggunakan shampo serta kondisioner yang memang khusus untuk wig, kemudian keringkan.
  • Dilarang menggunakan alat catok atau alat pengeriting rambut pada wig sintetis yang Anda miliki, kecuali bahan dari wig tersebut adalah polimer khusus yang memang tahan panas.
  • Pakailah selalu wig stand agar rambut palsu yang Anda miliki tidak kusut. Bila memiliki rencana untuk berpergian, silahkan gunakan wig stand yang dapat dilipat.
  • Silahkan sisir rambut palsu secara perlahan dan hati-hati. Jangan lupa gunakan sisir khusus untuk rambut palsu, bukannya sisir biasa.
  • Segeralah copot wig begitu Anda selesai menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko agar wig tidak keriting maupun menekuk secara permanen.

Agar rambut palsu yang Anda pilih bisa menambah kesan cantik pada penampilan, tak ada salahnya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan penata rambut. 

Saran dari profesional rambut tentulah bermanfaat untuk menentukan potongan serta style dari wig yang sesuai untuk Anda. 

Sedangkan gangguan rambut yang terjadi akibat kondisi tertentu, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app