Adakah Batas Aman Merokok?

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Adakah Batas Aman Merokok?

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa banyak orang yang merokok sebagai gaya hidup yang dipilihnya. Terutama karena pengaruh hingga tekanan lingkungan yang seringkali membuat seseorang tidak memiliki pilihan selain harus merokok. 

Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang bertanya tentang batas merokok yang aman. Berikut ini penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ketahui Efek yang Diberikan Rokok pada Kesehatan Tubuh

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terlebih dulu adalah efek yang akan diberikan rokok pada mereka yang masih aktif merokok. Efek yang jelas terasa tentunya akan langsung menyerang kesehatan si perokok. Efek samping kesehatan tersebut diawali dengan tekanan darah hingga detak jantung yang meningkat lebih cepat daripada biasanya. Hal ini dikarenakan rokok tersebut.

Banyak orang yang beralasan bahwa ketika mereka merokok maka mereka akan merasa ketenangan. Padahal ketenangan ini akan dibarengi dengan rasa sesak yang seringkali membuat sulit bernapas. 

Hal tersebut juga disebabkan karena karbon monoksida meningkat dan membuat darah yang ada di dalam tubuh kurang dalam memproduksi oksigen yang pastinya akan bahaya.

Tidak berhenti sampai di situ saja karena nyatanya kebiasaan merokok ini juga berpengaruh terhadap pada daya tahan tubuh yang dimiliki seseorang. Bagi Anda yang belum tahu, kandungan yang dimiliki rokok nyatanya diketahui dapat menyerang sistem imun dari seseorang. Fakta tersebutlah yang membuat para perokok menjadi lebih mudah jatuh sakit.

Untuk efek kesehatan yang bakal dirasakan bagi para pengguna rokok terakhir adalah rambut halus yang terdapat pada saluran pernapasan akan mulai rusak. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan karena kandungan dari rokok sendiri yang diketahui memiliki banyak bahan kimia di dalamnya. Bahan-bahan kimia tersebutlah yang kemudian membuat kesehatan menjadi terganggu.

Ketahui Batas Aman dari Merokok

Setelah mengetahui berbagai efek berbahaya yang diberikan oleh rokok pada kesehatan Anda tentu mestinya membuat Anda lebih waspada lagi. Salah satu bentuk waspada tersebut adalah dengan mengurangi hingga mengetahui batas aman dari merokok ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun benarkan ada batas aman dari merokok yang kemudian mampu mengurangi risiko maupun dampak kesehatan?

Nyatanya, menurut sebuah penelitian bahwa tidak peduli meski seseorang jarang merokok, nyatanya dampak kesehatan tetap tidak bisa dihindari. Contoh sederhananya adalah ketika Anda merokok satu hingga tiga batang saja per hari nyatanya risiko kanker paru-paru sudah mengintai. 

Sesuatu yang ada baiknya dihindari daripada Anda harus menanggung risiko tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ saja karena menurut penelitian mereka yang hanya merokok sesekali saja nyatanya bahaya juga ikut mengintai. Menurut penelitian, mereka yang hanya merokok sesekali ini juga telah meningkatkan risiko kematiannya hingga 1,6 kali lebih tinggi daripada mereka yang tidak merokok.

Cara Sederhana untuk Mulai Menghentikan Kebiasaan Merokok

Jadi sangat disarankan untuk mulai sekarang, Anda mengurangi atau bahkan kalau bisa menghentikan kebiasaan merokok ini. Hal ini bisa dilakukan dengan cara niat yang mesti kuat terlebih dulu. Meskipun terdengar klise pada kenyataannya keberhasilan maupun kegagalan seseorang berhenti merokok tergantung dari niatnya.

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan lebih sering meningkatkan aktivitas olahraga. Bukan tanpa alasan karena kegiatan olahraga ini nyatanya dapat mengurangi kecanduan dari merokok seseorang. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk meningkatkan intensitas mengkonsumsi air putih.

Dengan semua penjelasan di atas, pastinya membuat Anda lebih waspada dan mulai mengurangi kegiatan merokok. Soalnya apabila ditelisik benar-benar maka lebih banyak kerugian yang didapatkan dari kegiatan merokok ini daripada keuntungannya. Terutama bagi Anda yang memang fokus untuk selalu menjaga kesehatannya.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app