9 Cara Mengatasi Pengalaman Trauma Masa Lalu

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
9 Cara Mengatasi Pengalaman Trauma Masa Lalu

Jika Anda pernah mengalami suatu peristiwa atau serangkaian peristiwa berulang yang membuat Anda sangat tertekan, Anda mungkin telah mengalami kejadian pasca trauma. 

Perasaan tidak berdaya, ketakutan, sedih yang mendalam dan rasa tertekan, merupakan kondisi umum yang terjadi setelah kejadian setelah trauma.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu bersedih hati karena Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi pengalaman pasca trauma masa lalu. 

Berikut pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi pengalaman trauma masa lalu.

Jangan mengisolasi diri sendiri

Datangilah teman dan keluarga terdekat Anda. Jika orang lain mengalami pengalaman yang sama, bergabunglah dan berbincanglah dengan mereka. 

Orang yang mengalami pengalaman yang sama mungkin memiliki perasaan yang sama juga dengan Anda. Buka jalur komunikasi sesegera mungkin setelah kejadian pengalaman traumatis yang Anda alami. 

Hal tersebut merupakan bagian penting dari proses pemulihan pasca trauma.

Mencari bantuan profesional

Stress yang menyertai peristiwa traumatis dapat melemahkan diri Anda. Kesedihan, ketakutan, kesedihan, dan depresi dapat terjadi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika perasaan Anda di bulan pertama setelah kejadian trauma begitu parah sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari, carilah bantuan ahli kesehatan mental di daerah terdekat Anda.

Bergabunglah dengan Support Group

Membicarakan apa yang Anda alami dengan orang lain yang memiliki pengalaman yang sama, atau masih mengalami kondisi pasca trauma, dapat membantu Anda mengatasi masalah yang Anda hadapi. 

Tidak hanya dapat membantu Anda mengatasi masalah pasca trauma, support grup juga dapat memberi Anda tips tentang bagaimana menghadapi hal-hal yang terjadi. 

Dokter atau ahli kesehatan mental Anda dapat mengarahkan Anda ke kelompok support grup setempat, atau Anda dapat mencarinya di internet.

Hadapilah Kenyataan yang Ada (Jangan Menghindarinya)

Meskipun tertarik untuk mencoba mengabaikan atau melupakan peristiwa traumatis yang Anda alami, hal utama dalam proses pemulihan pasca trauma adalah belajar untuk menerima kenyataan tentang kondisi tersebut tanpa berusaha menghindarinya. 

Menghadapi perasaan Anda dengan menerima kenyataan yang ada merupakan hal yang penting karena dapat membantu Anda bergerak maju.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Olahraga secara teratur

Jangan mengurung diri di rumah, keluarlah dan bergeraklah. Para ahli mengatakan berolahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menangani efek samping dari peristiwa pasca trauma. 

Menarik nafas dalam, melakukan peregangan ringan, dan berjalan adalah salah satu pilihan yang bagus untuk dilakukan.

Jauhi Penggunaan Minuman Beralkohol

Pada beberapa orang meminum minuman beralkohol dapat membantu tidur atau melepas lelah saat mengalami stress akibat peristiwa traumatis. 

Mereka meminum minuman beralkohol untuk berusaha mematikan emosi atau melupakan hal-hal yang mereka alami. Mengkonsumsi alkohol hanya akan berefek dalam jangka pendek, tetapi bisa menimbulkan efek yang buruk dalam jangka panjang. 

Masalahnya adalah, jika stres berlanjut, penggunaan alkohol (atau obat-obatan) juga dapat berlanjut . Hal tersebut dapat menyebabkan masalah mental dan fisik dan ketergantungan jangka panjang.

Kembali Ke Rutinitas Anda

Kehidupan sehari-hari dapat terganggu oleh peristiwa pasca trauma. Tujuan bagi orang yang berusaha mengatasi tekanan trauma adalah kembali ke rutinitas atau aktivitas sehari-hari sesegera mungkin. 

Kembali ke pola kehidupan Anda dapat membantu Anda membangun kembali rasa percaya diri dan mendapatkan kembali kendali diri atas hidup Anda.

Bermeditasi

Melakukan meditasi dapat membantu Anda meredakan stress pasca trauma. Melakukan teknik pernapasan juga dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat Anda rileks. 

Fokuskan perhatian Anda pada pernapasan atau pada bagian tubuh Anda saat Anda bermeditasi. Hal tersebut dapat menenangkan otak dan mengalihkan pikiran Anda dari masalah. 

Latihan meditasi seperti tai chi, dan yoga juga merupakan cara yang bagus untuk menenangkan diri dari masalah.

Kenali Kondisi Tubuh Anda

Tubuh (dan pikiran) Anda akan memberi tahu apa yang harus Anda dilakukan untuk sembuh dari trauma masa lalu. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Beristirahatlah saat Anda mendapat kesempatan. 

Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Berusahalah mengatur jadwal tidur yang teratur di mana Anda pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap malam. 

Pilihlah ruangan yang sejuk, gelap, dan sunyi saat akan tidur. Lakukanlah aktivitas bersama dengan teman dan hal apapun yang membuat Anda merasa baik, serta luangkan waktu untuk merawat diri sendiri seperti pergi ke salon dan lain-lain.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Traumatic Events: Causes, Effects, and Management. Healthline. (https://www.healthline.com/health/traumatic-events)
Post-traumatic stress disorder (PTSD): Symptoms, treatment, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/156285.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app