8 Langkah Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
8 Langkah Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat

Lubang bekas jerawat acap menjadi masalah yang besar dan selalu mengganggu, khususnya bagi kaum wanita. Lubang jerawat awal kemunculannya karena tangan Anda yang sering menyentuh atau memencet jerawat. 

Ketika jerawat keluar, besar keinginan Anda untuk meminimalisir kemunculan jerawat dengan memencet jerawat tersebut sampai pecah. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Akan tetapi, kenyataannya perilaku tersebut bisa memicu masalah baru yang kompleks, yaitu keluarnya lubang bekas jerawat. Nah, lubang bekas jerawat tersebut sulit dihilangkan daripada jerawat dan bekas jerawat yang hilang sendiri.

Lebih sulit bukan berarti tidak dapat Anda hilangkan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan lubang jerawat, yaitu dengan melakukan perawatan di klinik dermatolog. 

Namun, ketika Anda menggunakan krim dan obat-obatan bisa jadi tidak efektif untuk masalah ini. Kalau Anda berminat dengan perawatan dermatolog, maka ada prosedur spesifik yang bisa digunakan untuk meminimalisir bekar jerawat bergantung dari:

  • Usia, kesehatan keseluruhan, dan mempertimbangkan riwayat penyakit yang pernah diidap.
  • Melihat tingkat keparahan dari bekas jerawat.
  • Harus mempertimbangkan bekas jerawat yang diidap.
  • Harus toleransi terhadap pengobatan, langkah-langkah, atau terapi yang ingin digunakan.
  • Opini atau pilihan yang diinginkan.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini ada delapan cara yang bisa Anda gunakan untuk meminimalisir lubang bekas jerawat.

Pengelupasan Kulit Menggunakan Bahan Kimia (Chemical Peel)

Acapkali chemical peel ini dilakukan guna menyembuhkan kulit yang terbakar matahari, lubang jerawat yang lumayan dalam, dan pigmen yang tidak teratur. Dengan mengangkat lapisan di atas kulit, maka kulit bakal keluar kembali atau beregenerasi dan memperbaiki penampilan.

Dermabrasi

Dermabrasi ini bisa meminimalisir bekas jahitan operasi, bekas luka, dan bisa mengurangi bekas jerawat. Sesudah Anda melakukan demabrasi, maka kulit Anda terasa lebih lembut dan terasa lebih segar. Prosedur melakukan dermabrasi memerlukan waktu selama 5 hingga 7 hari pemulihan di rumah.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Laser Resuffacing dan Terapi Sinar

Lasar ini menggunakan sinar dengan energy tingkat tinggi yang berguna untuk membakar kulit yang rusak. Acapkali sinar resuffacing diaplikasikan kepada kulit yang keriput dan bekas luka ringan. Kemudian, plused dye laser merupakan tindakan khusus untuk mengangkat lubang bekas jerawat dan mampu menghilangkannya.

Cryotherapy

Teknik ini adalah upaya untuk membekukan bekas luka yang menyebabkan luka menjadi mati dan terlepas dari kulit. Kadang, cryotherapy ini dikombinasikan dengan teknik injeksi. 

Meski prosedur ini bisa mencerahkan kulit, tetapi efeknya adalah akan muncul beberapa bagian kulit yang warnanya tidak rata, seperti ada beberapa yang tidak cerah.

Injeksi Dermal Filler

Melakukan injeksi ini bertujuan untuk menggantikan kolagen yang sudah hilang. Acapkali injeksi ini digunakan untuk memulihkan bekas luka, keriput, dan garis wajah. Injeksi dermal filler ini berguna sementara dan bisa bertahan sampai satu tahun.

Punch Graft

Prosedur ini merupakan cangkok kulit kecil yang berguna untuk menggantikan kulit bekas, yang sering digunakan untuk memperbaiki lubang bekas jerawat yang cukup dalam.

Krim

Menggunakan krim topical ini bisa mengatasi bekas luka yang terdiri atas retinoid dan silicon. Sebenarnya penggunaan krim tidak bisa menghilangkan bekas jerawat secara menyeluruh, tetapi krim bisa membantu menyamarkan penampakan bekas jerawat, seperti noda hitam maupun lubang bekas jerawat.

Transfer lemak Autologous

Cara ini bermaksud untuk mengambil lemak dari bagian tubuh lain yang kemudian diinjeksikan ke dalam kulit. Prosedur ini bisa Anda gunakan untuk memperbaiki lubang bekas jerawat yang bandel.

Demikianlah penjelasan kami tentang prosedur menghilangkan lubang bekas jerawat. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Werschler WP, et al. (2015). Treating acne scars: What’s new? (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4570086/)
U.S. National Library of Medicine. (2016). Salicylic acid topical. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a607072.html)
Shim EK, et al. (2001). Microdermabrasion: A clinical and histopathologic study. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11442587)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app