8 Karakter Orang dalam Mengungkapkan Rasa Duka Cita

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Karakter Orang dalam Mengungkapkan Rasa Duka Cita

Mengalami kehilangan seseorang yang sangat dicintai tentunya memiliki perasaan yang tidak bisa diungkapkan. Ada banyak karakter yang akan diungkapkan oleh diri seseorang yang sedang mengalami kehilangan orang terkasih untuk selama-lamanya. 

Perasaan yang sedih biasanya juga akan diimbangi dengan tidak nafsu makan, mengalami penurunan berat badan, mengalami insomnia, merasa malas melakukan aktivitas apa pun dan yang lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 45

Berikut ini ada 8 karakter orang dalam mengungkapkan rasa duka citanya yaitu:

Berubah menjadi orang yang lebih aktif

Ada sebagian orang yang memutuskan untuk mengurungkan diri di kamar atau di rumah untuk mengenang momen rasa sedihnya. Namun ada pula orang yang memutuskan untuk berubah menjadi aktif agar bisa menghilangkan rasa sedih yang sedang di dideritanya. 

Cara ini dianggap lebih baik dibandingkan harus mengurung diri di kamar.

Meluapkan rasa emosinya

Peristiwa duka memang sering kali membuat orang mengalami rasa emosi yang tidak bisa terkontrol. Rasa emosi yang timbul tersebut dikarenakan rasa yang belum siap untuk ditinggalkan orang yang disayanginya. Sehingga hal ini menjadikan diri seseorang belum bisa berdamai dengan rasa sedih yang alaminya.

Mengenang momen-momen yang pernah dilaluinya

Ada juga karakter diri seseorang yang lebih senang mengenang momen-momen yang pernah di lalui nya bersama dengan orang yang sudah meninggalkannya. Memang tidak mudah melupakan orang yang disayanginya, namun cara ini sering kali dilakukan untuk menghilangkan rasa rindunya.

Menyendiri sambil bercermin

Ada juga orang yang memiliki karakter orang yang suka menyendiri dan bercermin ketika kehilangan orang yang dicintainya. Hal ini dilakukan sebagai wujud agar bisa menenangkan diri dan bisa kembali bangkit untuk menerima kenyataan yang ada. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 45

Pada karakter orang seperti ini biasanya lebih mengambil kekuatan dari spiritual agama maupun dari filosofi-filosofi.

Menguatkan diri dengan menjalin hubungan sosial bersama orang lain

Menjaga silaturahmi bersama orang-orang yang ada di sekitarnya juga bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa sedihnya secara berlarut-larut. Semakin seseorang menjalin silaturahmi dengan banyak orang, maka akan lebih menguatkan diri dengan saling bertukar pikiran. 

Selain itu hal ini pun juga akan menghilangkan rasa kesepian pada diri seseorang.

Mengungkapkan perasaan dengan jelas

Kehilangan orang yang dicintai memang tidak bisa diungkapkan melalui kata-kata. Namun ada pula karakter orang yang mengungkapkan perasaannya dengan sangat jelas. Misalnya seperti menangis, membuka album foto kenangan maupun dengan membiarkan diri Anda menyendiri dan tidak ingin bertemu dengan orang.

Mengenang kehidupan orang yang telah tiada

Salah satu cara untuk mengenang kehidupan orang yang telah tiada yaitu dengan memajang fotonya. Cara ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk menghilangkan rasa sedihnya. Cara ini pun juga dilakukan agar orang yang telah pergi tidak hilang dari kehidupan Anda.

Cobalah untuk curhat dengan orang yang Anda percayai

Denga mencurahkan hati Anda atau curhat dengan orang yang sudah Anda percayai, maka akan membantu Anda untuk menghilangkan rasa sedih yang Anda alami. Kehadiran orang lain untuk diajak curhat akan lebih meringankan beban pikiran yang sedang Anda rasakan. 

Oleh karena itu, Anda dapat mengajak ngobrol atau curhat bersama dengan orang lain.

Ke-8 karakter yang ada di atas dapat dimiliki oleh beberapa orang. Secara umum, kehilangan orang terkasih memang akan sangat menyakitkan dan membuat diri seseorang mengalami perubahan mental akibat dari kehilangan tersebut.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Anticipatory Grief: Dealing With Feelings of Loss as a Caregiver. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/palliative-care/caregiver-grief-and-bereavement)
How Grief Can Affect Your Health. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/mental-health/ss/slideshow-grief-health-effects)
Grief & Depression Coping With Denial, Loss, Anger and More. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/depression/guide/depression-grief#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app