HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

8 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memulai Bercinta

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memulai Bercinta

Salah satu tujuan pasangan melakukan hubungan seks yaitu ingin mendapatkan kenikmatan. Para pasangan suami istri terkadang hanya mengejar kenikmatan tanpa memperhatikan kenyamanan dari para pasangannya.

Padahal kenikmatan dan kenyamanan haruslah berjalan beriringan agar aktivitas bercinta dapat berjalan dengan baik sesuai yang diinginkannya. Apabila Anda ingin melakukan hubungan seks dengan pasangan, sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut sebelum memulainya, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Perhatikan dari segi kenyamanan, baik Anda atau pasangan

selama berada di ranjang, jangan menjadi orang yang egois, selain memperhatikan dari kenyamanan Anda, maka kenyamanan pasangan Anda pun juga harus diperhatikan dengan baik, jika pasangan tidak merasakan kenyamanan, maka hal ini akan membuat aktivitas bercinta menjadi berantakan. 

Jika seks Anda tidak berjalan sesuai dengan yang Anda harapan, maka hal ini akan berdampak pada kondisi rumah tangga Anda.

Pertimbangkan keamanan

Selain kenyamanan, Anda pun harus memperhatikan dari segi keamanannya juga. Keamanan yang dimaksud yaitu dari segi kesehatan. Pastikan bahwa Anda menjaga keamanan dengan menggunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seks. 

Selain itu, pastikan juga bila Anda melakukan hubungan seks di tempat yang aman, misalnya di kamar yang terkunci untuk memastikan bahwa tidak akan ada orang yang tiba-tiba masuk saat Anda sedang bercinta.

Pertimbangkan pemanasan

Anda harus mempertimbangkan pemanasan sebelum memulai bercinta. Pemanasan yang baik dilakukan dengan durasi yang cukup, yaitu kisaran 5 hingga 7 menit. 

Terlalu cepat melakukan foreplay, maka akan menimbulkan rasa sakit pada area vagina, sehingga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Selain itu, foreplay juga dibutuhkan untuk meningkatkan gairah seks antara Anda dengan pasangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

mengkonsumsi minuman yang beralkohol harus dijadikan sebagai pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan hubungan seksual. Semakin banyak minuman alkohol yang Anda konsumsi, maka akan menjadikan aktivitas bercinta Anda menjadi tidak memuaskan. 

Selain itu, minuman beralkohol juga akan berpengaruh pada orgasme yang dicapainya, sedangkan alkohol dapat menekan pada sistem saraf.

Pertimbangkan posisi selama bercinta

Posisi bercinta haruslah dipertimbangkan dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk melakukan hubungan seksual. Hal ini berguna agar Anda dan pasangan sama-sama menikmati gaya bercinta Anda. 

Apabila Anda ingin cepat hamil, maka Anda bisa berada pada posisi panggul diangkat, cara inilah yang akan memudahkan perjalanan sperma menuju leher rahim bagian dalam.

Melakukan mandi sebelum bercinta

Agar kenyamanan dan rasa percaya diri saat berhadapan dengan pasangan, Anda bisa mandi terlebih dahulu sebelum melakukan bercinta. Apabila tubuh Anda sudah bersih selama bercinta, maka pasangan Anda pun juga akan merasa lebih nyaman dan Anda menjadi lebih percaya diri karena terhindarkan dari yang namanya bau badan.

Pertimbangkan makanan yang Anda konsumsi

Ada harus mempertimbangkan makanan yang Anda konsumsi sebelum Anda memutuskan bercinta. Hindari terlau banyak makan, karena kondisi perit yang lapar akan membuat hubungan seks Anda tidak memuaskan. Untuk itu, batasi asupan makan yang Anda konsumsi sebelum bercinta.

Pertimbangkan jika ingin menggunakan pelumas

Jika Anda ingin menggunakan pelumas, maka hal yang Anda perhatikan yaitu jenis pelumas apa yang Anda gunakan. Sebaiknya Anda menghindari pelumas dari bahan mentol agar tidak mengalami iritasi pada bagian vagina.

Aktivitas bercinta yang berjalan dengan sangat baik akan memberikan kenikmatan dan kepuasan tersendiri pada diri seseorang. Untuk itu, ke 8 hal di atas harus Anda pertimbangkan dengan baik sebelum melakukan aktivitas bercinta.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A Woman’s Guide to Safe Sex Basics. Healthline. (https://www.healthline.com/health/womans-guide-safe-sex-basics)
Long-term sexual satisfaction: What's the secret?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319513.php)
What are considerations when using a birth control implant?. WebMD. (https://www.webmd.com/sex/birth-control/qa/what-are-considerations-when-using-a-birth-control-implant)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app