6 Manfaat Makan Secara Perlahan

Rata-rata orang Indonesia makan dengan waktu 11 menit. Tetapi apakah makan cepat merupakan masalah? Haruskah kita khawatir? Jawabannya adalah "ya" dan berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus makan lebih lambat.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Manfaat Makan Secara Perlahan

Di negara dan budaya tertentu, makan dapat berlangsung selama berjam-jam. Orang-orang duduk mengelilingi sebuah meja, dengan seluruh keluarga besar berkumpul, dan mereka berbicara, makan, dan minum hingga larut malam. 

Namun di Indonesia hal ini tidak terjadi setiap hari. Rata-rata orang Indonesia makan dengan waktu 11 menit. Tetapi apakah makan cepat merupakan masalah? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Haruskah kita khawatir? Jawabannya adalah "ya" dan berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus makan lebih lambat.

1. Dapat mencicipi rasa asli dari makanan

Salah satu manfaat nyata dari makan lebih lambat adalah Anda akan lebih merasakan makanan yang Anda makan. 

Jika Anda menggandakan durasi waktu yang diperlukan untuk makan, Anda akan dapat lebih merasakan citarasa, tekstur, dan aroma makanan yang Anda makan. Makanan Anda akan menjadi lebih menarik.

2. Menurunkan berat badan

Saat Anda makan dengan lebih lambat, Anda mungkin menemukan bahwa Anda belajar untuk berhenti makan lebih cepat. Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda lebih cepat kenyang dan tidak perlu nambah untuk memenuhi nafsu makan Anda. 

Satu buah penelitian menunjukkan bahwa "kenyang" adalah konsep kompleks yang menggabungkan berapa kali Anda mengunyah, waktu yang Anda habiskan untuk makan, tampilan makanan di atas piring, serta jumlah sebenarnya dari makanan yang Anda makan. 

Perlambat durasi Anda saat makan dan Anda mungkin akan merasa kenyang dengan porsi makanan yang lebih sedikit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

3. Pilihlah makanan dengan sumber makanan yang lebih baik

Saat Anda makan dengan lambat, Anda dapat menikmati rasa asli makanan. Hal ini sangat bagus, karena semakin Anda memperhatikan makanan Anda, semakin Anda lebih menyukai makanan dari sumber alami yang lebih sehat. 

Inilah alasannya: Sebagian besar pabrik yang memproduksi makanan dirancang dengan hati-hati oleh insinyur makanan agar rasanya enak untuk 3 atau lebih gigitan pertama. 

Setelah itu, makanan mulai terasa hambar dan tidak menarik. Anda biasanya akan langsung menelan kue atau keripik kentang setelah beberapa kali mengunyah. 

Jika Anda makan dengan lebih lambat dan mengunyahnya dengan seksama, makanan yang diproses ini akan terasa sangat menjijikkan (coba kunyah keripik kentang 25 kali ... benar-benar tidak enak) Makanan alami, di sisi lain, tetap menarik saat Anda mengunyahnya.

Sebagai contoh, saat Anda mengunyah stroberi, stroberi akan terasa seperti jus, Dan tetap terasa enak semakin Anda mengunyah. Sama halnya dengan makanan dari sumber alami seperti jeruk, kacang-kacangan, dan sayuran.

4. Mempererat hubungan sosial

Makan merupakan salah satu kegiatan sosial. Makan adalah waktu ketika orang berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Dengan mengambil lebih banyak waktu saat makan, Anda akan dapat berbicara dengan teman dan keluarga Anda lebih banyak, meningkatkan hubungan dan merasa lebih terhubung.

5. Berhenti sebelum kenyang

Bagi perut, butuh waktu sekitar 20 menit untuk menghasilkan hormon yang memberi tahu otak bahwa Anda kenyang. Proses ini tidak dimulai sampai perut Anda mulai meregang. Jika Anda melambat, Anda memberi diri Anda lebih banyak waktu untuk merasa kenyang. 

6. Meningkatkan sistem pencernaan

Makan lebih lambat memberi perut Anda lebih banyak waktu untuk mulai mencerna makanan. Ketika Anda memasukan seluruh makanan ke dalam mulut dalam 5 menit, Anda mungkin akan mengalami gangguan pencernaan

Sebagai gantinya, berikan waktu selama 20 menit untuk makan dengan jumlah makanan yang sama. Perut Anda akan bekerja dengan jauh lebih ringan. Makan lebih lambat dapat membuat perut Anda dapat mencerna makanan secara lebih maksimal.

Sebagian besar dari kita menjalani kehidupan yang sibuk dan serba cepat, sehingga dapat dimengerti bahwa kita mencoba untuk menyantap makanan dengan cepat. Tetapi makan dengan cepat tidak menguntungkan bagi tubuh.

Ketika kita makan terlalu cepat, tubuh kita akhirnya makan lebih dari yang kita butuhkan, sehingga menyebabkan pencernaan yang buruk, penambahan berat badan, dan tingkat kepuasan dari makan yang lebih rendah.

Sebaliknya, makan dengan lambat dapat membantu membuat pencernaan lebih baik, memelihara berat badan lebih mudah dan mendapatkan tingkat kepuasan yang lebih besar dari makanan yang kita makan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Are You a Fast Eater? Slow Down to Eat (and Weigh) Less. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/are-you-a-fast-eater-slow-down-to-eat-and-weigh-less/)
Why eating slowly may help you feel full faster. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/why-eating-slowly-may-help-you-feel-full-faster-20101019605)
Benefits of Eating Your Food Slowly. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/benefits-of-eating-slowly-2223827)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app