6 Cara Menghilangkan Bulu di Badan yang Paling Populer

Manfaat dari membaca tulisan adalah Anda nantinya dapat menentukan cara yang tepat untuk menghilangkan bulu di badan Anda dan dapat memperkecil resiko yang ditimbulkan. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu di badan:
Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Cara Menghilangkan Bulu di Badan yang Paling Populer

Setiap manusia memiliki ciri khas masing-masing, salah satunya tentang bulu badan. Beberapa orang memiliki bulu yang lebat dan ada juga yang memiliki bulu tipiis di tubuhnya. 

Mungkin banyak dari Ada yang merasa rishi dengan kehadiran bulu di badan. Tidak heran bila banyak orang yang berusaha mengurangi bahkan menghilangkan bulu di beberapa bagian tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Mulai dari menggunakan krim pencabut bulu yang banyak dipasarkan di toko, mencukur hingga mencabut bulu tanpa bantuan alat apapun. 

Segala macam upaya dilakukan tanpa melihat kelebihan dan kekurangan yang diperoleh bila menggunakan salah satu cara menghilangkan bulu badan tersebut. 

Oleh karena itu kita akan membahas beberapa cara untuk menghilangkan bulu di badan dari segi manfaat dan resiko yang akan ditimbulkan. 

Berbagai cara menghilangkan bulu di badan

Manfaat dari membaca tulisan adalah Anda nantinya dapat menentukan cara yang tepat untuk menghilangkan bulu di badan Anda dan dapat memperkecil resiko yang ditimbulkan. 

Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu di badan:

1. Pencabutan

Pencabutan adalah cara paling umum dilakukan untuk menghilangkan bulu di badan. Selain karena bisa dilakukan kapan saja, biayanya juga relatif sedikit. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Hanya dengan bermodalkan pinset, Anda dapat mencabut bulu di badan sampai ke akarnya satu per satu. Selain itu, mencabut bulu secara manual juga dapat mencegah tumbuhnya bulu dalam waktu 3-8 minggu. 

Namun perlu diwaspadai agar bulu yang dicabut tidak patah supaya terhindar dari resiki bulu tumbu di dalam. 

Penggunaan pinset dalam mencabut bulu lebih baik menggunakan tata cara yang benar seperti membersihkan pinset dengan alkohol baik sebelum dan sesudah digunakan. 

Hal ini untuk melindungi Anda dari berbagi macam infeksi. Jika Anda peduli pada kesehatan diri sendiri, maka perhatikan kebersihan alat pencabut bulu Anda.

2. Mencukur

Mencukur bukan menjadi hal baru dalam usaha untuk menghilangkan bulu di badan. Banyak alat cukur yang ditawarkaan mulai dari yang manual dengan pisau cukur manual dan pencukur listrik. 

Tentu Anda harus selalu memperhatikan ketajaman dari pisau cukur, hal ini karena jika pisau tumpul maka akan melukai diri Anda sendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Jika Anda akan mencukur bulu di badan, biasakan untuk membasahi kulit menggunakan sabun atau busa cukur. Hal ini tentu akan mempermudah proses mencukur. 

Setelah membahasi kulit, cukurlah mengikuti arah bulu rambut dengan perlahan. Namun perlu diketahui bahwa mencukur tidak membuat bulu Anda tumbuh dalam waktu yang lama. 

Hal ini mengakitbatkan Anda harus sering mencukur bulu di badan paling tidak dalam kurun waktu seminggu sekali. 

3. Waxing

Bagi Anda yang menginginkan metode terapis dengan membalurkan cairan lilin pada kulit, maka disarankan mencoba waxing

Anda dapat melakukan waxing di seluruh bagian tubuh dengan metode mengoleskan cairan lilin ke kulit lalu ditutup menggunakan kain hingga kering. Setelah kering, kain akan ditarik hingga bulu di tubuh Anda akan tercabut. 

Namun banyak juga sekarang model waxing yang tidak menggunakan kain. Metode ini akan membuat bulu Anda tidak tumbuh dalam kurung waktu 3 hingga 6 minggu. 

4. Laser

Bila Anda tidak ingin merasakan sakit ketika mencabut bulu di badan, maka metode laser dapat menjadi salah satu pilihannya. 

Meskipun biaya yang ditawarkan tidak murah, namun metode ini menawarkan teknologi yang mumpuni untuk menghilangkan bulu di seluruh badan. 

Selain itu, metode ini juga harus didampingi oleh dokter yang sudah ahli dalam hal kulit karena penggunaan laser juga memiliki efek samping.

Untuk jangka waktu, metode laser ini cukup diperhitungkan, karena dapat menghambat pertumbuhan bulu dalam waktu yang cukup lama. 

5. Krim perontok bulu

Krim perontok bulu menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menghilangkan bulu di tubuh tanpa alat dan rasa sakit. 

Hal ini karena cukup dengan mengoleskan krim perontok bulu kemudian digosokkan hingga bulu rambut terlepas dari kulit. Hal ini karena krim ini dapat memecah struktur protein rambut sehingga rambut akan rontok dari folikel. 

Namun Anda juga harus waspada terhadap penggunaan krim ini karena jika tidak cocok atau kulit Anda sensitif maka akan menyebabkan effek samping seperti iritasi. 

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, biasakan membaca dan mengikuti aturan yang berlaku pada kemasan krim dengan seksama. 

6. Pil KB

Cara lain untuk mengurangi bulu di badan adalah Pil KB. Penggunaan pil KB harus dengan resep dokter supaya tidak menimbulkan efek yang tidak baik. Pil KB ini biasanya banyak digunakan oleh orang yang sudah pada masa menopause.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Town G, et al. (2019). Light-based home-use devices for hair removal: Why do they work and how effective they are? (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30681170)
Shenenberger DW, et al. (2002). Removal of unwanted facial hair. (https://www.aafp.org/afp/2002/1115/p1907.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app