Perawatan Tubuh

Waxing atau Cukur, mana yang Lebih Baik?

Dipublish tanggal: Mar 10, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Waxing atau Cukur, mana yang Lebih Baik?

Berbeda dengan laki-laki, wanita selalu ingin menjaga penampilan mereka dari ujung rambut kepala sampai ujung kuku kaki. Khususnya untuk urusan bulu (rambut halus)Para wanita selalu menjaga agar rambut-rambut halus pada ketiak, kaki atau area yang terlihat lainnya tetap bersih dengan cara mencukurnya.

Ada 2 cara yang paling banyak digunakan oleh para wanita untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut. Yang pertama adalah dengan mencukurnya dengan silet dan Pencukuran dengan wax (lilin). 

Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga menimbulkan pertanyaan, metode manakah yang lebih baik dipakai untuk mencukur bulu bulu halus pada tubuh.

Mencukur menggunakan silet, adalah hal yang mudah dan murah, namun menimbulkan berbagai macam resiko seperti terluka dan beresiko membuat rambut halus tumbuh lebih lebat.

Sedangkan penggunaan wax adalah salah satu metode terbaik untuk mencukur bulu badan, terutama yang ada di kaki. Dibanding pisau cukur, teknik ini akan mengangkat lebih banyak bulu dan membuatnya tumbuh dalam waktu yang lebih lama. 

Selama Anda tahan dengan rasa sakitnya, penggunaan wax adalah pilihan yang bagus untuk mencukur bulu badan. Untuk lebih jelasnya, yuk disimak apa saja kelebihan dan kekurangan keduanya.

Menghilangkan rambut-rambut halus dengan bercukur

  • Proses pengerjaan: Memotong bulu dengan silet atau cukuran yang dapat dibeli bebas di pasaran, lebih baik jika menggunakan krim khusus untuk bercukur agar tidak terjadi iritasi. Dapat dilakukan di rumah atau dimana saja

  • Kelebihan: Bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Peralatan untuk mencukur relatif lebih murah jika dibandingkan mencukur dengan teknik waxing, penggunaan krim untuk mencukur bisa memberikan kelembapan tersendiri untuk kulit Anda.

    Lebih hemat waktu dan tidak terlalu sakit kecuali Anda secara tidak sengaja memotong / mengiris bagian tubuh Anda.

  • Kekurangan: Ketika kamu bercukur menggunakan silet, hanya permukaan rambut yang terlepas dan rambut yang dicukur akan tumbuh kembali dalam seminggu. Mencukur harus dilakukan secara rutin sekali untuk menjaga penampilan tetap cantik.

    Saat Anda rutin bercukur,mungkin Anda akan merasa rambut Anda semakin lama semakin tebal. Karena sifat alami rambut yang akan terlihat tumbuh lebih lebat setiap kali Anda memangkasnya.

    Kemungkinan untuk terluka saat mencukur juga tinggi, sehingga bisa menyebabkan luka bahkan infeksi pada kulit karena kesalahan proses mencukur. Selain itu, seringkali setelah mencukur Anda akan merasa nyeri karena sedikit atau banyak, setiap kali Anda mencukur, pasti melukai lapisan kulit yang terluar.

  • Biaya: Untuk mencukur menggunakan silet dan krim cukur, paling banyak Anda harus mengeluarkan uang 100.000, itu pun jika Anda membeli silet dan krim yang mahal, dan Anda dapat menggunakannya lebih dari 10 kali.

  • Tips untuk mencukur: Jika Anda memilih untuk bercukur, pastikan Anda menggunakan silet yang baru dan tajam untuk menghindari terjadinya iritasi, khususnya jika Anda mencukur pada bagian wajah.

    Dan untuk rambut halus yang pertumbuhannya sangat cepat, Anda dapat menggunakan produk untuk memperlambat pertumbuhan rambut, dengan ini, Anda tidak usah bercukur terlalu sering.

Menghilangkan rambut-rambut halus dengan waxing

  • Proses pengerjaan  : Mengoleskan wax secara merata pada daerah yang ingin dihilangkan bulu-bulunya sesuai arah pertumbuhan bulu, kemudian ditutup dengan semacam strip atau plester, kemudian plaster ditarik, sehingga rambut-rambut halus tercabut sampai ke akar.

  • Kelebihan: Pertumbuhan kembali saat kamu waxing akan kurang dibandingkan saat kamu bercukur. Hal ini karena selama waxing, akar rambut rusak yang memperlambat pertumbuhan kembali.

    Kulit menjadi lebih halus saat waxing karena menghilangkan sel kulit mati. Secara keseluruhan, hasil waxing lebih baik daripada bercukur.

  • Kekurangan: Tentu saja proses waxing sangat menyakitkan jika dibandingkan dengan mencukur dengan silet. Proses Waxing harus memiliki persiapan yang khusus, mulai dari membeli peralatan sampai proses pengerjaannya, tidak seperti menggunakan silet yang dapat dilakukan dengan waktu dibawah 10 menit.

    Selain itu harganya cukup mahal, apalagi jika Anda pergi ke salon kecantikan khusus waxing. Yang ketiga, karena menggunakan zat kimia buatan, efek jangka panjang untuk kulit masih belum bisa dijamin 100% keamanannya.

  • Biaya: Untuk biayanya, sudah pasti waxing lebih mahal jika dibandingkan dengan mencukur biasa. 

  • Tips menggunakan waxing : Untuk menahan rasa sakit, jangan sekali-sekali Anda minum alkohol saat melakukan waxing, karena alkohol dapat menutup pori-pori sehingga prosesnya akan lebih menyakitkan.

Secara keseluruhan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, walaupun waxing memiliki efek yang lebih baik untuk kulit, namun ada pertimbangan lain yang memungkin orang-orang untuk memilih mencukur dengan silet. Jadi sesuaikanlah dengan keuangan dan kondisi Anda.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
6 Cara Menghilangkan Bulu di Badan yang Paling Populer
6 Cara Menghilangkan Bulu di Badan yang Paling Populer

Manfaat dari membaca tulisan adalah Anda nantinya dapat menentukan cara yang tepat untuk menghilangkan bulu di badan Anda dan dapat memperkecil resiko yang ditimbulkan. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu di badan:

Buka di app