5 Tips Mencegah Munculnya Keriput Saat Tidur

Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Tips Mencegah Munculnya Keriput Saat Tidur

Meskipun keriput merupakan hal yang akan semua orang alami ketika menua, tetapi tidak ada salahnya untuk mencegah keriput di usia yang masih muda. 

Proses penuaan seperti munculnya garis-garis galus dan lipatan pada kulit merupakan hal yang sangat normal. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Akan tetapi, proses penuaan ini akan terjadi dengan cepat pada wajah Anda apabila Anda memiliki posisi tidur yang salah. Apa saja posisi tidur yang dapat menimbulkan keriput? Simak informasinya dibawah ini. 

Tidur menyamping atau tengkurap

Ketika tidur, terkadang Anda tidak peduli dengan posisi Anda, yang terpenting adalah bisa tidur dengan nyenyak. 

Namun ternyata tidur posisi menyamping atau tengkurap dimana wajah menempel di sarung bantal dapat menyebabkan timbulnya garis halus di dahi atau pipi Anda. 

Munculnya keriput dan garis halus tersebut disebabkan oleh kolagen dan elastisitas yang menghilang, yang akan mengurangi volume kulit. 

Namun, dengan memberikan tekanan yang berulang-ulang (seperti tidur menyamping) atau menggerakan otot wajah akan membuat kolagen rusak dengan cepat. Hal inilah yang akan menimbulkan garis halus di wajah Anda. 

Selain itu, gesekan yang terjadi antara kulit wajah dengan bantal menyebabkan kulit akan tertarik dan terdorong. Oleh karena itu, pada saat Anda tidur, proses pelumpuhan otot seperti Botox yang bekerja efektif pada keriput akibat kespresi wajah pun tidak bekerja dengan optimal.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Meskipun keriput yang muncul akibat posisi tidur akan menghilang pada kulit yang lebih muda, tetapi keriput akan mejadi permanen akibat tekanan yang tetap saat Anda tidur dan berkurangnya elastisitas kulit dari proses penuaan.

Untuk mencegah munculnya keriput yang terjadi akibat posisi tidur yang salah bukanlah hal yang mudah. Satu-satunya cara untuk mengatasi keriput dan garis halus adalah dengan tidak tidur menyamping maupun tengkurap. 

Namun, kebiasaan tidur bukanlah sesuatu yang bisa diubah dengan cepat. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang yang dapat Anda lakukan untuk mencegah keriput sebisa mungkin saat tidur. 

Tidur dengan wajah yang bersih 

Apabila Anda memiliki kebiasaan tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu, ubahlah kebiasaan tersebut mulai saat ini. 

Tidur dengan sisa debu dan kotoran akan membuat pori-pori Anda tesumbat mencegah sel kulit baru untuk muncul ke permukaan. 

Oleh karena itu, biasakan untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur untuk menghilangkan berbagai kotoran, keringat, tumpukan minyak dan make up.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Menggunakan krim malam 

Dengan menggunakan krim malam, proses peremajaan kulit dan perbaikan akan kerusakan pada kulit wajah akan lebih cepat. 

Produksi kolagen akan berkurang dan melambat saat Anda mengalami proses penuaan, inilah yang akan menyebabkan kulit kering, sehingga keriput dan garis halus pada wajah Anda akan terlihat dengan jelas. 

Gunakanlah krim malam yang mengandung hyaluronic acid yang dapat membantu mengenyalkan dan mengecangkan kulit, serta retinol yang mampu meremajakan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah muncunya keriput pada wajah Anda. 

Konsumsi vitamin 

Tidak hanya treatment yang berkaitan langsung dengan kulit, Anda juga dapat mencegah keriput dari dalam. Dengan mengonsumsi vitamin seperti vitamin A, C, B kompleks, dan E, Anda dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, segar dan tampak lebih muda. 

Cerdas dalam memilih bantal 

Tidak hanya kebiasaan tidur, salah memilih bantal pun akan mempercepat proses penuaan Anda. Maka dari itu, cerdaslah dalam memilih bantal untuk mencegah munculnya keriput dan garis halus saat tidur. 

Saat ini telah banyak bantal kecantikan yang dibuat dengan bentuk khusu dengan tujuan untuk mencegah distorsi wajah. 

Bantal ini sangat menguntungkan karena Anda bisa gunakan untuk tidur dengan posisi telentang atau menyamping. 

Apabila Anda suka tidur dengan posisi menyamping, gunakan sarung bantal yang dapat menurunkan stress fisik pada wajah Anda, seperti sutra atau satin. 

Sarung bantal dengan bahan ini dapat mengurangi kemungkinan mengembangnya lipatan di kulit Anda. 

Ubah posisi tidur 

Mengubah posisi tidur memang bukanlah hal yang mudah. Namun akan sangat berguna untuk mencegah keriput dan garis halus ketika Anda mampu menggantinya. 

Ada bisa mengubah posisi tidur menyamping menjadi posisi telentang atau posisi lain dengan cara di bawah ini:

  • Tidur telentang
    Tempatkan bantal di bawah lutut untuk menjaga Anda tetap dalam posisi yang sama saat tidur. 
  • Tempatkan bantal besar pada salah satu sisi tubuh dan biarkan berat tubuh Anda disisi tersebut sebisa mungkin. Gunakan bantal tersebut untuk menopang bahu dan sebagian dada Anda, lempar kaki dan pinggul pada bantal. Dengan posisi ini, kepala Anda akan menjauhi bantal tidur dan membuang banyak tekanan dari wajah. 

Namun bagi Anda yang memiliki masalah medis tertentu, sperti sleep apnea, refluks lambung, masalah leher dan punggung, serta wanita hamil tidak disarankan untuk tidur dengan posisi telentang. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Is your sleep ageing you? The experts weigh in. The Telegraph. (https://www.telegraph.co.uk/beauty/skin/sleep-ageing-experts-weigh/)
Anson, Goesel & Kane, Michael & Lambros, Val. (2016). Sleep Wrinkles: Facial Aging and Facial Distortion During Sleep. Aesthetic surgery journal / the American Society for Aesthetic Plastic surgery. 36. 10.1093/asj/sjw074. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/304328527_Sleep_Wrinkles_Facial_Aging_and_Facial_Distortion_During_Sleep)
Wrinkles from Sleep?. Sleep.org. (https://www.sleep.org/articles/wrinkles-from-sleep/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel selanjutnya
Begini Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam
Begini Cara Alami Mengatasi Kulit Kusam

Terjadinya proses penuaan karena usia mungkin tidak dapat dihindari, namun berbagai faktor lainnya bisa ditangani, misalnya paparan sinar matahari, perubahan hormon, pola makan, stress dan merokok.

Buka di app