5 Pertanyaan tentang Seks yang Malu Anda Tanyakan Langsung ke Dokter (Part-2)

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Pertanyaan tentang Seks yang Malu Anda Tanyakan Langsung ke Dokter (Part-2)

Seks masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Tidak hanya pada orang lain, pada dokter pun banyak yang enggan untuk terbuka soal seks. Alih-alih bertanya langsung ke pada dokter, mereka lebih memilih bertanya lewat media online. Ini kumpulan beberapa pertanyaan mengenai seks: 

Pertanyaan Seputar Seks

1. Hamilkah jika penis masuk setengah dan selaput dara berdarah?

Dari info yang Anda berikan, kemungkinan memang terjadi robekan pada selaput dara. Sebelum terjadi ejakulasi, tentu ada cairan preejakulat yang keluar dari penis. Di dalam cairan preejakulat tersebut mungkin ada  sel sperma. Jadi, risiko hamil bisa saja ada tapi kecil kemungkinannya. Jika Anda sudah mendapat menstruasi setelah berhubungan terakhir, tentu artinya Anda tidak hamil. Untuk memastikannya, lakukan tes menggunakan test pack yang bisa Anda beli di apotik pada hari pertama hingga ke lima setelah terlambat haid di bulan berikutnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

2. Apakah bisa menyebabkan kehamilan jika berhubungan saat sedang menstruasi dan kondom robek tapi penetrasi tidak terlalu dalam? Apakah selaput dara saya robek?

Kehamilan mungkin terjadi apabila sel telur yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan itu hanya dimungkinkan melalui penetrasi seksual.  Apabila Anda belum pernah melakukan hubungan seksual bersama pasangan maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil. Meski demikian, adanya akses sperma menuju liang vagina yang terjadi saat penetrasi, tetap saja memungkinkan terjadinya kehamilan. 

Selaput dara berbeda-beda bentuknya, ada selaput yang terlalu tebal sehingga menutupi keseluruhan liang vagina, dan ada pula yang sangat tipis, hingga sudah robek tanpa disadari, bahkan sebelum terjadi penetrasi alat kelamin. Oleh sebab itu, tidak selayaknya keutuhan selaput dara dijadikan ukuran keperawanan. 

3. Apakah menelan sperma bisa membuat hamil?

Jika sperma telah tertelan masuk ke  dalam sistem pencernaan, artinya sperma tersebut akan mati dan tidak akan menyebabkan kehamilan seperti yang Anda khawatirkan. 

4. Apakah jika wanita terangsang dan orgasme bisa keluar cairan kental berwarna putih dengan aroma seperti sperma? 

Keluarnya cairan putih saat terjadi rangsangan seksual merupakan fenomena yang normal dan dapat bermanfaat sebagai pelumas saat proses penetrasi. Awalnya, akan terjadi pelebaran pembuluh darah di sekitar dinding vagina dan terjadilah transudasi (produksi cairan lubrikan). Volume, warna, dan bau cairan pelumas yang diproduksi tidaklah sama antara satu wanita dengan wanita lainnya, tergantung kadar hormon reproduksi, tingkat orgasme, dan lain sebagainya.  

5. Apakah bisa hamil jika melakukan hubungan seks sehari setelah mens?

Untuk mengetahui kapan interval masa subur, hal pertama yang harus diketahui adalah bagaimana siklus menstruasi Anda dalam enam bulan terakhir ini. Setelah itu,  baru dapat dihitung kapan masa subur Anda. 

Mengenai apakah ada kemungkinan hamil, saya kira jika Anda melakukan hubungan seks sehari setelah selesai haid, maka kemungkinan terjadi kehamilan sangat minim.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Questions and Answers About Sex (for Parents). Nemours KidsHealth. (Accessed via: https://kidshealth.org/en/parents/questions-sex.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app