5 Manfaat Olahraga Senam Ritmik

Senam ritmik juga merupakan kegiatan yang cocok untuk laki-laki dan perempuan, meskipun sebagian besar atlet senam ritmik di seluruh dunia adalah perempuan. Olahraga jenis ini dapat dilakukan secara individu atau berkelompok, baik dalam duet, trio, kuartet atau kuintet. Berikut adalah beberapa manfaat senam ritmik yang dapat Anda dapatkan jika Anda rutin melakukan olahraga ini:
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Manfaat Olahraga Senam Ritmik

Senam ritmik adalah kegiatan yang menggabungkan gerakan tarian dan balet. Olahraga ini juga menambahkan gerakan akrobatik dan penggunaan instrumen seperti pita, bola dan simpai. 

Meskipun banyak orang meragukan manfaatnya, pada kenyataannya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan olahraga senam ritmis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Meskipun senam ritmik mungkin bukan merupakan salah satu jenis pilihan olahraga favorit, Mungkin setelah membaca artikel ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan olahraga ini.

Secara umum, olahraga senam ritmik sangat disarankan agar anak-anak berusia di atas 6 tahun.

Pada usia di atas 6 tahun, anak-anak mulai mengembangkan orientasi spasial mereka. Mereka juga sudah memiliki kontrol yang lebih baik terhadap tubuh mereka.

Senam ritmik juga merupakan kegiatan yang cocok untuk laki-laki dan perempuan, meskipun sebagian besar atlet senam ritmik di seluruh dunia adalah perempuan. Olahraga jenis ini dapat dilakukan secara individu atau berkelompok, baik dalam duet, trio, kuartet atau kuintet. 

Berikut adalah beberapa manfaat senam ritmik yang dapat Anda dapatkan jika Anda rutin melakukan olahraga ini:

1. Meningkatkan kondisi fisik dan fleksibilitas

Jika Anda pernah melihat gerakan yang dilakukan dalam rutinitas senam ritmik, tentunya Anda memahami apa yang kami maksud. Olahraga ini membutuhkan gerakan yang sulit, yang dapat menguji elastisitas tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Oleh karena itu, tentu saja olahraga ini dapat meningkatkan fleksibilitas seseorang dari tahun ke tahun.

Hal lain yang tidak kalah penting, yaitu stabilitas yang dibutuhkan saat melakukan olahraga ini akan membentuk otot menjadi lebih kuat. Otot yang berkembang akan dapat membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, nafsu makan dan istirahat. 

2. Memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kesadaran akan kondisi sekitar

Selain persyaratan fisik, senam ritmik sangat menekankan pada estetika. Hal ini menandakan bahwa anak-anak perlu menyadari gerakan yang mereka lakukan. 

Oleh karena itu, selain dapat memperbaiki bentuk postur yang buruk, melakukan olahraga senam ritmik dapat membantu seseorang lebih sadar akan lingkungan sekitar dan dapat menghindari terjadinya cedera. Keseimbangan juga akan terlatih dalam olahraga ini.

3. Melatih konsentrasi

Manfaat yang bisa didapatkan dari menjalani senam ritmik bukan hanya dalam segi fisik. Senam ritmik merupakan jenis olahraga yang memerlukan perencanaan tertentu terlebih dahulu, sehingga seorang anak memerlukan fokus yang tinggi terhadap apa yang mereka lakukan.

4. Merangsang koordinasi

Unsur lain yang hadir dalam senam ritmik adalah musik. Karena itu, selain mengasah pendengaran, seseorang akan berada dalam situasi yang mengharuskan mereka untuk mengkoordinasikan gerakan mereka dengan musik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Semua manfaat senam ritmik seperti di atas dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Selain meningkatkan kondisi fisik, melakukan olahraga senam ritmik dapat membantu seseorang untuk mengembangkan propriosepsi mereka sendiri. Sehingga mereka dapat membangun harga diri dan kepercayaan diri.

Seseorang yang menekuni olahraga senam ritmik, perlu berinteraksi dengan anggota kelompok dan pelatih. Sehingga mereka dapat belajar nilai kerja tim, dukungan timbal balik, dan kesenangan kelompok.

Beberapa hal negatif mengenai senam ritmik

Selain manfaatnya, kita juga harus mempertimbangkan argumen yang menentang mengenai jenis olahraga ini. Perdebatan utama berkaitan dengan tuntutan olahraga ini untuk anak kecil.

Ini termasuk tuntutan fisik, dengan gerakan rumit dan yang berisiko, serta komponen mental: olahraga ini mengharuskan seorang anak yang relatif masih berusia muda untuk menghafal dan menyinkronkan gerakan-gerakan yang rumit.

Kondisi ini juga berkaitan dengan masalah fisik, seperti perkembangan anak yang tertunda. Studi yang dilakukan pada atlet elit dalam beberapa dekade terakhir telah mengkonfirmasi efek senam ritmik ini. 

Olahraga jenis ini memiliki tingkat mengalami cedera yang cukup tinggi, khususnya jika dilakukan oleh anak-anak.

Selain itu, persaingan dari olahraga senam ritmik bisa sangat berat, alih alih ingin meningkatkan rasa percaya diri, Olahraga senam ritmik justru dapat membuat seorang Anak mengalami krisis kepercayaan diri.

Namun, semuanya akan tergantung pada bagaimana Anda menjalani olahraga ini. Dan bagi anak-anak sepatutnya untuk tidak terlalu dituntut terlalu berlebihan agar seorang anak harus menang.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bobo-Arce, M. & Rial, Belia. (2013). Determinants of competitive performance in rhythmic gymnastics. A review. Journal of Human Sport and Exercise. 8. S711-S727. 10.4100/jhse.2013.8.Proc3.18.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/262010011_Determinants_of_competitive_performance_in_rhythmic_gymnastics_A_review)
Rhythmic Gymnastics May Help Girls Build Strong Bones. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=116183)
Stretching the Spines of Gymnasts: A Review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4769315/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app