5 Jenis Phobia yang Sering Dialami Manusia

Dipublish tanggal: Apr 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 7, 2019 Waktu baca: 2 menit
5 Jenis Phobia yang Sering Dialami Manusia

Apakah Anda famililar dengan kata phobia? Jika iya, maka apakah yang dimaksud dengan phobia? Menurut para peneliti, phobia merupakan rasa takut yang sangat hebat yang bisa dialami oleh seseorang terhadap sesuatu padahal  objek pemicunya merupakan hal yang wajar bagi banyak orang.

Ketakutan dan kecemasan yang muncul akan mendorong menjadi reaksi beragam seperti menghindari berlebihan, teriakan, menangis histeris, bahkan reaksi tubuh muncul ruam kemerahan seketika.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Biasanya, phobia ini terjadi karena trauma yang sangat mendalam akan kejadian yang berhubungan dengan sesuatu ditakuti tersebut. Sebut saja, ketakutan akan ketinggian diakibatkan trauma mendalam yang sangat berhubungan ketinggian.

Bagi sebagian orang, phobia mungkin menjadi salah satu hal yang cukup tabu. Benar sekali, banyak orang yang tidak percaya akan phobia. Namun, banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwasannya phobia adalah sesuatu yang nyata dan bisa Anda rasakan ketika mengidap phobia ini.

5 Jenis Phobia yang Sering Dialami Manusia

Ada beberapa phobia yang sangat umum bisa dialami oleh manusia, apa sajakah itu? Mari simak beberapa penjelasan singkatnya dibawah ini.

Cynophobia, Ketakutan Mendalam Terhadap Anjing

Phobia paling umum yang bisa dialami manusia adalah phobia terhadap anjing atau biasa disebut cynophobia. Benar sekali, salah satu phobia yang umum dialami oleh banyak orang adalah trauma yang mendalam terhadap anjing.

Biasanya ketakutan ini dialami oleh orang yang punya trauma yang mendalam dengan anjing, seperti pernah digigit anjing atau diserang oleh anjing sehingga membuat trauma yang mendalam terhadap anjing.

Aerophobia, Rasa Takut Untuk Terbang

Rasa takut yang paling umum kedua yang sudah menimpa sekitar 3 juta penduduk bumi, yakni ketakutan untuk terbang atau naik pesawat. Sebuah penelitan menunjukan sekitar 3 juta orang penduduk takut untuk terbang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Walaupun banyak penelitian yang menunjukan survey pesawat merupakan transportasi yang paling aman, namun dengan banyaknya pemberitaan tentang kecelakaan pesawat, sehingga membuat banyak orang takut menaikinya, mungkin termasuk Anda.

Acrophobia, Rasa Ketakutan Luar Biasa Terhadap Ketinggian

Salah satu phobia yang paling umum dialami oleh banyak orang adalah phobia akan ketinggian atau biasanya orang menyebutnya acrophobia. Para penderita acrophobia ini akan sangat takut ketika berada di tempat yang sangat tinggi seperti di pesawat yang terbang, di jembatan yang tinggi, dan juga di Gedung yang sangat tinggi. Rasa takut ketinggian ini dipicu oleh pengalaman buruk dari si korban sehingga bisa membuatnya takut ketinggian.

Ophidiophobia, Rasa Ketakutan Terhadap Ular

Apakah Anda takut dengan ular? Jika iya maka Anda sudah menderita ophidiophobia. Ophidiophobia ini akan membuat Anda membuat Anda takut ketika bertemu dengan ular. Jangankan bertemu langsung dengan ular, hanya sekedar melihat gambarnya saja Anda sudah merasa ketakutan.

Phobia yang mendalam terhadap ular ini biasanya dikarenakan pengalaman pribadi si penderita ophidiophobia atau bahkan orang yang belum pernah bertemu langsung dengan ular.

Arachnophobia, Ketakutan Terhadap Laba-laba Atau Serangga Lainnya

Tahukah Anda, ada salah satu phobia yang paling umum dialami oleh masyarakat? Setidaknya 1 dari 3 perempuan mengalami phobia dengan laba-laba atau dengan serangga lainnya. Phobia ini dinamakan arachnophobia.

Ketika Anda mengalami phobia ini, korban akan merasakan ketakutan ketika bertemu dengan laba-laba. Bahkan di beberapa kasus, korban akan merasa sangat cemas dan ketakutan ketika hanya melihat gambarnya saja.

Walaupun dari sekitar 35000 jenis laba-laba yang pernah ditemukan, hanya sekitar 12 jenis saja yang bisa mengancam manusia, tetap saja ini menjadi salah satu phobia yang sangat sering dialami oleh manusia. Hal ini disebabkan cerita masa lalu yang membuat orang takut dengan laba-laba beracun. Namun, di masa sekarang seharusnya manusia tidak lagi takut laba-laba.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Understanding Phobias and How to Manage Them. Verywell Mind. (Accessed via: https://www.verywellmind.com/living-with-phobias-2671975)
How Many People Have Phobias in the United States?. Verywell Mind. (Accessed via: https://www.verywellmind.com/prevalence-of-phobias-in-the-united-states-2671912)
Fears and Phobias (for Teens). Nemours KidsHealth. (Accessed via: https://kidshealth.org/en/teens/phobias.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Mengapa Seseorang Mengalami Phobia
Mengapa Seseorang Mengalami Phobia

Sebagian orang ada yang bisa dengan mudah mengatasi perasaan takut yang dialami. Tetapi pada beberapa orang yang lain justru rasa takut yang dialaminya tersebut menunjukkan gejala – gejala fisik yang bahkan bisa mengganggu aktivitas orang itu.

Mengenal 10 Jenis Fobia yang Paling Sering Terjadi
Mengenal 10 Jenis Fobia yang Paling Sering Terjadi

Rasa takut yang terjadi mungkin disebabkan oleh faktor genetik dan bawaan, atau mungkin berkembang setelah pengalaman negatif. Berikut 10 jenis fobia yang paling sering ditemukan di masyarakat.

Buka di app