Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

5 Jenis Dance Bantu Bakar Kalori Lebih Banyak

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.286.450 orang

Secara harfiah dance artinya tarian, namun saat ini istilah dance cenderung lebih sering diartikan sebagai modern dance. Gerakan modern dance umumnya lebih energik, bahkan secara medis aktivitas ini baik untuk memicu detak jantung.

Dengan begitu, dance dapat membantu kamu mengatasi masalah kelebihan lemak dan baik untuk membentuk otot. Ditambah lagi banyak orang yang menikmati dance karena iringan musiknya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Saat melakukan berbagai gerakan dance, otot-otot tubuhmu akan terlibat secara kolektif dan dinamis sehingga bisa membakar kalori dalam jumlah besar. Meski demikian, besarnya kalori yang dapat dibakar pada setiap individu tidaklah sama. 

Ini tergantung pada persentase lemak di dalam tubuh, berat badan, kepadatan otot, dan intensitas latihannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis modern dance yang bisa kamu coba jika ingin membakar kalori tubuh lebih banyak.

Jenis latihan dance untuk menguruskan badan

  • Street dance

Dance jenis ini berkembang di jalanan hingga di klub malam oleh mereka yang menyukai kebebasan dalam menari. Hingga kini banyak kategori street dance yang berkembang menurut budaya masing-masing tempat. 

Biasanya mereka melakukan olahraga ini secara berkelompok dan saling beradu gerakan satu sama lain. Intensitas yang diberikan di setiap gerakannya sangat tinggi, sehingga banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Misalnya jika kamu melakukan hip hop dance selama satu jam, maka kalori yang bisa terbakar adalah 610 untuk orang yang bobotnya di atas 80 kg dan 370 untuk berat badan ringan. 

Sementara jenis lainnya seperti break dance mampu menghabiskan kalori di dalam tubuh sebanyak 400-600 kalori per jam.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Modern jive

Tarian modern ini juga dikenal dengan nama LeRock atau Ceroc. Ini adalah penggabungan antara tarian jive dengan swing, namun gerakannya jadi lebih sederhana. Tak perlu melakukan gerakan kaki yang rumit, kamu hanya perlu berbalik badan atau memutar badan. 

Jika dalam satu sesi kamu melakukan tarian modern jive secara intensif, maka kalori yang terbakar bisa mencapai 300-550 atau bahkan lebih.

  • Salsa

Berikutnya ada tarian salsa, yang harus dilakukan secara berpasangan. Tarian ini adalah khas dari negara-negara Latin dan Afro-Caribbean. Gerakannya sangat sederhana, namun sangat hidup karena kedua penari terus berinteraksi dengan penuh gairah, energik dan seksi. 

Hal itu sesuai dengan makna “salsa” dalam bahasa Spanyol yang berarti “saus” (pedas atau panas).

Melakukan tarian salsa bisa membakar kalorimu hingga 405 kalori per jam untuk orang berbobot 63 kg dan sekitar 480 kalori untuk orang berbobot 82 kg ke atas.

  • Ballet

Gerakan balet harus dipelajari secara serius agar tidak menyebabkan cedera. Pasalnya, ballet mengharuskan penarinya bisa bergerak secara luwes dan penuh keanggunan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika sebelumnya kamu belum pernah berlatih balet, kamu harus didampingi instruktur. Setelah mahir, barulah kamu bisa merasakan efek positif menari balet.

Menari balet selama satu jam diperkirakan mampu membakar kalori sebanyak 389-450 kalori. Selain itu gerakan-gerakan balet juga sangat bagus untuk melatih keseimbangan tubuh, fleksibilitas dan kaki yang kuat.

  • Zumba

Zumba menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Tempat latihan zumba pun dibuka di mana-mana. Gerakannya terinspirasi dari tarian Latin, yang mana “zumba” sendiri berasal dari bahasa Kolombia yang artinya gerakan cepat dan bersenang-senang. 

Zumba biasanya diiringi musik yang cepat sehingga cocok untuk latihan kardiovaskular. Kamu juga bisa latihan sendiri di rumah dengan menonton video instruksi karena gerakannya mudah dipelajari.

Orang yang punya berat badan di bawah 77 kg akan bisa membakar kalori sebanyak 350-650 kalori setiap latihan zumba selama satu jam dengan intensitas tinggi. Namun jumlah kalori yang terbakar juga dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti tingkat kebugaran, konten otot dan berat badan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit