5 Cara Turunkan Nafsu Makan yang Terlalu Tinggi

Dipublish tanggal: Agu 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Cara Turunkan Nafsu Makan yang Terlalu Tinggi

Mungkin Anda adalah seseorang yang merasa memiliki nafsu makan yang besar. Hal ini tidaklah salah, tetapi Anda harus dapat membatasi jumlah kalori yang masuk dengan keluar agar tidak menumpuk dan menyebabkan berat badan berlebih (obestitas).

Karena kondisi tersebut tidak hanya mempengaruhi berat badan, tetapi juga dapat berdampak pada faktor kesehatan. Sebenarnya nafsu makan hanyalah sebuah persepsi atau sinyal yang diterima otak dari indera saat melihat adanya makanan atau minuman yang disertai dengan sinyal lapar dari dalam tubuh, terutama jika saat itu lambung sedang kosong.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Terkadang nafsu makan dapat meningkat karena beberapa penyebab, yakni pengaruh hormon, faktor stress, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), dan berbagai faktor lain yang dapat memicu peningkatan nafsu makan.

5 Cara Turunkan Nafsu Makan yang Terlalu Tinggi

Jika tidak dapat diatasi dengan baik, maka nafsu makan yang tinggi bisa mengakibatkan kenaikan berat badan hingga terjadinya obesitas. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menekan nafsu makan.

1. Jangan lewatkan waktu makan

Tubuh bekerja setiap saat meskipun Anda sedang tidur. Salah satu hal yang dilakukan tubuh adalah mencerna makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, tidak baik jika Anda melewati waktu makan dan membiarkan lambung kosong tanpa ada makanan yang masuk selama lebih dari 4 jam.

Anda dapat menghindarkan tubuh dari kelaparan dengan makan teratur 3 kali sehari dan mengonsumsi makanan ringan yang sehat seperti buah atau salad.

Ketika Anda melewati waktu makan biasanya nafsu makan akan menjadi lebih besar pada waktu makan berikutnya. Hal ini terjadi karena Anda tidak dapat membohongi tubuh dengan berpura-pura tidak lapar dengan Anda melewatkan waktu makan.

Contohnya ketika Anda melewatkan waktu makan atau sarapan di pagi hari, maka tubuh akan memproduksi hormon ghrelin. Hormon ini adalah hormon yang terdapat di dalam lambung yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal lapar ke otak yang kemudian menyebabkan nafsu makan Anda meningkat. Maka dari itu, pastikan untuk menikmati sarapan Anda karena juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Melewatkan waktu makan hanya akan membuat tubuh Anda merasa kelaparan dan meningkatkan nafsu makan sehingga Anda cenderung mengonsumsi makanan lebih banyak saat waktu makan berikutnya.

2.  Tidur yang cukup

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur dapat menaikkan berat badan karena akan menjadi kebiasaan untuk menutup rasa lapar dengan mengonsumsi cemilan di malam hari, seperti martabak manis maupun mie instan.

Ketika Anda kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin dan leptin dalam jumlah yang banyak. Kedua hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan. Sehingga ada baiknya untuk memiliki waktu tidur sekitar 7 jam semalam agar dapat menurunkan kadar kedua hormon tersebut. 

Orang yang mengalami insomnia atau susah tidur biasanya akan merasa bosan di malam hari sehingga akan mencari sesuatu yang dapat dilakukan, seperti makan atau ngemil. Hal ini tentu membuat berat badan sedikit bertambah dengan lebih cepat. 

Baca juga: Cara Atasi Sulit Tidur dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

3.  Porsi makan yang pas

Nafsu makan muncul karena adanya rangsangan dari luar, yaitu dari indera penglihatan mata ketika melihat makanan dan hidung ketika mencium bau sedapnya. Itulah sebabnya, tampilan dari makanan sangat mempengaruhi nafsu makan seseorang. Begitu juga dengan porsi yang dilihat oleh mata ketika makanan disajikan.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Orang yang mengonsumsi makanan pembuka dalam porsi kecil dan makanan utama dalam porsi besar menghabiskan energi 56% lebih rendah daripada orang yang disajikan makanan pembuka dan makanan utama dalam porsi yang sama besar.

Kesimpulannya adalah bahwa porsi makanan utama orang tersebut terlalu besar karena mengonsumsi makanan pembuka dalam porsi kecil. Untuk itu, konsumsilah makanan sesuai dengan porsi secukupnya yang disesuaikan juga dengan kebutuhan tubuh Anda.

4.  Perbanyak konsumsi serat

Serat dapat mempengaruhi nafsu makan dengan beberapa cara di antaranya dengan mengganti makanan yang berkalori tinggi. Serat sendiri paling banyak terdapat pada buah dan sayur, di mana penelitian menunjukkan bahwa menambah konsumsi serat sebanyak 14% sehari efektif untuk menurunkan nafsu makan sehingga berat badan turun dengan cepat.

Salah satu cara lain untuk menahan nafsu makan yang meningkat adalah dengan meningkatkan jumlah kunyahan agar makanan lebih mudah dicerna. Hal ini dapat menyebabkan rasa penuh di lambung sehingga nafsu makan secara tidak langsung akan menurun. 

5.  Berpikir sebelum makan

Rasa lapar bisa muncul karena rasa bosan, stress dan emosi. Jika Anda sudah makan dua atau empat jam sebelum adanya rasa lapar, maka kemungkinan Anda mengalami false hunger. Terkadang false hunger membuat bingung apakah itu sinyal dari tubuh atau hanya rasa lapar mata sesaat.

Ketika false hunger muncul, sebaiknya Anda mengarahkan diri untuk melakukan hal yang lain selain makan, seperti bermain atau jalan-jalan keluar rumah. Hal ini dapat menurunkan nafsu makan karena pikiran Anda sudah teralihkan dari rasa lapar yang muncul.

Begitulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan nafsu makan yang berlebihan. Selalu jaga berat badan ideal agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Appetite or Hunger Suppressants. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/appetite-suppressants-3496076)
How to suppress appetite: 10 healthful, evidence-based ways. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320625)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app