5 Cara Terbaik Hilangkan Bulu di Wajah

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Cara Terbaik Hilangkan Bulu di Wajah

Bulu halus terkadang ada di beberapa area tubuh setiap orang, termasuk pada area wajah. Bagi sebagian wanita, keberadaan bulu halus ini bisa mengganggu penampilan karena kurang enak di pandang mata. 

Biasanya bulu halus pada area wajah terdapat di bagian-bagian wajah seperti di dagu bawah,tepi pipi, dahi bahkan di atas bibir yang tampak seperti kumis tipis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menghilangkan bulu halus di wajah Anda tadi. Simak caranya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Bagaimana cara menghilangkan bulu halus di wajah ?

Waxing

Metode waxing sudah menjadi cara yang populer untuk menghilangkan bulu-bulu halus baik di wajah atau kulit tubuh bagian lain, karena keefektifannya. Selain itu, produk waxing sekarang sudah banyak beredar dan sangat bervariasi dari harga hingga bentuknya. Harganya pun relatif terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong Anda tipis. 

Jika Anda memilih menggunakan metode waxing ini, hasilnya bisa bertahan sekitar empat hingga delapan minggu. Yang perlu Anda ingat adalah untuk tetap merawat kulit Anda setelah waxing dan disarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan kulit yang terdapat senyawa kimia kasar/produk-produk exfoliant karena kulit lebih sensitif. Selain itu, gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Karena waxing telah mengangkat lapisan kulit terluar Anda.

Perhatikan juga dalam pemilihan produk waxing yang akan digunakan, pilih yang memang dirancang untuk kulit sensitif. Untuk area kulit yang lebih sensitif, pilih dengan kandungan bahan alami yang diaplikasikan sesuai suhu tubuh. 

Jadi, entah Anda melakukan waxing sendiri di rumah atau di salon kecantikan, tetap pastikan keamanannya untuk kulit Anda agar tidak begitu sakit.

Threading

Prosedur dan hasil dari threading hampir sama dengan metode waxing. Namun, pada metode threading tidak begitu sakit karena tidak mengangkat lapisan kulit teratas Anda. Hasilnya juga hampir sama, dapat bertahan empat hingga delapan minggu lamanya. 

Metode ini dapat menghilangkan bulu-bulu halus di wajah hingga ke akarnya, sehingga bulu baru akan lebih lama muncul jika dibandingkan dengan hanya bercukur.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Cabut bulu

Jasa cabut bulu yang banyak ditawarkan di salon kecantikan biasanya hanya dilakukan ketika touch-up. Hal ini dilakukan dengan cara mencabut bulu-bulu halus yang tersisa setelah Anda melakukan waxing dan biasanya dilakukan oleh asisten kecantikan. 

Hal ini dilakukan karena ketimbang mengulang tahapan waxing lagi. Namun, cabut bulu juga dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Hasilnya pun akan bertahan lama karena cabut bulu ini akan mencabut hingga akar bulunya, sehingga untuk tumbuh baru akan membutuhkan waktu relatif lebih lama.

Terapi laser atau sinar

Metode terapi laser atau sinar ini dilakukan untuk menghilangkan bulu halus di area kulit wajah sudah menjadi sangat populer belakangan ini. Biasanya, terdapat beberapa bagian kulit wajah yang menjadi target utama metode laser yaitu, di sekitar area antara bibir atas dengan hidung (yang biasanya tempat tumbuh kumis), jambang, serta area dagu. 

Hal itu karena pengaruh naik turunnya hormon tubuh. Lantas apa sebenarnya manfaat terapi laser ini ? Ketika Anda rutin melakukan metode terapi laser ini selama tiga puluh menit per sesinya, bulu halus yang tumbuh di area kulit wajah Anda akan menghilang sekaligus nantinya akan tumbuh dengan bulu yang lebih halus dan tipis sehingga tidak begitu tampak. 

Dalam melakukan metode ini, nantinya dokter akan meminta Anda kembali melakukannya setiap empat hingga sepuluh minggu. Tergantung dari sudah seberapa sering Anda melakukan terapi laser ini dan pada bagian mana bulu yang dihilangkan.

Namun, perlu Anda tahu bahwa metode laser tidak direkomendasikan untuk menghilangkan anak rambut di sekitar garis rambut dan terkadang di dahi juga tidak memungkinkan dilakukan. 

Mengapa ? Karena anak rambut terlalu tipis untuk bisa bereaksi terhadap sinar laser dan beresiko kebutaan. Ketika melakukan laser, dokter akan meminta Anda mengenakan kacamata khusus.

Bercukur

Bercukur banyak dilakukan setiap orang akan tetapi hasilnya tidak begitu efektif dan tahan lama, karena silet pisau cukur tidak dapat mencabut bulu hingga akarnya. Bercukur hanya membantu meratakan kulit. Tetapi tidak baik jika terlalu sering dilakukan karena dapat mengelupaskan kulit dan membuatnya iritasi.

Metode bercukur akan berguna saat Anda terburu-buru namun tidak efektif menghilangkan bulu halus untuk jangka waktu lama.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Removing Facial Hair at Home: Comparing Methods of Hair Removal. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/remove-facial-hair#1)
10 Best Facial Hair Removers 2020 - How to Remove Hair from Upper Lip. Women's Health. (https://www.womenshealthmag.com/beauty/g18198089/facial-hair-removing-products/)
How to Remove Facial Hair: 8 Methods That Work. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-remove-facial-hair)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app