13 Cara Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
13 Cara Berhenti Merokok

Merokok merupakan kegiatan yang berbahaya baik untuk perokok pasif maupun aktif. Bila ada kemauan untuk berhenti merokok maka ada kemauan untuk membuat diri sendiri lebih sehat dan menyelamatkan orang-orang sekitarnya dari bahaya asap rokok. 

Menghentikan kebiasaan merokok memang bukan hal yang mudah tetapi bukan berarti tidak mungkin. Perlu dilakuka berbagai cara agar keinginan berhenti merokok dapat terlaksana dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Melakukan tindakan merokok membutuhkan usaha yang maksimal mulai dari tekad, komitmen, dan kesabaran. Untuk melatih diri terbebas dari kebiasaan merokok ada banyak cara.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mensukseskan keinginan untuk berhenti merokok:

Mengelola Stress

Stress memang hal yang sering mengganggu pikiran dan seseorang membutuhkan kegiatan yang bisa mengurangi stress. 

Beberapa orang menganggap dengan merokok dapat menjadikan diri lebih tenang dan rileks. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berhenti merokok lebih baik menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa memicu stress. 

Namun bila terpaksanya kondisi itu muncul maka cari solusi lain selain merokok untuk menenangkan diri seperti melakukan yoga, pijat atau mendengarkan musik.

Hindari Pemicu

Hindari pemicu maksudnya Anda harus mulai menjauhkan diri dari beberapa kebiasaan yang menyebabkan merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Seperti setelah makan harus mengonsumsi rokok, gantilah kebiasaan ini dengan mengunyah permen setelah makan. Kemudian hindari mengobrol di kedai kopi sambil merokok dengan teman.

Terapi Penggantian Nikotin (Nicotine-Replacement Therapy/ NRT)

Terapi penggantiaan nikotin ini bagi Anda yang benar-benar sudah kecanduan nikotin dan akan merasa frustasi bila tidak mengonsumsinya. 

Terapi ini dilakukan dengan memasukkan nikotin ke dalam tubuh dalam dosis yang rendah. Tentu nikotin yang dimaksud di sini berbeda dengan nikotin yang ada di dalam rokok. 

Nikotin yang digunakan tidak mengandung unsur-unsur yang berbahaya bagi tubuh. Untuk penggunaan media dalam NRT bisa menggunakan semprotan ke mulut atau hidung, permen karet, tablet, hingga plester yang ditempel ke dalam tubuh.

Libatkan Keluarga dan Teman Dekat

Kondisi orang-orang sekitar memang akan sangat mendukung untuk berhenti merokok. Orang-orang sekitar diharapkan ikut mendukung dan membantu mengingatkan untuk tidak merokok.

Terapi Perilaku

Teerapi perilaku merupakan bentuk konseling yang membantu untuk fokus pada strategi berhenti merokok. Dalam hal ini Anda akan berbicara kepada konselor. Biasanya untuk memaksimalkan terapi perilaku diikuti dengan terapi penggantian nikotin atau obat-obatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah dalam hal ini untuk menghilangkan aroma rokok. Anda bisa menggunakan pengharum ruangan setelah rumah bersih.

Olahraga

Berkumpul dengan orang-orang yang suka berolahraga akan ikut membantu Anda untuk jauh dari rokok. Selain itu dengan olahraga akan lebih menjaga kebugaran dan menghindarkan seseorang dari stress.

Pola Makan Sehat

Saat mengonsumsi rokok biasanya selera makan seseorang akan mengalami penurunan. Setelah berhenti merokok, maka Anda dapat memulai untuk mengisi tubuh dengan nutrisi-nutrisi dengan lebih maksimal.

Pikirkan Keuntungannya

Berhenti merokok akan memberikan keuntungan dalam kesehatan dan kehidupan Anda, seperti:

  • Dana yang biasanya digunakan untuk membeli rokok dapat dialihkan untuk membeli kebutuhan lainnya atau ditabung
  • Menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan kanker
  • Menghilangkan bau mulut yang tidak sedap akibat merokok
  • Kulit akan lebih cerah 
  • Orang-orang yang Anda sayangi akan terhindar dari bahaya asap rokok

Hipnosis

Hipnosis dapat dilakukan oleh orang yang professional untuk membantu seseorang lebih rileks, mampu berkonsentrasi hingga mendengarkan saran untuk berhenti merokok.

Akupuntur

Meski teknik akupuntur belum terbukti secara ilmiah untuk membantu mensukseskan berhenti merokok namun tidak ada salahnya jika Anda mau mencoba.

Obat-obatan

Bila usaha di atas belum berhasil, maka Anda bisa pergi ke dokter untuk meminta resep obat yang dapat meredakan hasrat untuk mengonsumsi nikotin.

Terus Berusaha

Meskipun mencoba berulang kali untuk berhenti merokok, Anda tidak boleh berhenti mencoba. Karena tidak semua orang bisa langsung berhenti merokok setelah mencoba satu cara.

Untuk berhenti merokok, Anda bisa melakukannya secara perlahan tetapi ada target untuk bisa sepenuhnya berhenti merokok. 

Anda bisa memulainya dengan mengurangi frekuensi merokok setiap harinya hingga kalau perlu meminta saran kepada dokter untuk berhenti merokok. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
NHS stop smoking services help you quit. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/nhs-stop-smoking-services-help-you-quit/)
What happens after you quit smoking? A timeline. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317956)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app