10 Cara Tai Chi Dapat Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 26, 2020 Waktu baca: 3 menit
10 Cara Tai Chi Dapat Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda

Apa itu Tai Chi?

Tai chi adalah bentuk latihan yang dimulai sebagai tradisi Cina. Berbasis dari seni bela diri, dan melibatkan gerakan lambat dan napas dalam-dalam. 

Tai chi memiliki banyak manfaat fisik dan emosional. Beberapa manfaat tai chi termasuk penurunan kecemasan dan depresi dan perbaikan dalam kognisi. Olahraga ini juga dapat membantu Anda mengelola gejala beberapa penyakit kronis, seperti fibromyalgia atau obstructive pulmonary disease (COPD).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca terus artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan risiko tai chi, dan bagaimana Anda dapat mulai berlatih latihan ini.

1. Mengurangi stres

Salah satu manfaat utama tai chi adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Pada 2018, satu studi membandingkan efek tai chi pada kecemasan terkait stres dengan olahraga tradisional. Penelitian ini melibatkan 50 peserta. 

Para peneliti menemukan bahwa tai chi memberikan manfaat yang sama untuk mengelola kecemasan terkait stres dengan olahraga. 

Karena tai chi juga mencakup meditasi dan pernapasan terfokus, para peneliti mencatat bahwa tai chi mungkin lebih unggul daripada bentuk olahraga lain untuk mengurangi stres dan kecemasan. 

Tai chi sangat mudah diakses dan berdampak lebih rendah daripada banyak bentuk olahraga lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Para peneliti menemukan bahwa olahraga taichi lebih aman dan mudah, jadi dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda sehat dan mengalami kecemasan terkait stres.

2. Meningkatkan mood

Tai chi dapat membantu meningkatkan suasana hati jika Anda mengalami depresi atau kecemasan. Suatu penelitian menunjukkan bahwa berlatih tai chi secara teratur dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi. 

Dipercayai bahwa napas dan gerakan yang lambat dan sadar memiliki efek positif pada sistem saraf dan hormon pengatur suasana hati.

3. Tidur yang lebih baik

Berlatih tai chi secara teratur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tai chi juga dapat meningkatkan tidur untuk orang dewasa yang lebih tua. 

4. Mempromosikan penurunan berat badan

Berlatih tai chi secara teratur dapat menurunkan berat badan. Suatu studi penelitian dilakukan pada sekelompok orang dewasa yang berlatih tai chi lima kali seminggu selama 45 menit. 

Pada akhir 12 minggu, orang dewasa ini mengalami penurunan berat badan tanpa melakukan perubahan gaya hidup tambahan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

5. Meningkatkan kognisi pada orang dewasa yang lebih tua

Tai chi dapat meningkatkan kognisi pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif. 

Selain itu, tai chi juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan keterampilan fungsi eksekutif seperti memberi perhatian dan melakukan tugas-tugas kompleks.

6. Mengurangi risiko jatuh pada orang dewasa yang lebih tua

Tai chi dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan fungsi motorik serta mengurangi rasa takut jatuh pada orang dewasa yang lebih tua. 

Rasa ketakutan akan jatuh dapat mengurangi kemandirian dan kualitas hidup, dan dapat menyebabkan komplikasi serius. 

Olahraga tai chi dapat menawarkan manfaat tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umum.

7. Meningkatkan gejala fibromyalgia

Hasil dari studi penelitian menunjukkan bahwa praktik tai chi yang konsisten dapat mengurangi gejala fibromyalgia pada beberapa orang. 

Peserta dalam penelitian yang berlatih tai chi selama 52 minggu menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam gejala terkait fibromyalgia mereka bila dibandingkan dengan peserta yang berlatih aerobik. 

8. Memperbaiki gejala-gejala PPOK

Tai chi dapat memperbaiki beberapa gejala penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

9. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan pada penderita Parkinson

Dalam uji coba terkontrol secara acak terhadap 195 partisipan, praktik teratur tai chi ditemukan untuk mengurangi jumlah jatuh pada orang pada penderita penyakit Parkinson

Tai chi juga dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan kaki dan keseimbangan keseluruhan.

10. Aman untuk penderita penyakit jantung koroner

Tai chi adalah bentuk latihan moderat yang aman yang dapat dicoba jika Anda memiliki penyakit jantung koroner. Latihan tai chi reguler dapat membantu Anda:

  • meningkatkan aktivitas fisik
  • menurunkan berat badan
  • meningkatkan kualitas hidup Anda

Apakah Tai Chi aman?

Tai chi umumnya dianggap sebagai latihan yang aman dengan sedikit efek samping. Anda mungkin mengalami sakit atau kesakitan setelah berlatih tai chi jika Anda seorang pemula. 

Bentuk tai chi yang lebih ketat dan praktik tai chi yang tidak tepat dikaitkan dengan peningkatan risiko cedera sendi. Terutama jika Anda baru mengenal tai chi, cobalah latihan olahraga ini dengan ahli instruktur untuk mengurangi risiko cedera.

Bagaimana Tai Chi berbeda dari yoga?

Tai chi menekankan pergerakan cairan dan berakar dalam budaya Cina. Yoga berfokus pada berpose dan berasal dari India Utara.

Baik tai chi dan yoga adalah bentuk latihan yang melibatkan meditasi dan pernapasan dalam, dan mereka memiliki manfaat yang sama, seperti:

  • mengurangi stres
  • meningkatkan mood
  • meningkatkan kualitas tidur

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zheng S, et al. (2018). The effects of twelve weeks of tai chi practice in stressed but healthy people compared to exercise and wait-list groups–A randomized controlled trial. DOI: (https://doi.org/10.1002/jclp.22482)
Yeung A, et al. (2017). Qigong and tai-chi for mood regulation. DOI: (https://doi.org/10.1176/appi.focus.20170042)
Wu W, et al. (2018). Effects of tai chi on exercise capacity and health-related quality of life in patients with chronic obstructive pulmonary disease: A systematic review and meta-analysis. DOI: (https://dx.doi.org/10.2147%2FCOPD.S70862)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app