Waspadai Ciri Ciri Kanker Payudara Sejak Dini

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Apr 8, 2021 Waktu baca: 3 menit
Waspadai Ciri Ciri Kanker Payudara Sejak Dini

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Penyakit kanker payudara (breast cancer) merupakan penyakit kanker yang harus diwaspadai oleh wanita setelah kanker serviks
  • Ciri ciri kanker payudara adalah munculnya benjolan pada payudara dan disertai rasa gatal dan nyeri, serta perubahan kulit di area payudara
  • Jika kondisi kelainan payudara itu terjadi, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih mendalam. Salah satunya dengan metode mamografi
  • Pesan paket paket pemeriksaan kesehatan atau medical check up untuk mendeteksi risiko kanker payudara melalui HDmall 
  • Klik untuk membeli obat kanker payudara melalui apotik online HDmall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD

Segala jenis kanker memiliki fase dini yang disebut stadium 1, begitupun juga dengan kanker payudara (breast cancer). Bahkan pada kanker payudara sendiri, diawali dengan munculnya benjolan yang berukuran kurang lebih 2 cm pada payudara yang kemudian akan menyebar ke kelenjar getah bening di bagian ketiak dan area sekitar payudara.

Kanker payudara sendiri merupakan penyakit kanker yang harus diwaspadai oleh wanita setelah kanker serviks. Walaupun belum diketahui penyebab pasti dari kanker payudara, tetapi umumnya kondisi ini disebabkan oleh terjadinya kerusakan sel dan mutase genetik. Selain itu, seseorang baru akan menyadarinya ketika sudah terserang oleh sel kanker itu sendiri dan terjadi pertumbuhan dan kerusakan jaringan payudara, seperti pada saluran air susu, lobulus, dan jaringan lain di area payudara.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Oleh karena itu, para wanita perlu mengetahui tanda apa saja yang terjadi jika mengalami kelainan payudara, baik berupa tumor maupun sel kanker. Jika merasakan ciri ciri kanker payudara seperti yang disebutkan di bawah ini, maka perlu segera dilakukan pemeriksaan, baik saat melakukan pemeriksaan sendiri atau SADARI atau pemeriksaan klinis di rumah sakit berupa mamografi atau metode lainnya.

Baca juga: Mammografi untuk Mengetahui Kondisi Payudara

Faktor resiko kanker payudara

Bagi wanita yang mempunyai gaya hidup kurang sehat, Anda mungkin akan lebih berisiko dibandingkan dengan wanita lainnya. Berikut ini beberapa faktor resiko yang dapat menjadi penyebab kanker payudara:

  1. Kebiasaan merokok
  2. Mengonsumsi alkohol
  3. Berusia 40 tahun ke atas
  4. Obesitas
  5. Terkena paparan radiasi secara berlebihan
  6. Mengalami gangguan hormon
  7. Menstruasi pertama pada usia di bawah 12 tahun
  8. Menopause saat usia lebih tua
  9. Faktor genetik (keturunan)

Ciri ciri kanker payudara

Anda harus mewaspadai ciri ciri kanker payudara meskipun Anda tidak memiliki faktor resiko yang telah disebutkan di atas, karena penanganan kanker payudara secara cepat terutama ketika masih berada pada stadium 1 memiliki harapan hidup dan kesembuhan yang lebih baik. 

Berikut ini beberapa tanda terjadinya kanker payudara stadium 1 yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Muncul benjolan pada payudara

Meskipun benjolan yang muncul pada payudara tidak sakit, Anda tetap harus mewaspadainya. Jika Anda mendapati benjolan tersebut pada area payudara, Anda perlu merabanya perlahan dan segera memeriksakannya ke rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Penanganan lebih awal dapat membantu proses penyembuhan menjadi lebih besar.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

2. Kulit payudara berubah warna

Perubahan kulit pada payudara harus lebih diwaspadai dibandingkan dengan benjolan pada payudara karena jika warna kulit sudah berubah maka hal tersebut menandakan bahwa sel kanker sudah menyerang. Perubahan warna pun akan menjadi kemerahan dengan timbulnya iritasi, perubahan tekstur dan warna kulit yang berubah menyerupai kulit jeruk dan permukaan kulit payudara tampak berlekuk-lekuk serta menebal.

3. Sakit dan gatal pada puting payudara 

Ketika muncul perubahan warna pada puting payudara dan disertai nyeri, hal ini juga merupakan ciri ciri kanker payudara stadium awal. Bahkan, cairan tidak normal mungkin akan keluar dari puting atau puting payudara akan lebih menjorok ke dalam. Selain itu, jika ada rasa gatal pada payudara mungkin bisa jadi hal tersebut juga menjadi salah satu ciri ciri kanker payudara.

Baca juga: Penyebab Gatal pada Puting Payudara

4. Muncul benjolan pada ketiak

Ketiak adalah area yang biasanya terkena efek dari kanker payudara. Jika muncul benjolan pada ketiak, Anda harus waspada karena itu bisa jadi ciri ciri kanker payudara dan bisa menimbulkan risiko penyebaran terjadi dengan cepat melalui kelenjar getah bening di area ketiak.

Cara mendeteksi ciri ciri kanker payudara

Untuk mengenali ciri ciri kanker payudara stadium 1 bisa dilakukan dengan cara beikut:

  • SADARI. Anda disarankan untuk rajin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulan. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah setiap seminggu pasca menstruasi. Hal ini penting dilakukan untuk mendeteksi adanya kejanggalan pada payudara sedini mungkin
  • Pemeriksaan dini kanker. Hal ini meliputi pemeriksaan fisik payudara untuk mendeteksi adanya risiko kanker payudara pada stadium awal
  • Mammografi atau USG payudara. Pemeriksaan mamografi dapat membantu mengetahui adanya kejanggalan pada payudara melalui teknik pemindaian gambar dengan sinar rontgen dosis rendah

Kanker payudara memang bisa menjadi silent killer yang cukup banyak menyerang kaum hawa dan seringkali telat ditangani. Kanker payudara juga merupakan salah satu dari dua jenis penyakit kanker yang tak kalah mematikannya selain kanker serviks. 

Maka dari itu, untuk mengurangi resiko kanker payudara, Anda harus mulai menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan SADARI serta berkonsultasi ke dokter terutama jika Anda memiliki ibu atau anggota keluarga lain yang menderita kanker payudara.

Baca juga: Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Penting Dilakukan

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app