Penyebab Gatal pada Puting Payudara

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Gatal pada Puting Payudara

Rasa gatal pada puting payudara bisa menjadi salah satu pertanda dari suatu penyakit yang ringan atau parah. Hal ini juga bisa disebabkan hanya karena kulit kering lalu muncul rasa gatal, tetapi bisa juga menjadi salah satu tanda yang cukup parah, seperti pertanda penyakit kanker payudara.

Meski rasa gatal membuat Anda ingin menggaruk, tetapi sebaiknya Anda berhati-hati dalam melakukannya karena hal tersebut bisa memperburuk keadaan terutama merusak kulit yang ada di sekitar payudara dan menimbulkan tanda kemerahan, pecah-pecah, kulit menebal, hingga timbulnya peradangan dan pembengkakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Berikut ini adalah beberapa macam penyebab gatal pada puting payudara, mulai dari kulit kering hingga penyakit kanker payudara yang perlu Anda ketahui beserta cara penanganannya.

Penyebab rasa gatal di puting payudara

Mastitis

Kondisi ini merupakan permasalahan yang paling sering dialami oleh ibu menyusui di mana munculnya peradangan pada jaringan payudara. Ketika terjadi mastitis, puting payudara akan terasa gatal, bengkak, memerah, nyeri, dan bahkan perih saat menyusui karena terjadi penyumbatan pada saluran air susu atau jaringan payudara yang telah terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Masa kehamilan

Saat hamil, payudara akan membesar karena terjadinya peningkatan aliran darah di sekitar payudara yang disebabkan karena adanya perubahan hormon. Kondisi inilah yang dapat memicu rasa gatal pada puting payudara, kulit mengelupas di sekitar payudara, bahkan payudara terasa nyeri dan lebih sensitif. Untuk membantu mengatasi kondisi ini, Anda dapat mengoleskan petroleum jelly yang memiliki kandungan vitamin E atau cocoa butter pada payudara.

Gesekan dengan pakaian

Puting payudara akan terasa gatal ketika terjadi iritasi. Hal ini bisa disebabkan karena adanya gesekan pada pakaian atau pemakaian bra yang terlalu sempit. Penggunaan parfum, sabun, dan pakaian berbahan wol juga bisa memperparah kondisi gatal pada payudara. Selain itu, jika Anda senang berolahraga terutama lari dan merasa gatal pada payudara mungkin Anda juga mengalami iritasi akibat pengaruh keringat berlebih di sekitar area payudara.

Kanker payudara

Penyakit kanker payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya yang cukup banyak terjadi pada kaum wanita. Gejala kanker payudara biasanya diawali dengan rasa gatal disertai dengan kemerahan pada payudara, munculnya benjolan di payudara, keluarnya cairan dari puting payudara, serta adanya perubahan warna kulit di sekitar payudara.

Baca selengkapnya: Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara Sejak Dini

Cara menangani rasa gatal pada puting payudara

Cara menangani rasa gatal pada puting payudara harus diketahui berdasarkan penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab beserta cara penanganan gatal pada payudara:

  1. Bagi Anda penderita eksim: Jika mengalami eksim artinya kelembapan alami kulit Anda harus ditingkatkan dengan menggunakan pelembap. Hindari penggunaan zat yang dapat membuat iritasi kulit seperti penggunaan sabun, parfum, deterjen atau pewarna sembarangan. Pengobatan eksim sendiri bisa diatasi dengan salep yang mengandung emolien dan kortikosteroid
  2. Bagi Anda yang suka berolahraga: Lindungi puting payudara Anda agar tidak bergesekan dengan pakaian saat berolahraga atau berlari. Anda juga dapat menggunakan krim petroleum jelly sebagai tambahan serta memakai bra yang tidak terlalu ketat dan nyaman digunakan
  3. Bagi Anda iIbu hamil dan ibu menyusui: Gunakan bra dari bahan katun agar aliran udara pada payudara berjalan lancar. Selain itu, hindari penggunaan sabun berbahan keras karena akan memperparah rasa gatal. Sebagai tambahan, ibu hamil dan ibu menyusui dianjurkan untuk mengolesi puting dengan parafin putih lunak atau lanolin murni untuk mengurangi rasa gatal

Jika beberapa kondisi di atas termasuk rasa gatal yang masih terus dialami terjadi dalam waktu yang cukup lama, Anda perlu segera memeriksanya ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Selain itu, jika Anda mengalami beberapa gejala lain seperti demam, nyeri, keluar darah, keluar cairan kuning atau cokelat, penurunan berat badan, atau terjadi perubahan warna kulit sekitar payudara Anda perlu mewaspadai karena itu dapat menjadi pertanda awal terjadinya kanker payudara.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Eczema of the Nipple. Breastcancer.org. (Accessed via: https://www.breastcancer.org/symptoms/benign/eczema-of-the-nipple)
Why Do My Breasts Itch Inside?. Health Essentials from Cleveland Clinic. (Accessed via: https://health.clevelandclinic.org/why-do-my-breasts-itch-inside/)
Causes of Itchy Breasts Beyond Breast Cancer. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/when-do-itchy-breasts-indicate-breast-cancer-513764)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app