Upaya Mencegah Narkoba dan Rokok pada Anak

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Upaya Mencegah Narkoba dan Rokok pada Anak

Hingga saat ini pemakaian rokok dan narkoba di kalangan remaja hampir tak dapat dicegah lagi. Setiap orang dapat dengan mudah memperoleh rokok ataupun narkoba dari lingkungan sekitar. 

Kondisi ini sangatlah memicu peningkatan kebiasaan merokok pada remaja. Dampaknya, berbagai efek negatif dari kesehatan tubuh sampai perilaku dapat dialami.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Rokok dan Narkoba di Kalangan Remaja Indonesia

Jumlah pecandu narkoba dan rokok yang ada di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan tersebut didominasi oleh kalangan anak muda berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, terdapat peningkatan angka prevalensi perokok pada tahun 1995 sampai 2013 yaitu dari angka 27% sampai 36,3%.

Itu berarti bahwa jika 20 tahun lalu, setiap 3 orang Indonesia ada 1 orang di antaranya yang merokok, maka sekarang meningkat menjadi setiap 3 orang Indonesia ada 2 orang di antaranya yang merokok. Perbandingan yang menunjukkan peningkatan tersebut adalah fakta mengerikan yang harus dihadapi.

Berdasarkan data dari BNN (Badan Narkotika Nasional), pemakai narkoba di Indonesia mencapai 5,9 juta orang pada 2015. Survei yang dilakukan BNN juga menunjukkan bahwa angka prevelensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan rumah tangga khusus yaitu lingkungan kos ataupun kontrakan lebih besar, dibandingkan di rumah tangga umum.

Tingkat pengetahuan masyarakat mengenai bahaya narkoba memang sudah cukup baik. Akan tetapi, upaya pencegahan pemakaian narkoba masih rendah. Perlu upaya komunikasi, informasi, dan edukasi yang lebih optimal dalam upaya pencegahan mengenai bahaya narkoba. Semua pihak juga harus bekerja sama dalam upaya pencegahan pemakaian narkoba.

Bagaimana Cara Orang Tua Menjauhkan Anak dari Rokok dan Narkoba?

Orang tua punya peran penting untuk memberikan pendidikan sejak dini kepada anak, termasuk mengenai bahaya narkoba. Berikut inilah beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua dalam rangka menjauhkan anak dari narkoba dan rokok.

Menjalin Komunikasi Sejak Dini Tentang Bahaya Rokok dan Narkoba

Sudah seharusnya orang tua selalu memantau kebiasaan anak. Orang tua harus mencegah penyalahgunaan narkoba yang dilakukan anaknya. Pemantauan harus dilakukan secara intensif untuk menjauhkan anak dari kebiasaan negatif.

Iklan dari HonestDocs
Beli Antidot via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 17

Lakukanlah komunikasi sejak dini dengan anak mengenai zat yang terkandung di dalam rokok beserta bahayanya untuk kesehatan tubuh. Jelaskan setiap efek negatif yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan dari segi fisik, psikologis, dan perilaku. Semua ini sangat penting bagi masa depan anak.

Fokus terhadap Hal Positif

Latihlah si kecil untuk mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab. Langkah ini sangat diperlukan dalam menjaga perilaku dan gaya hidup anak. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang fokus terhadap hal positif untuk anak. Jangan pernah Anda melewatkan kesempatan memuji pencapaian anak demi meningkatkan harga dirinya.

Si kecil juga harus dibiarkan aktif berolahraga, berorganisasi, dan kegiatan positif lainnya yang disukai. Berikutnya, jangan lupa meluangkan waktu bersama anak. Hal ini sangat penting untuk membina dirinya agar memahami keputusan yang baik dengan memberikan nasihat. 

Dengan langkah ini, anak bisa terhindar dari pengaruh orang lain, termasuk untuk menggunakan narkoba.

Mencontohkan Kebiasaan yang Baik

Kebiasaan anak tidak jauh berbeda dengan orang tuanya. Anak cenderung mencontoh perilaku orang tuanya. Jika Anda merokok, maka anak sangat berpotensi merokok. 

Sama halnya ketika Anda mengonsumsi narkoba ataupun alkohol, anak akan menirunya. Untuk itu, hindarilah kebiasaan buruk tersebut agar anak terhindar dari pergaulan dan kebiasaan yang salah.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Menerapkan Peraturan di Rumah

Melarang anak untuk mengkonsumsi rokok, narkoba, dan minuman beralkohol harus dilakukan. Peraturan tersebut juga harus spesifik, konsisten, serta masuk akal. Sebagai contoh, Anda harus menjelaskan konsekuensi mengonsumsi zat adiktif yang berbahaya tersebut.

Jika anak melanggar, terapkan juga konsekuensi yang bisa membuat jera. Alangkah baiknya, diskusikan mengenai konsekuensi atas pelanggaran tersebut dengan anak. Jika bersepakat, maka kemungkinan anak untuk melanggar akan jauh lebih kecil.

Keharmonisan Keluarga

Penyebab penyalahgunaan rokok, narkoba, dan minuman beralkohol di kalangan remaja memang sering terjadi dan harus segera dihentikan agar tidak merusak masa depannya. Penyebab terbesar kebiasaan negatif tersebut adalah ketidakharmonisan keluarga

Untuk itu, jagalah keharmonisan keluarga Anda demi menjaga hubungan kasih sayang di rumah. Anak tidak akan mencari kebahagiaan di luar rumah. Ia tidak akan terjerumus ke gaya hidup yang rusak.

Itulah berbagai cara yang harus dilakukan orang tua demi menyelamatkan anak dari bahaya rokok dan narkoba. Jangan sampai masa depan anak rusak karena tidak ada pencegahan sebelumnya. Berikan yang terbaik untuk anak Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to talk to your child about drugs. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/talking-about-drugs-with-your-child/)
I Caught My Kid Vaping. What Should I Do Now?. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/i-caught-my-kid-vaping-what-should-i-do)
Teen drug abuse: Help your teen avoid drugs. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/teen-drug-abuse/My01099)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Terapkan Cara Terbaik Menjauhkan Anak dari Rokok dan Narkoba
Terapkan Cara Terbaik Menjauhkan Anak dari Rokok dan Narkoba

Kemudahan akses dan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadi pemicu yang tidak bisa diremehkan dampaknya. Oleh karena itu sebagai orangtua Anda perlu melakukan tindakan pencegahan di bawah ini sebagai langkah utama.

Buka di app