Trik Menghilangkan Rasa Asam dan Pahit Ketika Tidak Merokok

Dipublish tanggal: Mei 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Trik Menghilangkan Rasa Asam dan Pahit Ketika Tidak Merokok

Trik Menghilangkan Rasa Asam dan Pahit Ketika Tidak Merokok

Rasa asam yang ditimbulkan ketika tidak merokok memang cukuplah menyebalkan. Bagi perokok aktif, hal inilah yang menjadikan para perokok aktif mengalami kesulitan untuk menghilangkan rasa asam ketika tidak merokok. Rasa asam pada mulut merupakan imbas dari kebiasaan buruk merokok. Hal ini dikarenakan rokok memiliki kandungan berupa zat kimia yang cukup membahayakan kesehatan tubuh.

Mulut yang asam menjadi salah satu tanda bahwa mulut Anda dalam kondisi yang buruk dan tidak sehat. Rokok dapat memberikan perubahan pada sistem saraf yang ada pada lidah Anda. Untuk Anda sebagai perokok aktif akan memiliki lidah dengan permukaan bintil-bintil sebagai rangsangan saraf dari bagian luar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Untuk menghindarkan rasa asam pada lidah, maka Anda harus bisa menghentikan kebiasaan merokok. Sedangkan kebiasaan merokok tidak hanya membuat lidah asam saja, akan tetapi juga akan memberikan efek samping berupa lidah yang pahit dan mengalami kerusakan pada bagian organ yang telah terpapar melalui zat kimia dalam rokok. Anda bisa menghilangkan rasa pahit dan asam ketika tidak merokok melalui trik sederhana berikut ini, diantaranya:

Mengunyah permen karet untuk memberikan rasa manis
Langkah pertama yang mudah untuk Anda lakukan agar terhindarkan dari mulut yang pahit atau asam ketika tidak merokok yaitu dengan mengunyah permen biasa maupun permen karet. Anda bisa menyediakan permen biasa atau permen karet di kantong, di tas atau dimana pun. Apabila rasa ingin merokok tersebut muncul atau lidah mulai merasa asam dan pahit, Anda bisa langsung mengunyah permen karet.

Konsumsi jus wortel setiap harinya
Mengkonsumsi jus wortel dapat menghindarkan Anda dari lidah asam dan pahit serta menjauhkan Anda dari rasa ingin merokok. Kandungan wortel yang berupa zat antioksidan berguna dalam menyehatkan tubuh karena paparan racun yang ada di dalam rokok. Wortel tidak hanya bagus untuk kesehatan mata saja, akan tetapi wortel juga ampuh membantu Anda dalam mengatasi kebiasaan merokok.

Cobalah untuk minum air garam saat rasa asam mulai muncul
Ketika rasa asam dan pahit pada lidah mulai Anda rasakan, cobalah untuk meminum air garam. Dibalik rasanya yang asin, ternyata air garam ampuh untuk menghilangkan rasa pahit dan asam dalam lidah sekaligus menahan diri Anda akan keinginan merokok. Cara ini sangatlah sederhana untuk Anda coba, karena Anda bisa menemukan garam di dapur tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Minumlah susu untuk menghindarkan rasa pahit dalam mulut
Rasa pahit pada lidah karena tidak merokok, jangan membiarkan diri Anda kembali ke kebiasaan buruk untuk merokok. Ada cara paling ampuh yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan perasaan untuk merokok, yaitu dengan mengkonsumsi susu. Susu tidak hanya mencegah keinginan untuk merokok, akan tetapi susu juga berguna untuk menghindarkan rasa asam dan pahit pada lidah.

Menghentikan kebiasaan merokok memang tidaklah mudah dilakukan bagi siapa pun. Namun di balik sulitnya menghentikan kebiasaan merokok, masih ada beberapa trik sederhana yang bisa untuk Anda lakukan, seperti ke 4 tips sederhana yang ada di atas. Hal terberat yang sering kali menggagalkan perokok aktif untuk menghentikan kebiasaan merokok yaitu karena rasa asam dan pahit pada lidah.

Jika Anda ingin menghilangkan rasa pahit yang Anda rasakan di lidah, maka Anda jangan mudah tergiur untuk merokok kembali. Namun tahan diri Anda agar tidak merokok dan lakukan keempat tips di atas.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Effect of cigarette smoke on gustatory sensitivity, evaluation of the deficit and of the recovery time-course after smoking cessation. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5329949/)
Sour Taste in Your Mouth? Here Are the 7 Most Common Causes. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/sour-taste-in-your-mouth-here-are-the-7-most-common-causes/)
Causes of a Sour or Bitter Taste in the Mouth. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/what-causes-sour-taste-in-the-mouth-1742994)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app