Tips-Tips Berguna Untuk Membantu Anak Anda Melakukan PR Sekolah

Mengasuh anak remaja adalah ujian kesabaran dan kebijaksanaan. Apakah Anda ingin tahu tips praktis untuk membantu anak remaja Anda fokus pada PR mereka? Pada artikel ini akan memberikan lima tips-tips cerdas mengenai bagaimana cara memotivasi anak remaja Anda untuk melakukan PR sekolah mereka.
Dipublish tanggal: Agu 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 27, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips-Tips Berguna Untuk Membantu Anak Anda Melakukan PR Sekolah

Apakah Anda terus-menerus mengomeli anak remaja untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya? Apakah anak  yang rajin tiba-tiba mengabaikan akademisnya? 

Mengasuh anak remaja adalah ujian kesabaran dan kebijaksanaan. Apakah Anda ingin tahu tips praktis untuk membantu anak remaja  fokus pada PR mereka? Pada artikel ini akan memberikan lima tips-tips cerdas mengenai bagaimana cara memotivasi anak remaja  untuk melakukan PR sekolah mereka. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

5 tips penting untuk membuat anak remaja Anda mengerjakan PR sekolah

Berikut adalah beberapa trik cerdas yang dapat membantu Anda mengetahui bagaimana membuat anak remaja  mengerjakan pekerjaan rumah mereka.

1. Bicaralah kepada anak 

Komunikasi terbuka dengan anak remaja  akan membantu Anda memahaminya dengan lebih baik.

  • Berbicara secara teratur kepada anak remaja akan membuat anak berbagi keprihatinannya dengan Anda secara lebih terbuka. 
  • Tanyakan kepada anak remaja mengapa dia tidak ingin mengerjakan PR mereka.
  • Jika anak sebelumnya melakukan proyek-proyeknya dan tiba-tiba kehilangan minat, cobalah dan cari tahu mengapa ia kehilangan minat.
  • Pastikan mendengarkan dengan pikiran terbuka dan mencoba memahami alasannya mengabaikan pekerjaan rumahnya. 

2. Tingkatkan semangatnya

Dalam beberapa kasus, anak remaja  mungkin tidak dapat memahami subjeknya.

  • Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah duduk bersama dan berbicara.
  • Anak  mungkin tidak dapat mengatasi tekanan mengerjakan PR dan belajar. Dalam situasi seperti itu, Anda perlu mengevaluasi kembali jadwal studinya.
  • Mendaftarkan anak  untuk ikut les tambahan dapat menjadi salah satu pilihan untuk membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumahnya.
  • Anak  mungkin takut akan kegagalan akademis. Oleh karena itu, mungkin anak menghindari mengerjakan pekerjaan rumahnya, terutama jika dia takut akan komentar negatif dari gurunya. Jika ini masalahnya, tujuan utama Anda adalah membantunya meningkatkan kinerjanya di sekolah dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

3. Bantu anak mengatasi kelelahannya

Terkadang, anak remaja mungkin mengalami fase malas.

  • Masukkan semua buku ke dalam tasnya, dan membawanya kemanapun ia berada.
  • Duduklah bersamanya dan jelaskan padanya untuk memulai menyelesaikan PR mereka. 
  • Kadang-kadang, anak remaja dapat masuk ke dalam fase sangat malas. Bahkan untuk bangun tidur dapat menjadi hal yang sangat sulit bagi mereka. 
  • Jika anak tidak berusaha untuk duduk dan menyelesaikan pekerjaan rumahnya, bawalah buku-bukunya kepadanya. Ini akan mengingatkannya untuk fokus pada penyelesaian tugas akademiknya.

4. Eratkan ikatan dengan anak

Terkadang, anak remaja dapat merasakan atau berpikir bahwa Anda hanya menyayangi mereka apabila mereka mendengarkan ucapan Anda. Hal ini dapat menyebabkan perasaan keterputusan dan pemberontakan emosional.

  • Ingatkan anak tentang cinta dan dukungan tanpa syarat Anda.
  • Jika anak  merasa aman secara emosional, maka ia akan lebih mendengarkan Anda.
  • Bersikap positif di sekitar anak  dapat membantunya merasa lebih baik. Jika anak  melakukan sesuatu yang buruk dan masih memiliki keberanian untuk memberi tahu Anda, dukung dia dengan menghargai kejujurannya.

5. Bimbing pengejaran akademiknya

Terkadang, anak remaja mungkin tidak ingin mengerjakan pekerjaan rumahnya karena ia tidak menyadari bagaimana hal itu dapat membantu karier akademiknya.

  • Duduklah bersama anak dan bantu dia mengevaluasi berbagai pilihan karier di masa depan.
  • Pertimbangkan preferensi dan pilihan anak . Jelajahi berbagai situs universitas dan perguruan tinggi. Tunjukkan padanya jenis kualifikasi dan nilai pendidikan yang wajib untuk menempuh kursus tertentu.
  • Setelah anak remaja  memahami bagaimana perguruan tinggi memberikan banyak hal penting pada catatan akademik sekolah, anak  mungkin berubah pikiran dan ingin bekerja lebih keras.

Cobalah dan cari tahu apa yang membuatnya tidak ingin melakukan pekerjaan rumahnya. Sebagai orang tua yang baik, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan berteriak dan menegur anak.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Helping Your Teen With Homework (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/help-teen-homework.html)
Top 10 Homework Tips (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/homework.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app