8 Tanda Masker Wajah Tak Cocok di Kulit

Dipublish tanggal: Nov 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Tanda Masker Wajah Tak Cocok di Kulit

Saat ini masker wajah menjadi salah satu skincare penting yang dibutuhkan para wanita. Namun tidak semua masker wajah cocok untuk semua jenis kulit. Untuk menentukan masker wajah yang cocok di kulit, tentu harus berhati-hati. Jangan sampai keinginan membuat kulit wajah lebih putih, lembap, dan mulus malah berubah dan justru menimbulkan tanda kerusakan pada kulit.

Baca juga: Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

8 Tanda Masker Wajah Tak Cocok di Kulit

Apabila mengalami salah satu gejala yang ada di bawah ini, maka itu sudah menandakan bahwa masker wajah tersebut tak cocok digunakan pada kulit Anda. Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa masker wajah tidak cocok untuk kulit Anda:

1. Kulit memerah dan iritasi

Iritasi dan kulit yang memerah setelah menggunakan masker wajah dapat terjadi akibat reaksi dari bahan-bahan yang terkandung dalam masker, misalnya bahan penambah aroma, bahan pengawet, dan minyak esensial tertentu. Apabila memiliki kulit sensitif, maka Anda akan lebih rentan untuk mengalami iritasi kulit setelah menggunakan masker di wajah.

2. Terasa gatal pada saat ataupun setelah menggunakan masker

Tanda ketidakcocokan masker wajah juga dapat diketahui apabila muncul rasa gatal pada saat ataupun setelah menggunakan masker. Selain rasa gatal, Anda juga bisa mengalami ruam kemerahan di kulit serta wajah yang tampak membengkak. Hal ini mungkin terjadi akibat riwayat alergi yang dimiliki terhadap bahan tertentu.

3. Muncul jerawat

Hal terpenting lainnya yang dapat membuktikan bahwa Anda tidak cocok menggunakan masker wajah tertentu adalah munculnya jerawat. Apabila Anda memiliki jenis kulit berjerawat, Anda bisa menggunakan masker jenis non comedogenic. Jenis masker tersebut tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit sehingga tidak menimbulkan komedo ataupun jerawat di wajah. Selain itu, masker tersebut juga dapat memberikan kelembaban ekstra untuk kulit. 

Baca juga: Cara Gunakan Pelembap Agar Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

4. Kulit kering dan mengelupas

Ada pula jenis masker yang digunakan khusus untuk proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Namun masker jenis eksfoliasi ini cenderung menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan mengelupas. Apabila Anda mengalaminya, maka itu pertanda bahwa Anda tidak cocok menggunakan masker tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

5. Terasa sakit saat melepas masker 

Apabila merasa sakit saat melepas masker, maka itu juga menandakan bahwa masker tersebut tak cocok untuk kulit Anda. Melepas masker dengan paksa dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan juga menghilangkan sel-sel kulit yang sehat. Apabila Anda membiarkan masker mengering terlalu lama, maka kulit pun mungkin akan rusak saat Anda melepas masker tersebut.

6. Kulit terasa kencang saat masker dilepas

Apabila kulit terasa kencang setelah melepas masker harus diketahui dulu kandungan masker yang digunakan karena tidak semua jenis masker memiliki efek mengencengakan setelah digunakan, sehingga bisa jadi ada yang salah dengan masker tersebut. Umumnya efek kencang pada kulit muncul saat menggunakan masker berbasis tanah liat. Mungkin sebagian dari Anda memang mengidam-idamkan kulit yang kencang dan cocok menggunakan masker dari tanah liat. Namun, bagi sebagian orang lainnya, masker tanah liat terlalu keras dan tidak cocok untuk digunakan.

7. Kulit terasa terbakar

Tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda tak cocok menggunakan produk masker wajah tertentu adalah timbulnya rasa panas dan terbakar pada kulit. Rasa panas dan terbakar pada kulit ini dapat disebabkan karena kulit sensitif terhadap bahan kimia tertentu yang terkandung dalam produk masker wajah. Sebaiknya hindari penggunaan masker wajah yang mengandung retinol dan carilah masker dengan bahan alami yang tentunya lebih aman.

Baca juga: Tips Memilih Sabun untuk Kulit Sensitif

8. Kulit menjadi lebih berminyak daripada biasanya 

Apabila setelah menggunakan masker kulit wajah Anda menjadi lebih berminyak, berarti Anda tidak cocok menggunakan masker wajah tersebut. Kulit bisa lebih berminyak setelah menggunakan masker karena masker dapat menghilangkan minyak alami kulit. Akibatnya kulit secara otomatis akan menghasilkan minyak alami lebih banyak karena menganggap bahwa kulit kekurangan minyak alami. Kulit yang secara alami dapat membantu mencegah kotoran masuk ke dalam tubuh dengan cara menjaga keseimbangan minyak di kulit untuk menjaganya tetap lembab. 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Banana Face Mask Benefits for the Skin and How to Try It. Healthline. (https://www.healthline.com/health/banana-face-mask)
Honey and Lemon for Face: Benefits and Side Effects . Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/honey-and-lemon-for-face#drawbacks-of-honey)
Here are some signs your face mask isn't working or helping your skin. Insider. (https://www.insider.com/signs-face-mask-not-working-2019-1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app