Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Tips Mengatasi Insomnia dengan Konsumsi Vitamin

Update terakhir: SEP 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 906.035 orang

Apakah Anda mengalami gangguan tidur atau kerap disebut dengan insomnia? Jangan sepelekan masalah tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Jika sampai kurang tidur, bisa menambah beban pada pikiran yang akhirnya dapat memicu stres. Selain itu insomnia juga bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit mulai darah tinggi, rasa cemas berlebihan, bahkan bisa menimbulkan kematian.

Penyebab insomnia pun sangat beragam mulai dari konsumsi kafein berlebihan, stres, pengaruh obat-obatan, gangguan psikologis, pola tidur yang tak teratur, dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi insomnia, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan meningkatkan asupan vitamin. Apa saja jenis vitamin yang dapat membantu mengatasi masalah susah tidur? Temukan jawabannya di bawah ini.

4 Jenis Vitamin untuk Mengatasi Insomnia

Memperbaiki asupan nutrisi terutama vitamin menjadi kunci untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Disamping itu Anda juga harus menghindari stres dan penyebab masalah insomnia lainnya. Adapun 4 jenis vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan susah tidur diantaranya adalah:

Vitamin C

Vitamin C selain bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga berguna untuk mengatasi insomnia. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, mangga, paprika, kubis, dan kiwi, Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Vitamin A

Selain vitamin C, vitamin A juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah susah tidur. Konsumsi makanan yang terbuat dari bahan daging, telur, unggas, dan olahan susu dapat membuat tubuh semakin rileks sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

 Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin A yang dijual di apotik, namun jangan berlebihan. Konsumsi vitamin A secara berlebihan malah bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri tulang, serta kerusakan pada hati yang membuat tidur Anda semakin tidak nyenyak.

Vitamin B-12

Jenis vitamin yang mudah larut dalam air ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 bisa memicu kelelahan fisik, tubuh menjadi tidak seimbang, dan anemia. Jika jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang, akibatnya Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak atau mengalami insomnia. 

Karena itulah mencukupi asupan vitamin B-12 menjadi cara yang efektif untuk mengatasi insomnia. Sumber vitamin B12 bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi telur, daging, kerang, dan olahan susu. 

Selain itu Anda juga bisa minum suplemen dengan dosis sesuai standar. Tidur yang berkualitas akan memberikan banyak manfaat kepada Anda seperti tubuh menjadi bugar, memperbaiki mood, serta meningkatkan konsentrasi.

Vitamin D

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, Vitamin D juga bisa membantu Anda mengatasi masalah insomnia. kekurangan vitamin yang mudah larut dalam lemak ini bisa menyebabkan kelelahan dan masalah sulit tidur. Porsi terbesar vitamin D bisa didapatkan secara gratis melalui paparan sinar matahari pagi. 

Selain itu sumber vitamin D juga dapat diperoleh dari olahan ikan, tiram, dan produk susu. Anda juga diperbolehkan mengkonsumsi suplemen vitamin D asalkan berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapatkan dosis yang tepat.

Jika ingin terbebas dari masalah insomnia, selain menghindari penyebabnya juga bisa dengan mencukupi asupan vitamin A, B-12, C, dan D. Konsumsi makanan yang bernutrisi dan jauhi stres supaya Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Dampaknya tidak hanya memberikan ketenangan pikiran tetapi juga mempertahankan kesehatan fisik agar tetap bugar.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit