Kebiasaan Sehat

Tips Atasi Insomnia dengan Konsumsi Vitamin

Dipublish tanggal: Jul 26, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Atasi Insomnia dengan Konsumsi Vitamin

Apakah Anda mengalami gangguan tidur atau kerap disebut dengan insomnia? Jangan sepelekan masalah tersebut karena dalam jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Memiliki tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Jika sampai kurang tidur, hal tersebut bisa menambah beban pada pikiran yang akhirnya dapat memicu stres. Selain itu, insomnia juga bisa menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit mulai darah tinggi, rasa cemas berlebihan, bahkan bisa menimbulkan kematian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Dapatkan Gangguan Tidur Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 45

Penyebab insomnia pun sangat beragam, mulai dari konsumsi kafein berlebihan, stres, pengaruh obat-obatan, gangguan psikologis, serta pola tidur yang tak teratur. Untuk mengatasi susah tidur atau insomnia, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan meningkatkan asupan vitamin sehingga dapat membantu Anda mengatasi masalah susah tidur.

4 Jenis Vitamin untuk Mengatasi Insomnia

Memperbaiki asupan nutrisi terutama vitamin menjadi salah satu kunci untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Di samping itu, Anda juga harus menghindari stres dan penyebab masalah insomnia lainnya. Adapun 4 jenis vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan sulit tidur di antaranya:

Vitamin A

Vitamin A memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah susah tidur. Konsumsi makanan yang terbuat dari daging, telur, unggas, dan olahan susu lainnya dapat membuat tubuh semakin rileks sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin A yang dijual di apotik, namun jangan dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi vitamin A secara berlebihan malah bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri tulang, serta kerusakan pada hati yang membuat tidur Anda semakin tidak nyenyak.

Vitamin B-12

Jenis vitamin yang mudah larut dalam air ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 bisa memicu kelelahan fisik, keseimbangan tubuh menurun, dan anemia. Jika jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang, akibatnya Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak dan mengalami insomnia. 

Karena itu, mencukupi asupan vitamin B-12 menjadi cara yang efektif untuk mengatasi insomnia. Sumber vitamin B12 bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi telur, daging, kerang, makanan laut, dan olahan susu. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen B12 dengan dosis sesuai standar. Tidur yang berkualitas akan memberikan banyak manfaat kepada Anda seperti tubuh menjadi bugar, memperbaiki mood, serta meningkatkan konsentrasi.

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang tidak dapat diproduksi tubuh tetapi memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Asupan vitamin C yang juga memiliki kandungan antioksidan, selain bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung, tetapi juga berguna untuk mengatasi insomnia. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, mangga, paprika, kubis, bayam, dan kiwi, Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Dapatkan Gangguan Tidur Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 45

Baca juga: Manfaat Lain Vitamin C

Vitamin D

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, Vitamin D juga bisa membantu Anda mengatasi masalah insomnia. Kekurangan vitamin yang mudah larut dalam lemak ini bisa menyebabkan kelelahan dan masalah sulit tidur. Porsi terbesar vitamin D bisa didapatkan secara alami dan mudah melalui paparan sinar matahari pagi.

Selain itu, sumber vitamin D juga dapat diperoleh dari olahan ikan, tiram, dan produk susu. Anda juga diperbolehkan mengonsumsi suplemen vitamin D asalkan berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapatkan dosis yang tepat. Karena kelebihan vitamin D juga dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh, seperti sembelit, diare, penurunan nafsu makan, hingga gagal ginjal.

Baca juga: Efek Samping Kelebihan Vitamin D

Jika ingin terbebas dari masalah insomnia, selain menghindari penyebab sulit tidur, Anda juga bisa mencegahnya dengan mencukupi asupan vitamin A, vitamin B-12, vitamin C, dan vitamin D. Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi dan menjauhi penyebab stres juga bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Dampaknya tidak hanya memberikan ketenangan pikiran tetapi juga mempertahankan kesehatan fisik agar Anda tetap bugar.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 Natural Sleep Aids That Are Backed by Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/sleep-aids)
5 Ways That Vitamin Deficiencies Can Impact Your Sleep. Psychology Today. (https://www.psychologytoday.com/us/blog/sleep-newzzz/201905/5-ways-vitamin-deficiencies-can-impact-your-sleep)
These Are the Best Vitamins for Sleep. The Healthy. (https://www.thehealthy.com/nutrition/vitamins/best-vitamins-for-sleep/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app