Tips Memulai Olahraga Supaya Bisa Berhenti Merokok

Ada senjata rahasia yang sangat sederhana untuk dilakukan namun seringkali diabaikan yang sebenarnya dapat membantu Anda untuk berhenti merokok yaitu berolahraga secara teratur.
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Memulai Olahraga Supaya Bisa Berhenti Merokok

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S (CDC), sekitar 70 persen perokok benar-benar ingin berhenti. Tidak ada keraguan bahwa berhenti merokok itu sulit. 

American Lung Association melaporkan bahwa berhenti merokok biasanya membutuhkan banyak upaya, dan keberhasilannya sering kali dihasilkan melalui kombinasi konseling dan penggunaan obat-obatan untuk berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tetapi di samping upaya-upaya tersebut, ada senjata rahasia yang sangat sederhana untuk dilakukan namun seringkali diabaikan yang sebenarnya dapat membantu Anda untuk berhenti merokok yaitu berolahraga secara teratur.

Manfaat berolahraga untuk berhenti merokok

Dengan rutin berolahraga, Anda dapat mengatasi aspek fisik dan psikologis akibat kecanduan nikotin yang meliputi:

  • Menurut American Lung Association dengan berolahraga dapat membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan berlebih dan juga membantu mengurangi keinginan untuk rokok.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik sedang, terutama olahraga aerobik, dapat mengurangi keinginan untuk merokok.
  • Gejala putus asa dan keinginan untuk merokok dapat berkurang selama berolahraga dan selama 50 menit sesudahnya.

Selain membatasi penambahan berat badan, dengan rutin berolahraga, Anda juga bisa :

  • Menurunkan nafsu makan
  • Meringankan gejala penarikan nikotin ketika Anda pertama kali berhenti merokok
  • Mengalihkan perhatian dari pemikiran merokok
  • Memperbaiki suasana hati
  • Membantu Anda mengatasi stres dan merasa lebih energik

Bagaimana cara memulai berolahraga untuk menghindari kebiasaan merokok?

  • Biasakan untuk menyisihkan waktu secara teratur untuk berolahraga - temukan waktu yang cocok untuk Anda.
  • Usahakan untuk setidaknya 30 menit menjalani aktivitas fisik dengan intensitas sedang pada sebagian besar hari dalam seminggu.
  • Jadikan olahraga sebagai prioritas, disarankan bagi Anda untuk membuat jadwal. Jika Anda tidak dapat menyisihkan waktu 30 menit seperti yang disarankan, Anda dapat berolahraga dalam sesi 10 menit.
  • Pastikan untuk memilih kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan percaya diri. Mulailah secara perlahan, dan bangunlah niat untuk berolahraga yang lebih intens.
  • Mungkin lebih mudah untuk tetap konsisten pada rencana Anda jika Anda mendaftar untuk kelas atau mengatur untuk berolahraga bersama dengan orang lain.

Saran Latihan

Anda tidak harus memaksa diri sendiri dengan kegiatan seperti kickboxing saat pertama kali baru mau memulai untuk berolahraga. Tidak apa-apa untuk memulai dengan olahraga ringan:

  • Berjalan adalah salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak aktivitas fisik. Berjalan-jalan saat makan siang atau setelah makan malam. Anda dapat mengajak teman atau keluarga untuk sama-sama menjalani aktivitas ini. Pastikan untuk memilih teman yang tidak merokok! 
  • Pikirkan tentang kegiatan lain yang mungkin Anda sukai, seperti bersepeda, berenang, menari, yoga - hampir semua kegiatan olahraga dapat membantu.
  • Pekerjaan rumah tangga dan berkebun juga memberikan manfaat yang sama dengan berolahraga. 
  • Rencanakan kegiatan keluarga atau pertemuan sosial yang melibatkan aktivitas fisik seperti hiking, permainan bola voli, atau perjalanan ke pantai.

Apa yang dapat Anda lakukan jika muncul keinginan merokok saat sedang bekerja?

Keinginan untuk merokok yang muncul saat sedang bekerja, dapat membuat seseorang menjadi gila. Walaupun olahraga terdengar tidak masuk akal untuk dilakukan ketika sedang bekerja, nyatanya ada cara-cara khusus yang dapat Anda lakukan untuk berolahraga ketika sedang bekerja. 

Anda dapat melakukannya dengan cara :

  • Lakukan latihan dengan menekuk lutut ke dalam.
  • Naik dan turun tangga.
  • Dalam posisi duduk dan kemudian membuat otot rileks dan tegang secara bergantian.
  • Tutup pintu kantor Anda, atau temukan tempat pribadi, dan lakukan push-up. Coba lakukan push-up sambil berdiri dengan mendorong dinding jika Anda tidak ingin push up ke lantai.

Cobalah untuk konsisten dengan program latihan Anda

Perokok seringkali mengalami sesak nafas ketika menjalani aktivitas fisik. Tetapi setelah Anda berhenti, Anda mungkin akan menyadari bahwa olahraga menjadi lebih mudah. Hal ini disebabkan oleh fungsi paru-paru yang lebih baik ketika Anda tidak merokok.

Beberapa orang menemukan bahwa mereka benar-benar dapat menikmati olahraga, tetapi yang lain merasa sulit untuk tetap konsisten pada jadwal yang telah mereka buat. Kebosanan biasanya akan mereda setelah beberapa saat. 

Tetapi mengubah rutinitas Anda, atau bentuk olahraga Anda, dapat membantu. Cobalah mendaftar untuk kelas olahraga atau melakukan olahraga baru. Anda juga bisa mendapatkan motivasi ekstra dengan berkompetisi dalam perlombaan atau turnamen. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
101 Things to Do Instead of Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/things-to-do-instead-of-smoking-2824746)
How exercise can help you to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320484)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app