Tips Agar Konsisten Hidup Sehat Mudah Diraih

Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika sakit? Oleh karena itu sangatlah penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Agar konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut :
Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Agar Konsisten Hidup Sehat Mudah Diraih

Dua nikmat yang sering lupa untuk disyukuri adalah waktu luang dan kesehatan. Padahal kesehatan itu adalah sebuah nikmat yang sangat mahal harganya. Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika sakit? Oleh karena itu sangatlah penting untuk menerapkan pola hidup sehat.

Tips Supaya Anda Konsisten Menerapkan Pola Hidup Sehat

Agar konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

1. Mulai dari hal sederhana

Untuk menjadi pribadi yang senantiasa konsisten menjaga pola hidup sehat, maka perlu membiasakan dari hal-hal yang ringan seperti olahraga ringan, misalnya dimulai dari berjalan kaki selama 10 menit.

Kemudian hari berikutnya bisa ditambah menjadi 15 menit, dan seterusnya. Jika sudah rutin berolahraga, pasti akan timbul perasaan untuk tidak makan makanan yang tidak sehat. 

Semuanya ingin serba sehat baik makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh.

2. Lawan rasa malas

Untuk melawan malas adalah dengan membayangkan manfaat yang didapat. Misalnya, Anda dapat membayangkan keuntungan hidup sehat dalam jangkan panjang, dimulai dengan berolahraga. 

Berolahraga secara rutin membuat tubuh akan merasakan manfaat positif. Selain itu, berolahraga teratur mampu menopang tubuh untuk melakukan berbagai kegiatan.

3. Buat jadwal dan target yang rasional

Aturlah jadwal makan dan olahraga Anda. Tidak perlu membuat jadwal dalam jangkan panjang, cukup sebulan ke depan terlebih dahulu dan jangan lupa membuat komitmen untuk menaati jadwal yang sudah Anda buat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Selain mengatur jadwal, buatlah target yang masuk akal dan bisa dicapai sehingga tidak membuat Anda malas atau malah cemas berlebihan karena tak mampu mencapainya.

4. Buat catatan sederhana

Cara menarik untuk menjaga konsistensi hidup sehat adalah membuat catatan sederhana. Dimulai dari catatan yang mencatat apa saja perkembangan yang telah dilakukan hari demi hari dan pencapaian apa saja yang telah diraih. 

Dengan membaca pencapaian yang sudah tercapai bisa membuat Anda semakin termotivasi. Selain itu, dengan adanya catatan Anda bisa mengetahui dan mengevaluasi penyebab yang membuat Anda kendur dalam menjalani pola hidup sehat. 

Hal tersebut yang membuat Anda untuk segera kembali ke lajur pola hidup sehat.

5. Miliki partner berjuang hidup sehat

Berjuang sendirian akan terasa berat, jadi diperlukan dukungan dari orang-orang terdekat yang memiliki tujuan dan kesukaan yang sama, serta mendukung apa yang Anda kerjakan. 

Dengan begitu, Anda akan tetap termotivasi dan tidak mudah menyerah. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan orang di sekitar yang sehat jasmani dan rohani, maka semakin baik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Hal itu akan menambah kesadaran tentang pentingnya hidup sehat.

6. Self reward

Tidak ada salahnya sesekali memberikan hadiah untuk diri sendiri (self reward) atas pencapaian yang telah diraih. Alasan paling dasar kenapa harus memberikan hadiah untuk diri sendiri adalah karena Anda begitu berharga. 

Pemberian hadiah ketika mencapai suatu target bertujuan untuk mendorong dan memotivasi Anda untuk tetap konsisten menjalani hidup sehat. 

Selain itu, pemberian hadiah juga berfungsi sebagai media apresiasi diri atas pencapaian yang telah berhasil diraih. Tak peduli besar atau kecil pencapaian, tetap harus diapresiasi.

7. Membaca kisah-kisah orang sukses hidup sehat

Diantara yang bisa memotivasi diri untuk senantiasa konsisten hidup sehat adalah membaca kisah orang-orang yang sukses menerapkan gaya hidup sehat dan meneladani sikap mereka dalam menjalani pola hidup sehat.

8. Lakukan sebagai kesenangan

Jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat secara terus menerus, lakukan olahraga sebagai bagian dari kesenangan. Ketika menikmati olahraga, Anda akan secara alami ingin melakukannya. 

Sebab olahraga yang terpaksa akan menimbulkan penderitaan yang alih-alih menyebabkan Anda ingin terus melakukannya, tetapi malah menjadi malas. Jadi pilih olahraga yang disenangi dan lakukanlah rutin.

Menjaga diri untuk tetap sehat butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan. Beberapa tips di atas semoga bermanfaat untuk tetap konsisten menjalani pola hidup sehat. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Are You Ready to Make a Healthy Lifestyle Change?. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/change-your-lifestyle-to-lose-weight-1231558)
Simple Ways to Live a Healthy Lifestyle. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/simple-ways-to-live-a-healthy-lifestyle-1231193)
4 Steps to a Healthy Lifestyle. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/4-steps-healthy-lifestyle#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app