GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Langkah Mudah Agar Bisa Konsisten Menjalani Hidup Sehat

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2020 Waktu baca: 3 menit
Langkah Mudah Agar Bisa Konsisten Menjalani Hidup Sehat

Setiap orang pasti mempunyai definisi sehat yang berbeda. Seseorang mungkin menganggap dirinya dalam kondisi sehat ketika bisa tidur nyenyak, dapat beraktivitas seperti biasa, ataupun bisa mengonsumsi makanan apapun. Berbagai definisi sehat tersebut pada akhirnya membuat setiap orang ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

Oleh karena itu seseorang akan berupaya mengubah gaya hidupnya agar semakin sehat meski cukup sulit dilakukan. Bagi Anda yang selama ini masih merasa sulit menerapkan hidup sehat dan mengubah gaya hidup sehari-hari sebaiknya tak perlu khawatir.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Langkah Mudah Agar Bisa Konsisten Menjalani Hidup Sehat

Untuk mewujudkan hidup sehat, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sehingga Anda bisa tetap konsisten hidup sehat. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah menjalani hidup sehat yang perlu diketahui dan diterapkan, di antaranya:

1. Memulai dari hal kecil

Ketika Anda memiliki resolusi untuk hidup sehat maka sebaiknya diimbangi juga dengan tindakan untuk mewujudkannya. Sebab semakin besar resolusi sehat yang dibuat maka Anda hanya akan termotivasi saat di awal saja. Bahkan resolusi yang terlalu besar juga bisa membuat Anda merasa kecewa ketika tidak bisa mewujudkannya dalam waktu yang singkat. 

Untuk itulah agar resolusi hidup sehat bisa terwujud, maka Anda perlu membuat resolusi yang lebih sederhana dan mudah dilakukan. Misalnya bila Anda ingin menurunkan berat badan maka ubahlah kebiasaan makan menjadi lebih sehat lalu imbangi juga dengan rutin berolahraga. Perubahan kecil akan lebih baik karena dapat membantu tubuh beradaptasi juga dengan keadaan yang terjadi.

2. Fokus pada dampak

Selama ini banyak pesan kesehatan yang diberikan pada masyarakat namun tidak menjelaskan dampak perilaku atau gaya hidup sehat tersebut bagi kehidupan. Jika hal tersebut dilakukan maka akan membuat masyarakat lebih menyadari dan tahu bahwa perilaku hidup sehat tersebut akan memberikan dampak baik bagi kesehatan dan kehidupan secara keseluruhan. 

Karena jika tidak, akibatnya masyarakat cenderung melakukan perilaku tersebut hanya untuk momen tertentu saja. Dengan mengubah perilaku kesehatan yang fokus pada dampak maka secara efektif dapat mengubah perilaku seseorang yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan baik jangka panjang.

3. Jangan terburu-buru

Bila Anda ingin memiliki pola hidup sehat maka cobalah bersabar karena mengubah perilaku hidup sehat membutuhkan waktu yang tidak singkat. Waktu yang dibutuhkan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat biasanya memiliki proses sekitar 1-2 bulan. Anda tidak perlu merasa berkecil hati ketika perubahan tersebut tidak bisa terjadi dalam waktu singkat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Pastikan Anda konsisten untuk terus menjalani gaya hidup sehat dan tidak mudah tergoda pada kebiasaan lama. Ingat kembali tujuan hidup dari perubahan pola kebiasaan Anda untuk menjadi lebih sehat.

Baca juga: Cara Memulai Hidup Aktif Bagi Anda yang Jarang Berolahraga

4. Jangan hanya berjuang sendirian

Jika Anda benar-benar ingin memiliki kebiasaan hidup sehat dan berubah menjadi lebih sehat maka jangan malu mengatakan pada orang-orang di sekitar Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan dukungan dan mereka akan membantu mengingatkan Anda supaya tidak mudah menyerah. Namun bila ada yang meremehkan resolusi hidup sehat Anda, maka jangan takut, buktikan bahwa perubahan tersebut akan baik bagi kehidupan Anda, termasuk kondisi kesehatan.

5. Lakukan secara berulang dan rutin

Supaya Anda memiliki konsistensi dalam menjalani hidup sehat maka Anda harus melakukan pengulangan secara terus menerus. Pengulangan tersebut bertujuan agar perubahan perilaku hidup sehat akhirnya bisa menjadi sebuah kebiasaan yang terus berlanjut dalam jangka panjang.

Hal yang dilakukan terus menerus tidak hanya menciptakan perubahan bagi tubuh, tetapi juga akan menjadi kebiasaan jangka panjang yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Baca juga: Gaya Hidup Sehat Supaya Umur Lebih Panjang

6. Memberikan hadiah untuk diri sendiri

Jangan lupa memberikan hadiah pada diri sendiri (self reward) ketika Anda telah berhasil melakukan kemajuan untuk mencapai resolusi hidup sehat. Sekecil apapun itu Anda harus memberikan imbalan atas usaha dan kerja keras yang dikerjakan. Contoh hadiah yang bisa Anda berikan pada diri sendiri antara lain pergi nonton ke bioskop, membeli makanan kesukaan, atau melakukan apapun yang dapat menyenangkan hati Anda.

Mengubah pola hidup sehat memang tidaklah mudah namun Anda pasti bisa melakukannya. Bila saat ini ingin menyerah maka Anda harus kembali berpikir mengenai dampak baik yang bisa dirasakan pada kondisi kesehatan Anda. Selain itu, perlu diingat bahwa perubahan tidak terjadi dalam waktu singkat sehingga Anda harus selalu tetap fokus pada tujuan awal.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Things to Stop Doing If You Want a Longer Life. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/things-to-stop-if-you-want-to-live-longer-2223866)
Starting Healthy Habits Later in Life. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/is-it-ever-too-late-to-start-healthy-habits-2224066)
How To Maintain A High Quality Of Life. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/how-to-maintain-a-high-quality-of-life-3144723)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Tips Agar Konsisten Hidup Sehat Mudah Diraih
Tips Agar Konsisten Hidup Sehat Mudah Diraih

Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika sakit? Oleh karena itu sangatlah penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Agar konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut :

Buka di app