Terapi Telinga Berdenging

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Terapi Telinga Berdenging

Telinga berdenging atau dikenal sebagai tinnitus merupakan kondisi yang sebenarnya dapat sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Namun, untuk mencapai kesembuhan total, tentulah dibutuhkan beberapa macam terapi yang akan disesuaikan dengan penyakit atau keberadaan kondisi yang menyebabkan terjadinya tinnitus. Jika memang penyebab dari telinga berdenging adalah adanya masalah kesehatan tertentu, mengobati masalah kesehatan tersebut dapat membantu mengurangi atau menghentikan dengingan dalam telinga yang Anda dengar. 

Cara Mengatasi Telinga Berdenging

Beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan terjadinya tinnitus adalah adanya tumpukan cairan telinga, namun hal ini dapat diobati dengan memberikan obat tetes telinga atau melakukan irigasi telinga sehingga tekanan dari aliran air dapat membantu menghilangkan tumpukan earwax. Selain itu, terdapat berbagai cara lain untuk mengatasi telinga berdenging, antara lain : 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Mengatasi masalah pendengaran

Adanya masalah pada pendengaran akibat telinga yang berdenging sehingga pendengaran tidak berfungsi dengan baik harus segera diobati. Jika kondisi hilangnya pendengaran berhasil diatasi, maka bagian kecil dalam otak yang juga mengatur pendengaran tidak akan bekerja terlalu keras sehingga tidak terlalu terpengaruh oleh tinnitus. Spesialis akan membantu melakukan tes pada pendengaran Anda untuk mengetahui seberapa seriusnya kondisi Anda. Anda mungkin harus menggunakan alat pembantu pendengaran atau melaksanakan operasi. Dengan demikian, dengingan pun dapat teratasi.

2. Menjalani terapi suara

Tinnitus semakin menjadi-jadi jika Anda berada dalam kondisi yang sepi atau tanpa suara sama sekali. Karenanya, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan terapi suara untuk mengisi kekosongan suara dengan bunyi-bunyian netral untuk mengalihkan suara tinnitus. Anda dapat membuka jendela untuk mendengar suara dari jalanan, menyalakan radio atau televisi serta mendengarkan suara dari lagu yang dibunyikan. Anda dapat juga menjalani terapi generator suara yang mirip dengan suara radio dengan suara alami yang tenang, seperti suara desiran angin atau ombak. White noise seperti ini juga membantu memberikan suara mendesis yang nyaman untuk didengar.

3. Menjalani konseling

Tinnitus akan sangat sulit dihadapi bagi Anda yang mengalaminya dan Anda butuh bantuan untuk bisa mengontrol suara-suara tersebut. Konseling tinnitus merupakan salah satu terapi psikologis yang memungkinkan Anda mendapat penanganan profesional untuk tahu lebih banyak soal tinnitus dan cara mengatasinya.

4. Cognitive behavioral therapy atau CBT

Terapi ini biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah mental seperti gangguan kecemasan atau depresi. Teknik ini juga dapat berguna untuk mengatasi tinnitus dengan mengubah pemikiran Anda mengenai tinnitus dan apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi efeknya yang membuat Anda merasa cemas. Anda dapat melatih diri untuk menerima suara berdenging tersebut hingga lama-kelamaan kondisi ini dapat semakin terkontrol dan tidak terlalu mengganggu lagi.

5. Tinnitus retraining therapy atau TRT

Terapi ini merupakan terapi khusus kondisi tinnitus yang membantu mengontrol cara otak Anda merespons tinnitus sehingga Anda dapat mulai menyesuaikan suaranya dan menjadi makin tidak menyadari adanya suara berdenging. Dalam terapi ini, terdapat kombinasi perawatan terapi suara intensif serta konseling dalam jangka waktu yang lama. 

6. Terapi yang dilakukan sendiri

Anda dapat melakukan teknik-teknik relaksasi seperti terapi napas dalam dan yoga, banyak mendengarkan musik yang menenangkan, menjaga pola tidur tetap teratur, menghindari kafein maupun alkohol, fokus pada hobi dan aktivitas menyenangkan serta ikut serta dalam grup pendukung sesama penderita tinnitus.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What causes ringing in the ears?. Scientific American. (https://www.scientificamerican.com/article/what-causes-ringing-in-th/)
Tinnitus. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/tinnitus/)
Ringing in the Ears (Tinnitus). HealthLink BC. (https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/tinit)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app