Tangan Gemetar - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 171.159 orang

Istilah Penyebab Tangan Gemetar ini bisa di sebut dengan Tremor, yaitu gerakan Bagian tubuh yang tidak terkontrol. Contohnya saja saat mengangkat satu kaki ke depan dan menahannya dalam beberapa waktu atau mengalami ketegangan emosi.

Bisa membuat bagian tubuh pada kaki, tangan menjadi gemetar. Namun jika sudah dalam keadaan relaks, akan kembali seperti semula.

Namun beberapa orang mengalami Tremor yang tidak berhenti, biasanya karena di sebabkan oleh penyakit tertentu. Nah untuk itu kami akan mengajak Anda tentang jenis apa saja penyakit Tremor dan apakah akan mengatakan penderitanya, untuk itu simak artikel berikut ini.

Kenali jenis penggolongan Tremor penyebab tangan yang gemetar

Tremor Esensial
Yaitu kondisi yang di sebabkan lelah sistem saraf yang bisanya akibat gangguan otak di bagian belakang. Biasanya penyebab Tangan Gemetar yang di rasa di awali dari tangan, dan pindah ke lengan, kepala dan bagian tubuh yang lain. Hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan gen.

Hal itu mengartikan jika salah satu orang tua Anda memiliki Tremor, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami nya. Faktor lain juga dapat mempengaruhi seperti kebersihan lingkungan juga mempengaruhi. Tapi meskipun begitu tangan gemetar ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Seperti makan, minum, menulis dan hal lainnya yang menggunakan tangan. Biasanya orang yang terserang penyakit ini berusia di atas 40 tahun. Walaupun tidak membahayakan jiwa, namun dapat memperparah dari waktu ke waktu yang di sebabkan karena stres, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein akan memperburuk keadaan.

Sebenarnya terdapat penyembuhan melalui jalur obat-obatan, namun hasil kerjanya tidak baik dan konsisten, sehingga operasi menjadi pilihannya. Seperti salah satu pengobatan yang di sebut stimulasi otak dalam, di mana seorang dokter akan menanamkan sebuah perangkat di otak Anda dan mampu mengontrol Tremor.

Penyakit Parkinson
Penyebab Tangan Gemetar bisa juga merupakan tanda awal penyakit Parkinson, yang mempengaruhi 10 juta orang di seluruh dunia. Awalnya Tremor hanya berupa gerakan kecil di tangan, kaki, atau bahkan satu jari.

Namun seiring waktu, tremor bisa mempengaruhi satu sisi tubuh Anda. Sehingga akan sangat menyulitkan untuk beraktivitas harian.

Tremor bisa juga merupakan awal dari penyakit Parkinson yang mempengaruhi 10 juta orang di dunia ini. Awalnya terjadi Tremor berupa gerakan kecil di tangan, kaki atau di satu jari saja.

Namun seiring berjalannya waktu bisa memperbaharui sebagian tubuh. Dalam beberapa kasus Tremor dapat berhenti bergerak. Hal itu di namakan testing Tremor.

Multiple Sclerosis (MS)
Penyakit ini menargetkan sistem kekebalan tubuh, otak, saraf, dan sumsum tulang belakang, juga dapat membuat tangan Anda bergetar. Anda kemungkinan besar memiliki tremor di tangan atau kaki. Namun lebih sering pada bagian kaki.

Penyakit penyebab Tangan Gemetar menyerang sistem kekebalan tubuh, saraf, otak dan sumsum tulang belakang. Sehingga akan membuat Anda bergetar. Kemungkinan besar terjadi pada tangan dan kaki.  Jika Anda mengonsumsi berat alkohol, maka segera hentikan, karena jika terlalu banyak, akan menyebabkan Tremor.

Tidak Selalu Penyakit

Penyebab tangan gemetar tidak semuanya di sebabkan oleh penyakit karena beberapa terjadi akibat respon dari obat, beberapa obat tertentu yang penggunaan nya sangat lama akan menyebabkan efek samping. Sehingga muncullah gejala yang tidak di inginkan. Maka dari itu tanyakan terlebih dahulu efek yang timbul jika mengonsumsi obat-obatan.

Mengalami stres dan cemas merupakan salah satu faktornya, seperti kekurangan vitamin B12, rendahnya gula dalam darah dan keadaan tiroid yang terlalu aktif. Sehingga untuk memastikan apakah penyebab Tremor yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan optimal, karena pengobatan dari Tremor ini sangat bervariasi. Untuk penyembuhan. Penyebab Tangan Gemetar itu sendiri tidak bisa 100%, namun alangkah lebih baik ya jika Anda menjaga kesehatan mulai dari sekarang.

Anda dapat lakukan oleh raga ringan sehari-hari sehingga sumsum tulang belakang dapat bekerja secara maksimal.

Serta dapat meminimalisir terjadi nya getar pada tangan. Sayangi diri Anda dan keluarga dengan menerapkan gaya hidup sehat. tulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda dan menambah ilmu tentunya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit