Kehamilan

Tanda-Tanda Anda Akan Melahirkan

Dipublish tanggal: Mar 12, 2019 Update terakhir: Mar 11, 2020 Tinjau pada Mar 29, 2019 Waktu baca: 4 menit
Tanda-Tanda Anda Akan Melahirkan

Banyak calon mama bertanya-tanya dan khawatir tentang tanda-tanda persalinan. Kapan itu akan terjadi? Bagaimana rasanya? Itu akan makan waktu berapa lama? Dan, umumnya "Bagaimana saya tahu waktunya?" Sulit untuk memprediksi jawaban atas tiga pertanyaan pertama, karena setiap kelahiran akan berbeda-beda. Namun, informasi berikut akan mempersiapkan Anda saat waktu melahirkan mendekat.

Tanda akan melahirkan

1. Bayi Anda "turun"

Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, bayi Anda biasanya mulai turun ke panggul Anda beberapa minggu sebelum persalinan dimulai (biasanya sekitar dua sampai empat minggu sebelumnya, tapi bisa bervariasi). Dikarenakan rahim yang menempel dan mendorong kandung kemih, Anda mungkin akan merasa ingin buang air kecil lebih sering.

2. Pembukaan pada leher rahim

Leher rahim Anda juga mulai mempersiapkan tanda-tanda pembukaan. Leher rahim mulai membesar atau terbuka pada beberapa hari atau minggu sebelum Anda melahirkan.

Pada pemeriksaan mingguan Anda di rumah sakit atau tempat pemeriksaan kehamilan lainnya, di sana Anda dapat mengukur dan memeriksa pembukaan leher rahim dan posisi bayi Anda. Akan tetapi, setiap ibu yang akan melahirkan mungkin mengalami cara yang berbeda-beda, jadi jangan berkecil hati jika leher rahim Anda melebar perlahan atau tidak sama sekali.   

3. Keluarnya lendir dari vagina

Lendir terakumulasi di serviks selama kehamilan. Saat serviks atau leher rahim mulai terbuka lebih lebar, lendir dibuang ke dalam vagina, lendir tersebut bisa jadi berwarna jernih, merah muda, atau sedikit berdarah. Persalinan mungkin akan segera berlangsung setelah lendir habis atau sekitar satu sampai dua minggu kemudian.

4. Kontraksi selama persalinan

Selama kontraksi, perut menjadi keras. Antara kontraksi, rahim mengendur dan perut menjadi lembut. Cara kontraksi terasa berbeda untuk setiap wanita, dan mungkin terasa berbeda dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Tetapi kontraksi persalinan biasanya menyebabkan ketidaknyamanan atau sakit di punggung dan perut bagian bawah, disertai dengan tekanan pada panggul.

Kontraksi bergerak dalam gelombang seperti gerakan dari atas rahim ke bawah. Beberapa wanita menggambarkan kontraksi sebagai kram menstruasi yang kuat. Tidak seperti kontraksi palsu, kontraksi persalinan yang benar tidak berhenti saat Anda mengubah posisi atau bersantai.

Apa perbedaan antara kontraksi “asli” atau “palsu”?

Sebelum persalinan sebenarnya dimulai, Anda mungkin memiliki kontraksi "palsu", juga dikenal sebagai kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi uterus yang tidak teratur ini normal dan mungkin mulai terjadi pada trimester kedua Anda, walaupun biasanya pada trimester ketiga kehamilan Anda. Ini adalah cara tubuh Anda untuk bersiap menghadapi "Persalinan yang Sebenarnya".

Apa itu Braxton Hicks?

Kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu bisa digambarkan sebagai pengetatan di perut yang datang dan pergi. Kontraksi ini tidak tidak bertambah dengan berjalan kaki, tidak bertahan lama, dan tidak terasa lebih kuat seiring berjalannya waktu seperti saat Anda berada dalam persalinan sebenarnya. Pada wanita kehamilan pertama kontraksi palsu dirasakan mulai minggu ke 16 sedangkan pada wanita dengan kehamilan selanjutnya baru dirasakan pada trisemester kedua (32-34 minggu). Kontraksi ini terjadi hanya dalam waktu 30 detik kemudian menghilang.

Kapan harus segera pergi ke rumah sakit?

Bila Anda mengira Anda benar- benar akan melahirkan, mulailah dengan menghitung kontraksi Anda. Untuk melakukan ini, tuliskan waktu setiap kontraksi dimulai dan berhenti atau mintalah seseorang melakukannya untuk Anda. Waktu antara kontraksi meliputi panjang atau durasi kontraksi dan menit di antara kontraksi (disebut interval).

Kontraksi menjadi lebih teratur sampai jaraknya kurang dari10-15  menit. Proses persalinan yang sebenanrnya biasanya ditandai dengan kontraksi kuat yang berlangsung 40 sampai 60 detik dan terjadi tiga sampai empat menit terpisah.

Apa yang terjadi saat ketuban Anda pecah?

Pecahnya ketuban (kantung berisi cairan yang mengelilingi bayi selama kehamilan) mungkin terasa seperti cairan yang tiba-tiba atau tetesan cairan yang bocor dengan cepat. Cairan ini biasanya tidak berbau dan terlihat jelas atau berwarna keruh.

Jika "air ketuban pecah" tulislah atau catat saat air ketuban pecah terjadi, berapa banyak cairan yang dikeluarkan, dan seperti apa cairan itu, lalu beri tahu ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Terakhir, ingatlah bahwa tidak semua wanita akan mengalami pecah ketuban saat mereka melahirkan. Sering kali dokter akan memecahkan membran amnion atau ketuban di rumah sakit.

Apa itu penentuan dan pelebaran mulut rahim?

Selama persalinan, serviks Anda semakin pendek dan menipis agar bisa meregangkan dan terbuka sebagai akses jalan keluar bayi Anda . Pemendekan dan penipisan mulut rahim  (serviks) disebut pembukaan. Penyedia layanan kesehatan Anda akan dapat memberi tahu Anda jika ada perubahan pada serviks selama pemeriksaan panggul.

Pembukaan diukur dalam persentase dari 0% sampai 100%. Jika tidak ada perubahan pada serviks, hal itu digambarkan sebagai 0% atau mulut rahim tidak terbuka. Bila mulut rahimnya setengah ketebalan normal, maka serviksnya 50% atau pembukaan 5. Bila mulut rahim benar-benar menipis mencapai 100% dikatakan pembukaan sempurna .

Peregangan dan pembukaan serviks disebut dilatasi dan diukur dalam sentimeter, dengan pelebaran sempurna berada pada 10 sentimeter. Pemindahan dan pelebaran adalah akibat langsung dari kontraksi uterus yang efektif. Persalinan yang aktif diukur dari berapa serviks yang telah dibuka dan menipis agar bayi bisa melewati vagina.

Kapan saya harus memanggil penyedia kesehatan atau pergi ke rumah sakit?

Bila Anda menduga Anda benar-benar akan melahirkan, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda. Juga, hubungi jika:

  • Jika Anda pikir air ketuban Anda telah pecah
  • Jika Anda perdarahan (lebih dari bercak)
  • Jika bayi nampaknya bergerak kurang dari biasanya
  • Bila kontraksi Anda sangat tidak nyaman dan telah datang secara teratur setiap lima belas menit selama satu jam
  • Anda telah melewati usia kehamilan 40 minggu (2 minggu setelah Hari perkiraan kelahiran)

Penyedia layanan kesehatan Anda akan memberi Anda panduan spesifik kapan Anda harus bersiap untuk datang ke rumah sakit.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
NHS VIDEOS | What positions are best for giving birth?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/video/Pages/What-positions-are-best-for-giving-birth.aspx)
Natural Child Birth: What to Expect, Benefits, Risks, Recovery & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pregnancy/natural-birth)
Stages of labor and birth: Baby, it's time!. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/stages-of-labor/PR00106)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app