Pemeriksaan

Tabel Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tabel Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Tekanan darah normal adalah 120 mmHg, atau ketika sistolik berada di angka 120 atau lebih rendah, sedangkan diastolik sama atau lebih rendah dari 80.
  • Tekanan darah sistolik 120-139 bisa dikatakan normal tapi lebih tinggi dari ideal. Kondisi ini disebut dengan prehipertensi.
  • Seseorang dikatakan mengalami hipertensi ketika tekanan darahnya di atas 140/90 mmHg. Dokter biasanya akan meresepkan obat hipertensi.
  • Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Setidaknya 1 tahun sekali jika Anda termasuk prehipertensi, atau berisiko hipertensi.
  • Agar tekanan darah normal terus, terapkan gaya hidup sehat setiap hari. Mulai dari rajin olahraga, makan sehat, hindari rokok maupun alkohol, dan jaga berat badan ideal.
  • Hitung dan pantau terus indeks massa tubuh Anda dengan kalkulator Body Mass Index (BMI) di aplikasi Honestdocs. Download gratis di sini!

Mengetahui tekanan darah normal merupakan hal yang penting, terutama bagi orang dewasa. Pasalnya, tekanan darah yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit, seperti jantung koroner atau stroke. Lantas, kapan tekanan darah disebut normal, rendah, atau tinggi? Berikut penjelasannya.

Memahami hasil pemeriksaan tekanan darah

Tekanan darah normal umumnya adalah 120/80 mmHg. Dapat dilihat bahwa pemeriksaan tekanan darah terdiri dari dua kelompok angka yang dipisahkan oleh garis miring (/). Selanjutnya angka yang pertama kita sebut dengan angka atas dan angka setelahnya (setelah garis miring) kita sebut dengan angka bawah kemudian ditutup dengan satuan mmHg (milimeter air raksa).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Dapatkan Obat Hipertensi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 34

Angka atas (tekanan darah sistol)

Ketika jantung berdetak, ada fase ketika jantung memompa atau berkontraksi (seperti balon menyempit) untuk mendorong darah melalui arteri ke seluruh tubuh. Gaya ini menimbulkan tekanan pada arteri. Nah, tekanan inilah yang tercatat sebagai angka atas atau disebut dengan tekanan darah sistolik.

Baca Juga: Detak Jantung Normal

Pada orang dewasa, tekanan darah sistolik normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 120 mmHg. Ketika didapatkan tekanan darah sistolik 120-139 mmHg itu artinya tekanan darah normal yang lebih tinggi dari nilai ideal (prehipertensi). Sementara jika nilainya 140 atau di atasnya, maka sudah masuk darah tinggi (hipertensi)

Angka bawah (tekanan darah diastol)

Angka bawah atau disebut juga dengan tekanan darah diastolik menunjukkan tekanan pada arteri saat jantung beristirahat di antara kontraksi. Tekanan darah diastolik normal adalah sama dengan atau lebih rendah dari 80 mmHg.

Tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 bisa dikatakan normal, tetapi lebih tinggi dari ideal. Sedangkan tekanan darah diastolik yang nilainya 90 atau lebih maka dianggap hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tekanan darah normal dan tidak normal

Untuk memudahkan kita dalam mengingat dan mengetahui interpretasi dari hasil pemeriksaan tekanan darah yang kita lakukan, maka berikut ini kami sajikan tekanan darah normal, rendah, dan tinggi dalam bentuk tabel.

Informasi lebih lanjut silakan baca:

Tips agar tekanan darah normal terus

1. Lakukan pemeriksaan rutin

  • Jika saat ini tekanan darah normal (kurang dari 120/80 mmHg), maka lakukan pemeriksaan lagi setidaknya sekali setiap 5 tahun. Namun, saat usia bertambah, tekanan darah cenderung meningkat maka lakukan pemeriksaan lebih sering sesuai anjuran dokter.
  • Jika tekanan darah di atas normal sistolik antara 120 dan 139 atau tekanan darah diastolik antara 80 dan 89 mmHg, maka periksalah ulang setidaknya setahun sekali, atau lebih sering sesuai anjuran dokter.
  • Jika tekanan darah tinggi 140/90 mmHg atau lebih tinggi, maka konsultasilah dengan dokter karena biasanya dianjurkan minum obat darah tinggi.

2. Tips gaya hidup sehat agar tekanan darah normal

  • Olahraga. Olah raga akan membuat pembuluh darah lebih elastis dan memperkuat otot jantung, mengurangi stres, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Jaga berat badan ideal. Berat badan berlebih merupakan risiko darah tinggi, jadi kalau ingin tekanan darah normal terus maka jagalah berat bedan tetap ideal.
  • Makan sehat. Studi klinis menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, biji-bijian, unggas, ikan, dan kacang-kacangan dan menghindari lemak, daging merah, makanan asin dan gula berlebih dapat menjaga tekanan darah tetap normal. 
  • Hindari rokok dan Alkohol. Ini adalah dua kebiasaan buruk yang dapat menganggu tekanan darah normal. Alkohol meningkatkan tekanan darah, Nikotin dalam asap rokok menyebabkan pembuluh darah mengerut dan meningkatkan tekanan darah.

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app