Kesehatan Fisik

3 Sumber Vitamin D yang Penting Untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh

Dipublish tanggal: Mei 12, 2020 Update terakhir: Mei 20, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Sumber Vitamin D yang Penting Untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Vitamin D tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, tetapi juga berperan dalam menjaga sistem imun tubuh untuk melawan penyakit. Tetapi kadar vitamin D dalam tubuh pun harus disesuaikan, karena kekurangan atau kelebihan vitamin D juga tidak baik bagi tubuh
  • Vitamin D termasuk ke dalam jenis vitamin yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Tetapi kandungan vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, sinar matahari, maupun suplemen
  • Dengan berjemur di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit di pagi hari, maka tubuh telah mendapatkan vitamin D alami yang baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam meningkatkan fungsi sistem imun
  • Sumber vitamin D lain bisa berasal dari makanan seperti kuning telur, hati sapi, ikan berlemak seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan minyak ikan cod. Tetapi jumlah vitamin D pada makanan tersebut cukup rendah sehingga sulit untuk memenuhi jumlah asupan yang dibutuhkan tubuh
  • Suplemen vitamin D juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh. Suplemen vitamin D harian yang direkomendasikan umumnya berkisar antara 600-800 IU sehari

Secara umum, vitamin D dikenal karena manfaatnya dalam menjaga kesehatan tulang. Tetapi ternyata vitamin D juga memiliki peran penting untuk menjaga sistem imun tubuh dan mencegah infeksi penyakit. Hal ini sama dengan manfaat vitamin C yang umumnya dikenal sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh.

Dengan sistem imun yang kuat maka risiko paparan virus pada tubuh juga akan berkurang karena virus tidak mampu melawan sistem kekebalan tubuh yang telah terbentuk dengan kuat. Maka dari itu, asupan kebutuhan vitamin D dalam tubuh harus terpenuhi dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebuah studi menunjukkan bahwa salah satu fungsi vitamin D dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pernapasan atau mengurangi tingkat keparahannya karena sistem kekebalan tubuh yang berjuang melawan infeksi bakteri maupun virus tersebut.

Baca juga: Jaga Sistem Imun dengan Konsumsi Vitamin dan Mineral

Mengapa vitamin D penting bagi tubuh?

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D memiliki peran penting dalam fungsi sistem imun tubuh dan mengurangi peradangan. Karena salah satu fungsi utama vitamin D adalah membantu mengaktifkan sel T atau sel pembunuh yang bekerja menghancurkan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Vitamin D juga termasuk ke dalam vitamin yang larut dalam lemak dan digunakan tubuh untuk menyerap dan mempertahankan kadar kalsium dan fosfor sebagai sumber pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Ditambah lagi, sumber vitamin D juga bisa dipenuhi dari makanan, sinar matahari, maupun suplemen.

Sumber vitamin D yang penting untuk menjaga sistem imun tubuh

Sinar matahari

Paparan sinar matahari merupakan salah satu sumber utama vitamin D alami yang baik bagi kesehatan tubuh demi meningkatkan fungsi sistem imun. Oleh karena itu, vitamin D juga dikenal sebagai vitamin sinar matahari. Cukup berjemur di bawah cahaya matahari selama 10-15 menit di pagi hari sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Tetapi sebelum berjemur, perhatikan untuk menutup bagian wajah, mata, dan kepala agar tidak langsung terkena sinar matahari. Penggunaan tabir surya (sunblock), waktu berjemur serta jumlah melanin pada kulit juga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap vitamin D. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Asupan makanan

Sumber vitamin D yang berasal dari makanan bisa ditemukan pada kuning telur, hati sapi, ikan berlemak seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan minyak ikan cod. Tetapi jumlah kandungan vitamin D yang terdapat pada makanan tersebut cukup rendah sehingga cukup sulit untuk mencukupi jumlah asupan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh.

Suplemen vitamin

Cara lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian demi terjaganya sistem imun tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin D. Hal tersebut dianggap sebagai solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian selain melalui paparan sinar matahari dan makanan. Suplemen vitamin D harian yang direkomendasikan berkisar antara 600-800 IU sehari. Anda dapat menemukan vitamin D dalam berbagai jenis suplemen termasuk multivitamin yang mengandung vitamin D. 

Suplemen vitamin D umumnya terbagi menjadi dua bentuk, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 adalah bentuk vitamin D yang berasal dari tanaman dan merupakan bentuk yang sering ditemukan dalam makanan. Sementara vitamin D3 adalah bentuk vitamin D yang diproduksi alami oleh tubuh dan merupakan jenis vitamin D yang berasal dari sumber hewani.

Dampak kelebihan atau kekurangan vitamin D pada tubuh

Dampak kekurangan vitamin D

Selain menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, kekurangan vitamin D pada tubuh juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan lainnya, terutama yang berkaitan dengan fungsi tulang dan otot tubuh. Beberapa di antaranya adalah penyakit rakhitis pada anak-anak dan osteomalacia pada orang dewasa. Kondisi tersebut dapat menimbulkan gejala nyeri sendi dan nyeri tulang, lemah otot, sulit berjalan, serta risiko tulang yang rentan patah.

Dampak kelebihan vitamin D

Asupan vitamin D yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan sehingga pemenuhan vitamin juga harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Jika berlebihan, maka kandungan vitamin D juga bisa membahayakan tubuh dan berdampak negatif pada kesehatan, seperti munculnya batu ginjal (hiperkalsemia) di mana tubuh mengalami keracunan akibat terlalu banyak kadar kalsium dalam darah.

Baca juga: 5 Efek Samping Kelebihan Vitamin D Bagi Tubuh

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medicalnewstoday. Vitamin D: Side effects and risks. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322602)
Medium. How to Strengthen Your Immune System Through Diet. (https://elemental.medium.com/how-to-strengthen-your-immune-system-through-diet-b54d45c4e0f8). 30 April 2020
CNet. Vitamin D is crucial for immune health -- make sure you're getting enough. (https://www.cnet.com/health/the-surprising-role-vitamin-d-plays-in-your-immune-health/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app